5 Virtual Influencer di Dunia, Ada yang Dari Indonesia!

5 Virtual Influencer di Dunia, Ada yang Dari Indonesia!

Manusia virtual mengambil bagian kecil dari internet, tetapi pengaruh mereka terus saja tumbuh. Suka atau tidak suka, dengan metaverse yang dijanjikan mengintai masa depan kita, sepertinya virtual influencer memang memiliki tempat di era teknologi ini.

Menurut Christopher Travers, pendiri VirtualHumans.org, virtual influencer dapat melakukan apa pun yang dapat dilakukan oleh influencer manusia, tetapi dengan lebih banyak kontrol dan keterlibatan penciptanya. Faktanya, influencer virtual dapat menawarkan hampir tiga kali lipat tingkat keterlibatan dibanding influencer nyata.

Virtual influencer dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu dalam tampilan 2D, seperti anime. Kepribadian digital ini sekarang sangat realistis, lengkap dengan hobi, sikap, dan perspektif mereka sendiri. Virtual influencer paling populer saat ini, dengan beberapa dari mereka bekerja dengan nama besar di industri yang berbeda. 

Tanpa berlama-lama lagi, berikut daftar karakter virtual yang pasti akan kamu dengar lebih banyak di masa mendatang.

Baca juga: Apa itu Virtual Influencer? Yuk, Ketahui Informasi Lengkapnya di Sini!

5 Virtual Influencer Dunia

1. Lu do Magalu

Pada tahun 2020, Lu do Magalu adalah virtual influencer yang paling banyak diikuti. Saat ini, dia juga merupakan manusia virtual dengan viewer paling banyak di dunia, sehingga mudah untuk memahami mengapa dia berada di urutan teratas daftar ini.

Dia memiliki lebih dari 14,6 juta pengikut di Facebook, 6 juta pengikut di Instagram, lebih dari 2,6 juta pelanggan YouTube dan lebih dari 6 juta pengikut di TikTok. Padahal, ketenaran dan jangkauannya sebagian besar terbatas di Brasil, negara dari mana dia berasal.

Penampilan pertamanya lebih dari satu dekade lalu atas nama Majalah Luiza, salah satu perusahaan ritel terbesar di Brasil. Sejak itu, dia telah ditampilkan dalam ulasan produk, video unboxing, dan juga berbagi kiat perangkat lunak atas nama perusahaan tersebut.

2. Lil Miquela

Source: Forbes

Miquela Sousa atau lebih dikenal dengan Lil Miquela adalah model robot virtual yang pernah bekerja sama dengan beberapa brand fashion ternama seperti Prada, Dior dan Calvin Klein. Dia juga merilis satu single, “Not Mine”, pada tahun 2017 dan memulai debut video musik pertamanya bertajuk “Hard Feelings”, di festival online Lollapalooza awal tahun ini.

Kecantikan Brasil-Amerika dengan freckles di wajahnya ini diciptakan oleh Brud, sebuah startup yang berbasis di Los Angeles. Dia memiliki 2,9 juta pengikut Instagram yang dijuluki sebagai “Miquelites”, 3,6 juta pengikut TikTok dan lebih dari 31 ribu pengikut di Twitter.

3. Barbie

Source: Reader’s Digest

Barbie rasanya tidak perlu diperkenalkan, sosok virtual kecantikan berambut pirang dari akhir 1950-an ini muncul di media sosial untuk memukau lebih banyak penggemar. Pengikut terbesarnya ada di Facebook, tetapi dia juga memiliki banyak pengikut di platform lain, terutama di YouTube di mana dia berperan sebagai Vlogger.

Dia memiliki 2,2  juta pengikut di Instagram, 11,1 juta pelanggan di YouTube, hampir 320 ribu pengikut di Twitter, dan lebih dari 450 ribu pendengar bulanan di Spotify.

4. Guggimon

Virtual influencer Guggimon takes selfie

Superplastic, pencipta selebriti virtual, pakaian, dan desainer mainan terkemuka di dunia, pemilik sosok kelinci ini. Obsesinya mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan hal horor. Dengan kata-katanya sendiri, ia menggambarkan dirinya sebagai “seniman fashion horor horor fashion & produser mixtape dengan obsesi: tas tangan, kapak, mainan, Billie Eilish, & The Shining”.

Berasal dari Montreal, Kanada, Guggimon pertama kali muncul pada Juni 2019. Kamu mungkin mengenalinya sebagai salah satu bintang hype Steve Aoki. Dia bergabung dengan DJ dan produser terkenal di dunia ini dalam tur Color of Noise-nya

5. Thalasya

Thalasya Virtual Influencer
Source: Grid.id

Mungkin kamu ada yang sudah tidak asing lagi dengan virtual influencer asal Indonesia yaitu Thalasya. Awal sosok bintang virtual ini dikenal karena visualnya yang menyerupai barbie. Bersama Yuki Kato, Thalasya sempat membintangi iklan brand cokelat.

Selain menjadi bintang iklan dan menerima endorse seperti virtual influencer lainnya, Thalasya juga bisa bernyanyi dan merilis music video (MV) di YouTube. Seperti pada bio Instagramnya, Thalasya merupakan sosok AI pertama di Indonesia.

Sudah banyak proyek yang Thalasya kerjakan hasil dari beragam kerja sama. Kini Thalasya memiliki 469 ribu pengikut di Instagram.


Nah, itu dia 5 virtual influencer di dunia yang bisa yang memiliki banyak penggemar dan dapat kamu ikuti. Seiring berjalannya waktu, kehidupan kita semakin tidak memiliki batas dengan dunia virtual. Di masa mendatang, kita akan benar-benar beriringan dengan sosok-sosok virtual tersebut di metaverse.

Penasaran dengan metaverse? Download aplikasinya di sini

#WhereDreamsComeTrue in metaNesia

Bagikan ini: