Metaverse MetaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata

Metaverse MetaNesia | Showroom Layaknya Dunia Nyata

MetaNesia showroom Honda MetaWorld
MetaNesia showroom Honda MetaWorld (MetaNesia / MetaNesia)

Pada tahun 2022, Honda membuat inovasi dengan meluncurkan showroom virtual yang belum pernah ada di pasaran sebelumnya. Showroom virtual baru yang diberi nama Honda MetaWorld ini, dapat diakses pada Hub Commerce MetaNesia. Sebuah platform dunia virtual karya anak bangsa, yang siap meramaikan perkembangan dunia metaverse di Indonesia.

MetaNesia metaverse Indonesia

MetaNesia platform metaverse pertama di Indonesia
Metanesia platform metaverse pertama di Indonesia (MetaNesia / MetaNesia)

Dunia metaverse merupakan dunia virtual berbentuk tiga dimensi yang diciptakan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan video. Dalam metaverse, pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain secara virtual. MetaNesia hadir sebagai platform metaverse pertama di Indonesia.

Di MetaNesia, pengunjung akan menemukan berbagai pengalaman menjelajahi dunia virtual yang imersif. Dalam perkembangannya, MetaNesia berupaya menciptakan ekosistem metaverse di Indonesia. MetaNesia telah menghadirkan virtual office, virtual stage, virtual market, virtual showroom, hingga berbagai simulasi pelatihan berbasis dunia digital.

MetaNesia virtual showroom

 Honda MetaWorld
Virtual showroom Honda di MetaNesia (MetaNesia / MetaNesia)

Inovasi teknologi metaverse saat ini telah membawa perubahan besar pada berbagai sektor, terutama sektor bisnis. Berbagai terobosan baru muncul sebagai solusi atas keterbatasan yang ada, salah satunya yang telah diciptakan oleh MetaNesia.

Untuk kebutuhan bisnis, MetaNesia telah menyediakan virtual showroom di Hub Commerce MetaNesia, sebagai sarana bagi pebisnis yang ingin memajang produknya. Pada Hub showroom MetaNesia terdapat beberapa area, seperti entrance area, display car area, dan customer service area.

Baru-baru ini, MetaNesia bekerja sama dengan PT Honda Prospect Motor telah menciptakan virtual showroom untuk menampilkan produk-produk mobil melalui showroom di dunia metaverse. Inovasi MetaNesia ini telah menciptakan ekosistem metaverse baru untuk sektor bisinis industri otomotif berbasis teknologi.

Honda MetaWorld

Indoor showroom Honda MetaWorld
Indoor showroom Honda MetaWorld (MetaNesia / MetaNesia)

Sebagai perusahaan industri otomotif ternama di Indonesia, PT Honda Prospect Motor sadar akan pentingnya peran teknologi bagi kebutuhan industrinya di masa depan. Honda MetaWorld adalah bentuk inovasi Honda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan mendekatkan diri pada kalangan Gen Z yang amat lekat dengan teknologi digital.

Outdoor showroom Honda MetaWorld
Outdoor showroom Honda Meta World  (Disway / Disway)

Honda MetaWorld merupakan showroom virtual pertama di jagat metamesta Indonesia. Di showroom virtual ini, pengunjung dapat mengakses secara bebas maupun dapat melihat berbagai produk berikut informasi mengenai Honda, layaknya pameran di dunia nyata.

Test Drive Honda MetaWorld
Virtual showroom Honda MetaWorld (Honda Indonesia / Honda-Indonesia)

Di showroom virtual Honda MetaWorld, pengunjung dapat melihat berbagai produk Honda secara 360 derajat, termasuk melihat bagian eksterior, interior, hingga mesin dan berbagai fitur. Bahkan, showroom virtual di MetaNesia bisa menampilkan bagian-bagian detil seperti kolong mobil untuk melihat rangka, di mana hal ini tidak bisa dilakukan di showroom dunia nyata.

Fitur Honda MetaWorld showroom di MetaNesia

Koridor MetaNesia Sshowroom
Koridor MetaNesia showroom (MetaNesia / MetaNesia)

Ketika masuk ke dalam showroom Honda MetaWorld, pengunjung langsung disuguhkan dengan sebuah koridor bergaya futuristik. Di dalamnya terdapat banner mobil-mobil dari Honda yang dapat diklik dan membesar sebagai gambaran singkat mengenai produknya.

Masuk lebih dalam di area utama, terdapat mobil-mobil produk Honda yang dilengkapi dengan informasi bagi pengunjung. Kemudian di area sisi dan kanan terdapat layanan pelanggan atau asisten penjualan virtual bagi pengguna yang tertarik dengan produk Honda.

Eksterior virtual mobil Honda
Eksterior virtual mobil Honda (MetaNesia / MetaNesia)
Interior virtual mobil Honda
Interior virtual mobil Honda (MetaNesia / MetaNesia)

Pengguna dapat mempelajari dari masing-masing mobil yang dipamerkan di dalam showroom. Hal itu menyangkut fitur apa saja yang disematkan, teknologi apa yang digunakan, juga dapat menggonta-ganti warna yang diinginkan. Selain dari eksterior, interior juga dapat dieksplor oleh pengguna, dan semua itu secara 360 derajat.

Pengalaman test drive di metaverse

Ketika datang ke sebuah pameran ataupun showroom mobil, tentunya pengalaman yang didapat akan kurang maksimal jika tidak merasakan langsung dari produk itu sendiri. Pengalaman test-drive adalah hal yang biasanya disediakan dan dilakukan, dan fasilitas tersebut tersedia di Honda MetaWorld Showroom.

Simulasi mobil dari dalam
Simulasi test drive dari dalam (MetaNesia / MetaNesia)
Simulasi mobil dari luar
Simulasi test drive dari luar (MetaNesia / MetaNesia)

Dengan didukung teknologi augmented reality, pengguna dapat mencoba mengendarai mobil All New Honda BR-V di area MetaNesia Landscape. Seperti sebuah game, kamera dapat dirubah menyesuaikan keinginan dari pengguna, baik itu third person yang memperlihatkan area belakang mobil. Side cam yang memperlihatkan area sisi mobil, serta first person yang dapat diatur kemana ingin melihat sehingga seperti sedang mengendarai sungguhan.

Meskipun diakses oleh pengguna di dalam ruangan yang kecil, MetaNesia showroom akan terasa luas ketika diakses karena menampilkan produk dalam skala yang penuh, membuat pengguna merasakan pengalaman baru yang seperti dunia nyata.

Otomotif event di virtual showroom
MetaNesia showroom otomotif event (DigitalBisa / DigitalBisa)

Dalam implementasinya, brand dapat menggunakan aset 2D dan 3D yang dimiliki untuk dikembangkan dan diterapkan di dalam MetaNesia. Sehingga produk yang akan dimasukan ke dalam metaverse memiliki detil yang akurat.

Teknologi metaverse merupakan teknologi terdepan saat ini yang mampu memberikan pengalaman yang lebih imersif bagi konsumen. Sedangkan bagi brand akan memperoleh lebih banyak kesempatan berinteraksi dengan konsumen di dunia digital tanpa batasan waktu dan tempat.


MetaNesia hadir sebagai platform metaverse yang menciptakan interaksi virtual serta pengalaman imersif layaknya dunia nyata. Ayo bergabung dengan mengunduh aplikasi MetaNesia dan rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya!

Jika tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dan berkonsultasi dengan menghubungi WhatsApp kami secara gratis!

Bagikan ini: