4 Rekomendasi Aplikasi Metaverse yang Bisa Kamu Coba tanpa VR Headset, Yuk Cobain!
Beranda /
Blog /
4 Rekomendasi Aplikasi Metaverse yang Bisa Kamu Coba tanpa VR Headset, Yuk Cobain!
17 November 2022

4 Rekomendasi Aplikasi Metaverse yang Bisa Kamu Coba tanpa VR Headset, Yuk Cobain!

Metaverse adalah teknologi yang sedang naik daun di tahun 2022 ini. Sebuah dunia virtual gabungan dari beberapa teknologi, seperti virtual reality, augmented reality, dan video, yang membuat penggunanya merasakan sedang berada di dunia yang berbeda. Dengan syarat-syarat tertentu, penggunanya bisa melakukan segala macam aktivitas layaknya dunia nyata.

Mengenai hal di atas, kebanyakan orang percaya dengan konsep bahwa metaverse dapat membawa mereka masuk ke dunia fantasi, namun untuk mewujudkannya perlu alat berupa headset VR. Hal tersebut memang benar & tidak perlu dibantah, tapi metaverse lebih dari itu karena didukung juga oleh teknologi augmented reality.

Apakah Perlu Headset VR untuk Mengakses Metaverse?

Headset VR merupakan alat yang masih jarang dimiliki karena selain platform untuk menggunakannya masih terbatas, harganya pun terbilang tinggi. Itu tentunya akan menjadi penghalang bagi pengguna jika aplikasi metaverse hanya dapat diakses menggunakan headset VR.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena sebagian besar aplikasi metaverse saat ini dapat diakses dengan komputer mana pun. Bahkan dengan smartphone atau konsol video game.

Kamu cukup menggunakan keyboard dan mouse, layar sentuh ponselmu atau pengontrol untuk bergerak dan menjelajahi dunia virtual. Meski layar gawai milikmu akan menampilkan bidang pandang yang lebih terbatas, tetap kamu akan merasakan pengalamannya dengan menjelajah di metaverse.

Sekarang, mari kita bahas beberapa aplikasi metaverse yang bisa kamu akses tanpa harus menggunakan headset VR, simak sampai selesai!

Axie Infinity

Aplikasi metaverse: Axie infinity
Source: Axie Infinity

Awalnya diluncurkan pada tahun 2018, Axie Infinity telah terbukti menjadi salah satu permainan play-to-earn paling populer di metaverse. Berdasarkan alur cerita yang mirip dengan Pokemon, Axie adalah permainan berbasis NFT yang memungkinkan pengguna untuk membangun koleksi Axie. Axie adalah makhluk yang dapat digunakan untuk berperang, membangun, dan bahkan berburu harta karun.

Setiap Axie adalah makhluk unik dan memiliki rangkaian kualitas dan kekuatannya sendiri. Pemain dapat menggunakan Axies mereka untuk bertarung dengan orang lain dan permainan ini memberi penghargaan kepada pemain dengan NFT. Untuk mengaksesnya, kamu tidak perlu menggunakan headset VR.

Decentraland

Aplikasi metaverse: Decentraland
Source: Decentraland

Decentraland adalah aplikasi metaverse yang sepenuhnya terdesentralisasi di mana pengguna sebagai pemilik tempat mereka tinggal di dalamnya. Aplikasi ini menawarkan opsi kepada pemain untuk membangun lingkungan virtual mereka sendiri.

Pemain dapat memilih dari berbagai bagian real estate dan membelinya untuk disimpan sebagai milik mereka. Pemain bahkan dapat menjual tanah virtual mereka atau bahkan menyewakannya dengan imbalan crypto.

Selain itu, Decentraland memungkinkan memberi pemain opsi untuk menjelajahi dan mengunjungi properti milik pemain lain untuk bersosialisasi di dalamnya. Aplikasi metaverse ini juga mengadakan berbagai acara sepanjang waktu di mana orang dapat berkumpul bersama sebagai avatar dan bersenang-senang.

Style dari Decentraland berada diantara aplikasi metaverse lain seperti Roblox dan Fortnite sehingga lebih nyaman dipandang. Untuk mengaksesnya, kamu cukup mendownload aplikasinya di website resmi Decentraland tanpa harus menyiapkan perangkat VR.

Fortnite

Aplikasi metaverse: Fortnite
Source: Fortnite

Kamu pasti tidak asing dengan Fortnite, permainan populer yang dimulai sebagai battle royale ini kini telah berkembang menjadi aplikasi metaverse. Selama bertahun-tahun, Fortnite perlahan berubah menjadi permainan yang tidak hanya bisa dimainkan tetapi juga lebih dirasakan “pengalamannya”.

Dari membuat black hole hingga memperkenalkan Fortnite Impostors yang terbatas, banyak yang telah diperkenalkan. Namun, momen terbesar Fortnite ke metaverse adalah dalam bentuk live konser yang diadakan di dalamnya.

Jika kamu merupakan veteran Fortnite, kamu pasti pernah menghadiri live konser Travis Scott atau bahkan pernah berada di dalamnya saat Marshmello berada di Fortnite. Peristiwa seperti ini perlahan mengubah permainan menjadi aplikasi metaverse. Pemain menggunakan karakter drop-in mereka dan tidak hanya bermain tetapi juga berinteraksi dengan pemain lain.

Roblox

Aplikasi metaverse: Roblox
Source: Roblox

Roblox adalah platform game dan sistem pembuatan game. Pemain dapat mendesain game mereka sendiri dan juga memainkan game yang dibuat oleh orang lain. Roblox adalah permainan Sandbox namun tidak memerlukan headset VR sama sekali.

Platform ini memungkinkan pemain untuk membeli, menjual, dan membuat barang virtual yang dapat digunakan untuk menghias karakter virtual mereka yang berfungsi sebagai avatar mereka di platform. Pakaian bisa dibeli oleh siapa saja, tapi hanya pemain dengan keanggotaan premium yang bisa menjualnya. Roblox sangat populer, terutama di kalangan anak-anak.

Baca juga: Ini Caranya Masuk ke Metaverse, Yuk Ikuti Langkah-Langkahnya!


Itulah beberapa aplikasi metaverse yang dapat diakses tanpa perlu headset VR. Kamu dapat memilih platform mana yang lebih tepat untuk digunakan. Tertarik untuk mencoba metaverse tapi tidak punya headset VR? Download aplikasi metaNesia di sini dan menjelajah di dalamnya!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue