10 Rekomendasi Aplikasi yang Berguna untuk Memulai sebagai VTuber
Beranda /
Blog /
10 Rekomendasi Aplikasi yang Berguna untuk Memulai sebagai VTuber
24 November 2022

10 Rekomendasi Aplikasi yang Berguna untuk Memulai sebagai VTuber

Jika kamu selalu berlama-lama di YouToube, mungkin kamu tahu tren VTuber yang muncul sejak tahun 2017. VTuber, atau virtual YouTuber, berkomunikasi dengan penonton mereka melalui avatar, alih-alih menunjukkan wajah asli mereka. 

Jika kamu ingin menjadi figur online, tetapi merasa tidak nyaman untuk membagikan wajah dan identitas asli, kamu bisa menjadi VTuber. Oleh karena itu, kamu harus mencoba beberapa aplikasi atau perangkat lunak VTuber terbaik ini.

Ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi atau perangkat lunak VTuber yang bisa membantumu membuat karakter virtual dengan mudah.

10 Rekomendasi Aplikasi VTuber terbaik

1. Live 3D

Rekomendasi Aplikasi VTuber

Source: Live3D

Live3D adalah rangkaian aplikasi VTuber yang menawarkan berbagai alat dan opsi untuk streamer baru maupun yang berpengalaman.

Dengan Live3D, kamu dapat membuat avatar VTuber sendiri, kemudian mengeditnya, atau cukup memilih beberapa opsi yang telah dibuat sebelumnya dari galeri. Kamu ditawarkan lebih dari 30 avatar berbeda dan sekitar 40 pose. Ada juga berbagai adegan yang bisa kamu pilih.

Dengan semua fitur tersebut, kamu dapat menyesuaikan avatar sesukamu. Kemudian, yang terbaik dari semuanya, kamu dapat menambahkan efek virtual khusus ke saluran Twitch milikmu dengan menggunakan ekstensi Live3D Twitch!

Fitur lain yang sangat menarik adalah, kamu dapat memiliki Pokemon, Digimon, atau makhluk favorit kamu sebagai hewan peliharaan dengan menggunakan aplikasi Shimeji.

Live3D gratis untuk digunakan! Ada 3 paket berbayar, tetapi versi dasarnya gratis, jadi kamu bisa mencobanya kapan saja.

2. Wakaru

Rekomendasi Aplikasi VTuber

Source: Steam

Wakaru adalah salah satu program terdahulu yang memungkinkan kamu membuat video virtual dan cosplay sebagai avatar pilihan. Aplikasi ini sangat populer di Asia, dan menawarkan beberapa opsi, seperti editor video singkat, dan fitur lanjutan yang memungkinkan kamu dapat membuat tampilan virtual pilihan.

Saat menggunakan Wakaru, kamu tidak perlu memasang kit atau perangkat VR lainnya, membuatmu dapat membagikan hasil animasi dengan penonton di platform streaming pilihan dengan mudah.

Meskipun memiliki ratusan opsi dan sepenuhnya gratis untuk semua orang, penangkapan gerak pada Wakaru tidak begitu baik, jadi saat kamu melakukan gerakan berpindah-pindah, Wakaru mungkin tidak dapat mereplikasi gerakan dengan sempurna.

Wakaru adalah opsi yang bagus untuk semua pemula dan perangkat lunak gratis yang memungkinkanmu dapat memahami cara kerja video realitas virtual.

3. Facerig

Rekomendasi Aplikasi VTuber: FaceRig

Source: Steam

Facerig dapat dipertimbangkan jika kamu tidak akan membuat video yang memperlihatkan seluruh tubuh. Sesuai dengan namanya, software ini berfokus pada wajah. Facerig memiliki banyak fitur lain yang bagus untuk membuat video realitas virtual tanpa set VR. 

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur dengan biaya yang terjangkau, seperti cosplay digital instan, pemrosesan suara secara real-time, kualitas render yang luar biasa, dan alat penyesuaian lainnya.

Menariknya, Facerig mendukung teknologi Live2D Cubism 3.0 untuk memungkinkan penggunanya membuat video terbaik untuk kebutuhan mereka.

4. VTube Studio

VTube Studio

Source: Steam

VTube Studio berfungsi di perangkat MacBook dan PC, tetapi membutuhkan smartphone seperti iOS atau Android untuk menggunakannya. Aplikasi VTubing ini memanfaatkan smartphone yang terhubung untuk melacak wajah dan menganimasikan karakter live2D. 

Ini kompatibel dengan OBS untuk streaming dan merupakan aplikasi perangkat lunak gratis. Ada banyak fitur yang tersedia di perangkat lunak ini. Namun, aplikasi ini tidak dapat melacak gerakan mata atau kedipan mata. VTube Studio dapat sebagai pilihan yang bagus sebagai aplikasi VTubing yang andal untuk pemula.

5. VRoid

Vroid

Source: Steam

VRoid adalah aplikasi yang dibuat untuk membuat karakter anime 3D, dan biasanya digunakan oleh orang-orang yang menyukai anime dan karakternya. Jika kamu adalah bagian dari komunitas anime dan ingin membuat avatar gerak yang menyerupai karakter anime favorit, maka Vroid adalah aplikasi VTuber terbaik.

Kualitas avatar pada aplikasi ini tidak begitu luar biasa, tetapi ini jelas merupakan pilihan yang baik jika kamu mencari avatar anime yang akan terlihat bagus pada webcam. Vroid tersedia untuk pengguna ponsel seperti Android dan Apple, dan kompatibel dengan semua platform streaming populer.

6. VR Chat

VRChat

Source: Steam

Tampaknya tidak mungkin jika di dalam daftar ini diselesaikan tanpa menyebutkan VRChat. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu aplikasi paling berguna untuk VTuber. VRChat menyediakan fitur bagi orang yang ingin mencoba banyak hal, termasuk pembuatan dan avatar untuk keperluan VTubing. Aplikasi ini tersedia di Steam, dan kompatibel dengan banyak alat, dan perangkat VR.

VRChat juga memungkinkanmu untuk membuat dunia virtual untuk video VTuber. Terlebih lagi, VRChat mendukung avatar seluruh bagian tubuh dengan sinkronisasi bibir, pelacakan mata/kedipan, gerakan tangan, dan rentang gerakan lain yang lengkap.

7. FaceVTuber

FaceVTuber

Source: heppoco.biz

Hanya dengan browser web dan webcam, kamu bisa menjadi VTuber berkat FaceVTuber. Ini adalah perangkat lunak VTubing berbasis web yang berjalan melalui browser web apa pun (Chrome direkomendasikan oleh pengembang). Keterbatasan besar untuk penggunaan aplikasi ini adalah user interface yang menggunakan bahasa Jepang. Jika kamu dapat mengerti bahasa Jepang, maka FaceVTuber bisa menjadi pilihan terbaik.

8. Hyprmeet

hyprmeet

Hyprmeet adalah perangkat lunak VTubing solid yang tersedia untuk pengguna macOS dan Windows OS. Ini adalah aplikasi yang cukup intuitif untuk membuat video virtual reality YouTube. Dengan perangkat lunak Hyprmeet, kamu dapat menyesuaikan karakter anime dalam berbagai bentuk, dan melakukan panggilan video dengan teman.

Salah satu alasan memilih software ini adalah kemudahannya. Hyprmeet berfungsi di komputer MacBook dan Windows. Ini adalah alat yang hebat untuk kamu gunakan dalam memulai saluran VTuber.

9. Animaze

animaze

Perangkat lunak VTuber ini disediakan oleh FaceRig, diperuntukkan untuk VTuber pemula dan elit. Aplikasi ini pada dasarnya adalah perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya mengubah diri menjadi karakter hewan virtual dan membuat video untuk berbagai tujuan.

Animaze tersedia untuk pengguna PC, juga memiliki versi aplikasi seluler untuk pengguna iPhone. Semua yang diperlukan untuk menggunakan Animaze adalah webcam. Ada banyak hal yang dapat disesuaikan menggunakan Animaze untuk membuat avatar milikmu menonjol dan terlihat unik.

10. Luppet

luppet

Luppet sering dibandingkan dengan FaceRig. Aplikasi ini adalah alat yang hebat untuk memulai menjadi VTuber. Perangkat lunak VTuber ini mengemas berbagai fitur praktis yang membantu untuk berbagai tujuan.

Luppet juga menyediakan interface yang intuitif untuk membuat video, dengan perangkat Leap Motion yang digantung di leher pengguna dan kamera yang mengarah ke wajah, Luppet akan menangkap gerakan tangan dan gerakan lainnya.


Jika kamu ingin memulai menjadi virtual YouTuber, daftar rekomendasi aplikasi VTuber yang tercantum di sini adalah yang kamu butuhkan untuk memulai perjalanan sebagai VTuber.

Ingin mengetahui aplikasi VTuber yang dapat diakses melalui android? Kunjungi metaNesia untuk mengetahuinya.