Kacamata AR Terbaru Meta yang Berlaborasi dengan MediaTek untuk Ciptakan Chip Baru

Kacamata AR Terbaru Meta yang Berlaborasi dengan MediaTek untuk Ciptakan Chip Baru

Kacamata augmented reality (AR) telah menjadi inovasi revolusioner dalam industri teknologi. Seiring dengan perkembangan pesat dalam dunia digital, kacamata AR menjanjikan pengalaman dalam menyatukan dunia fisik dan virtual. Simak artikel berikut untuk mengetahui kacamata AR terbaru Meta.

Kacamata AR terbaru Meta bersama MediaTek

kacamata ar terbaru meta
Ray-Ban Meta Glasses (Lewis Painter/Trusted Reviews)

Untuk mengeksplorasi lebih jauh potensi aplikasi perangkat kacamata pintar AR, Meta telah berkolaborasi dengan MediaTek. MediaTek secara resmi mengumumkan kerja sama baru dengan Meta pada MediaTek Summit 2023. Kemitraan ini akan memungkinkan produsen kacamata pintar Ray-Ban Meta untuk menciptakan pengalaman augmented reality dan mixed reality yang lebih canggih.

Seperti model yang digunakan saat ini, kacamata Ray-Ban Meta dilengkapi dengan kamera dan mikrofon untuk mengirim dan menerima pesan. Namun, kacamata pintar Meta generasi berikutnya kemungkinan akan memiliki tampilan “viewfinder”, alias layar kecil built-in.

Hal tersebut bertujuan untuk menggabungkan dunia virtual dan nyata, yang memungkinkan pengguna untuk memindai kode QR, membaca pesan, dan banyak lagi. Di luar itu, perusahaan ini berharap untuk membawa kacamata AR ke dalam lipatan, yang menghadirkan tantangan yang jauh lebih luas.

Beberapa hal harus diubah untuk melakukan hal ini. Kacamata AR harus dirancang dengan mempertimbangkan kemudahan penggunaan, dengan estetika dan cukup kuat secara teknologi untuk memberikan pengalaman yang memuaskan

Headset mixed reality sekarang memiliki ukuran yang besar dan tidak praktis. Kacamata AR Meta idealnya harus lebih ramping dan tipis.

Pembuatan chip baru

meta quest pro
Meta Quest Pro (Lewis Painter/Trusted Reviews)

Berkat kolaborasi baru ini, MediaTek dan Meta akan bekerja sama untuk bersama-sama mengembangkan chip khusus yang dirancang untuk penggunaan AR dan kacamata. MediaTek menyumbangkan pengalamannya dalam menciptakan perangkat berkinerja tinggi dan berdaya rendah yang dapat masuk ke dalam ruang kecil, seperti bingkai kacamata AR.

Meta menekankan bahwa mereka membutuhkan chip sesuai dengan faktor bentuk kacamata dan memiliki desain yang kecil, konsumsi daya dan latensi yang rendah, serta kinerja yang hebat. Chip dari MediaTek yang dibuat untuk Meta tidak akan tersedia untuk produsen lain karena sifat eksklusif dari kerja sama ini.

Meta awalnya berniat membuat chip unik untuk lini headset Quest-nya sendiri, tetapi ide tersebut akhirnya ditunda. Facebook Agile Silicon Team (FAST) di Meta, yang bertanggung jawab untuk memproduksi headset Quest, baru-baru ini mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) yang signifikan. Meskipun demikian, diantisipasi bahwa selama kolaborasi, anggota tim yang tersisa akan berkolaborasi erat dengan MediaTek.


Itu dia penjelasan mengenai kacamata AR terbaru Meta. Temukan jawaban atas pertanyaanmu mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia virtual yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: