Penyiar Radio AI Pertama di Indonesia Akan Segera Hadir, Bernama Aimee

Penyiar Radio AI Pertama di Indonesia Akan Segera Hadir, Bernama Aimee

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, dunia penyiaran radio mengalami transformasi yang signifikan dengan kehadiran penyiar radio AI. Keberadaan kecerdasan buatan tidak hanya mempengaruhi industri teknologi, tetapi juga merambah ke sektor hiburan, termasuk penyiaran radio.

Aimee, penyiar radio AI pertama di Indonesia

penyiar radio ai
Gray studio microphone (Pickpik)

Aimee merupakan “The First AI Radio DJ” di Indonesia yang akan diluncurkan Mustang 88 FM, salah satu stasiun radio swasta di Indonesia. Sebagai stasiun radio yang bersegmentasi kaum muda, khususnya generasi Z, Mustang juga mengikuti perkembangan tren teknologi yang sedang berkembang, seperti artificial intelligence (AI).

Mustang 88 FM merupakan salah satu stasiun radio yang dimiliki oleh PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI). Selain menyediakan rumah bagi tujuh stasiun radio, MARI juga akan melakukan perubahan dalam hal saluran dan konten audio pada tahun 2023.

Akhir tahun 2023 adalah saat Aimee, yang merupakan singkatan dari Artificial Intelligence Mustang Announcer For Everyone, diperkirakan akan diluncurkan. Adrian Syarkawie, Direktur Utama MARI, mengatakan bahwa Aimee bukan sekadar sistem kecerdasan buatan. Dia dimaksudkan untuk menjadi penyiar wanita yang berbicara untuk Generasi Z secara khusus.

Menurut Adrian, Aimee diciptakan bukan hanya sekedar penyiar ai, tetapi ia juga harus merepresentasikan gaya hidup generasi Z. Yaitu enerjik, senang belajar hal baru, senang nongkrong, dan senang mendengarkan musik serta menonton film.

Mulai Desember 2023, Aimee akan menemani para Mustang Gang, sebutan bagi para penggemar Mustang 88 FM. Aimee akan hadir setiap akhir pekan dalam program Mustang Hangout mulai pukul 18.00-20.00 WIB.

Diharapkan Aimee dapat memberikan nuansa baru dalam program Mustang Hangout. Suara Aimee juga dapat didengar di sela-sela program siaran yang menyebarkan informasi berita untuk anak muda, setiap hari Senin hingga Jumat.

Tren penyiar radio AI

aimee, penyiar radio ai pertama di indonesia
Radio station (Wikimedia Commons)

DJ pertama di dunia yang menggunakan AI memulai debutnya di sebuah stasiun radio di Portland, Oregon. KBFF Live 95.5 FM milik Alpha Media mengungkapkan bahwa mereka akan menggunakan perangkat lunak RadioGPT dari Futuri Media untuk menyiarkan versi AI dari pembawa acaranya, Ashley Z. Dari situlah tren penyiar radio dengan teknologi AI dimulai.

RadioGPT adalah program berbasis AI yang membuat skrip berdasarkan berita populer menggunakan GPT-4. Teknologi Futuri mencari berita di Facebook, Twitter, Instagram, dan lebih dari sumber berita untuk menentukan tren lokal yang sedang terjadi. RadioGPT akan mengambil artikel teratas dan menulis naskah menggunakan teknologi GPT.

Meskipun suara buatan tersebut terdengar otentik, namun ia mengidentifikasi dirinya sebagai AI Ashley untuk memberi tahu pendengar bahwa itu adalah suara AI. AI Ashley akan memberikan siaran harian kepada para pendengar antara pukul 10 pagi sampai 3 sore.

Stasiun radio ini menyatakan bahwa implementasi AI Ashley tidak dilakukan untuk menghemat uang atau untuk sepenuhnya menggantikan Ashley “asli”. Sebaliknya, para presenter radio menggunakannya sebagai alat yang efisien bagi penyiar radio untuk memiliki perangkat mereka.


Itu dia pemaparan mengenai Aimee (Artificial Intelligence Mustang Announcer For Everyone) penyiar radio pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi AI. Temukan jawaban atas pertanyaanmu mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia virtual yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: