Apa itu Metaverse? Yuk, Baca Informasi Lengkapnya di Sini!
Beranda /
Blog /
Apa itu Metaverse? Yuk, Baca Informasi Lengkapnya di Sini!
14 November 2022

Apa itu Metaverse? Yuk, Baca Informasi Lengkapnya di Sini!

Metaverse adalah teknologi baru yang akhir-akhir ini sedang hangat diperbincangkan hingga beberapa perusahaan dan brand berlomba-lomba untuk menciptakannya.

Penulis Neal Stephenson dikreditkan dengan menciptakan terminologi “metaverse” dalam novel fiksi ilmiah nya yang bertajuk “Snow Crash,”. Di dalamnya ia membayangkan avatar manusia hidup yang bertemu di bangunan 3D realistis dan lingkungan realitas virtual lainnya.

Istilah metaverse kemudian dipolulerkan oleh salah satu platform media sosial terbesar di dunia, Facebook. Di mana Mark Zuckerberg (CEO Facebook) mengumumkan perubahan nama pada perusahaannya menjadi Meta Platforms, Inc.

Dunia virtual kini sudah menjadi kenyataan. Lalu, apa itu metaverse? Bagaimana cara kerjanya, dan hal apa saja yang dapat dilakukan di dalamnya? Di artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan akan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Simak sampai tuntas ya!

Metaverse

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk virtual reality dan augmented reality di mana pengguna “hidup” di dalam dunia digital.

Penggunanya tidak perlu berada di dalam ruang fisik yang sama dengan pengguna lainnya. Mereka hanya perlu masuk ke dalam dunia metaverse.

Penggunanya dapat bekerja, bermain, dan tetap terhubung melalui segala hal mulai dari konser, bekerja, melihat dan membeli karya seni, bermain game, hingga pengenalan produk layaknya di dunia nyata.

Cara Kerja Metaverse

Pada dasarnya, metaverse merupakan dunia 3D yang takkan pernah lepas dari internet sebagai akses utamanya. Pengguna hanya cukup masuk ke dalam dunia virtual yang menggunakan bantuan teknologi yang mendukung AR dan VR.

Jika sebelumnya perangkat yang diperlukan untuk memasuki metaverse adalah headset VR seperti Oculus. Kini sudah terdapat metaverse yang dapat diakses hanya menggunakan handphone saja oleh penggunanya. Sehingga akses ke dalam dunia metaverse dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Selain itu, pada beberapa metaverse yang saat ini sudah tercipta, pengguna diharuskan menyiapkan uang digital untuk mengakses metaverse.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Metaverse 

Sebagai dunia virtual layaknya dunia nyata, metaverse adalah sebuah lingkungan yang menyediakan banyak opsi kegiatan bagi penggunanya.

Berikut daftar kegiatan dan penjelasannya yang bisa dilakukan di metaverse.

Konser Virtual

Konser virtual adalah pertunjukan yang berlangsung di metaverse atau dunia virtual di mana kemiripan avatar virtual diproyeksikan ke panggung virtual dalam realitas virtual, disinkronkan dengan musik yang telah direkam sebelumnya.

Ini adalah cara bagi para penggemar untuk menyaksikan musisi favorit mereka dengan cara baru dan menarik, terutama di bawah dampak covid, merupakan terobosan yang bagus.

Melihat serta membeli karya seni dan pakaian

Hal lainnya yang bisa dilakukan di dalam metaverse adalah melihat serta membeli karya seni dan pakaian.

Jika sebelumnya karya seni hanya bisa dinikmati di dunia nyata dan dunia virtual 2D seperti video. Kali ini karya seni seperti lukisan, patung, bahkan miniatur bisa dinikmati dalam versi digital 3D bahkan dapat dibeli.

Pengguna dapat membeli hak kepemilikan karya seni tersebut jika tertarik. Sistem jual beli karya seni dalam metaverse hadir dalam bentuk NFT.

Selain itu, pengguna juga dapat membeli pakaian dalam bentuk NFT yang dapat digunakan pada avatar dan dipamerkan ketika masuk dunia metaverse. Bahkan, bagi metaverse yang menerapkan sistem Phygital (physical & digital), pakaian yang dijual dalam bentuk NFT juga dapat diterima fisiknya oleh pengguna.

Bekerja dan berdiskusi dengan rekan kerja

Metaverse adalah sebuah platform yang dapat mewujudkan pengerjaan suatu pekerjaan secara online dengan pengalaman seperti halnya saat bekerja di kantor.

Tak sekadar dapat melihat rekan kerja dan atasan seperti aplikasi meeting online, pengguna dapat terhubung dengan pengguna yang lain, serta dapat melakukan kolaborasi dan berkreasi dengan cara baru yang lebih imersif dan belum pernah ada sebelumnya.

Bermain game

Bagi pengguna yang gemar bermain game, metaverse dapat menjadi opsi sebagai platform yang menyenangkan. Di dalamnya, pengguna memerlukan teknologi khusus seperti oculus agar dapat menikmati game layaknya dunia nyata. Sebagai gambaran, pengguna dapat bermain game seperti dalam film Ready Player One.

Oculus saat ini memang alat yang jarang dan mahal, sehingga tidak banyak pengguna yang memilikinya. Namun tak usah khawatir, dengan didukung teknologi augmented reality, beberapa metaverse dapat diakses tanpa menggunakan alat tersebut, sehingga dapat mudah diakses dan dinikmati.

Melakukan simulasi dan edukasi produk

Nah, ini dapat menjadi hal yang ditunggu-tunggu bagi industri karena sebagai solusi untuk menjajakan produknya mengikuti perkembangan teknologi yang kian modern. Brand dapat masuk ke dalam environment sebuah metaverse dan berinteraksi langsung dengan pengguna di dalamnya.

Simulasi produk dapat dilakukan layaknya dunia nyata. Pengguna sebagai pengunjung bisa mendapatkan edukasi mengenai produk dalam bentuk video bahkan 3D. Selain interaksi dengan produk yang ditampilkan, pengguna juga dapat melakukan interaksi langsung dengan customer service yang berupa avatar dan berbincang mengenai produk.

Seperti halnya Hub Commerce yang ada di metaNesia, di dalamnya terdapat car showroom

hasil kerja sama dengan Honda, salah satu perusahaan industri otomotif Tanah Air yang di dalamnya menampilkan produk-produk mobil melalui showroom di metaverse.

Pengguna bisa mengakses Hub Showroom secara bebas dan dapat melihat berbagai produk dan informasi mengenai Honda seperti layaknya pameran di dunia nyata.

Di showroom virtual, pengunjung dapat melihat berbagai produk Honda secara 360 derajat, termasuk melihat bagian eksterior, interior, hingga mesin dan berbagai fitur. Bahkan, showroom di metaNesia bisa menampilkan bagian-bagian detil seperti kolong mobil untuk melihat rangka yang tidak bisa dilakukan di showroom dunia nyata.

Selain itu di dalam sebuah metaverse, pengguna dapat menjelajahi suatu tempat dan berbicara dengan pengguna lainnya. Untuk yang memiliki jiwa sales, pengguna tersebut dapat dengan santai mendiskusikan produk yang dimilikinya pada pengguna lain dan memberi tahu link melalui kolom chat tentang produk yang dimilikinya untuk dipelajari lebih lanjut. Mengesankan bukan?

Baca juga: Pilihan Platform Metaverse di Dunia, Ada yang dari Indonesia Loh!


Itulah pemaparan singkat mengenai metaverse, mulai dari definisi, cara kerja, hingga opsi kegiatan di dalamnya.

Apakah kamu sudah siap untuk bergabung ke dalam dunia metaverse? Sambut masa depan ekonomi digital Indonesia bersama metaNesia dengan download aplikasinya di sini!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue