Kumpul Agustus-an di metaNesia Merayakan HUT Republik Indonesia ke-77

Kumpul Agustus-an di metaNesia Merayakan HUT Republik Indonesia ke-77

Jakarta, 17 Agustus 2022 – Dirgahayu Republik Indonesia! Dalam peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, masih dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Meski begitu, masih ada cara yang tetap dapat dilakukan untuk memperingati dan memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-77.

Memperingati melalui metaverse, adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merayakan di tengah kondisi pandemi. Jika sebelumnya merayakan secara virtual hanya dapat dilakukan dengan menonton saja, di metaverse tentunya lebih dari itu.

Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia, Ery Punta Hendraswara, mengatakan, semangat perayaan HUT RI secara virtual melalui metaverse tidak mengubah atau bahkan mengurangi rasa nasionalisme, justru akan mendapatkan experience baru yang seru dan imersif.

“Semangat persatuan dalam merebut kemerdekaan, sudah sepatutnya kita lestarikan dan tanamkan rasa patriot di dalam diri kita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikannya, Di era digital sekarang ini, banyak cara untuk melakukan apapun, termasuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan cara baru yang seru melalui metaverse.”

Agustuan di metaNesia: Upacara Bendera

Upacara Agustusan di metaNesia

metaNesia mempersembahkan perayaan upacara peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia pertama di metaverse, juga sebuah konser untuk merayakannya. Upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih yang disiarkan langsung di hub yang ada di metaNesia.

Sebelumnya, sering kita melihat pahlawan masa kini yang mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut. Sekarang semua dapat merasakan keseruan pengalaman tersebut. Meskipun secara virtual melalui metaNesia, pengalamannya lebih imersif karena kita memiliki avatar sebagai representasi di metaverse dan dapat menuju ke mana pun yang kita mau di dalamnya.

Wall of Independence

Di dalam hub upacara peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia terdapat galeri wall of independence, ruang yang menyajikan gambar beserta kutipan dari pahlawan besar Republik Indonesia. Selain itu, terdapat juga suara rekaman Presiden Republik Indonesia pertama Ir Soekarno yang membacakan teks proklamasi.

Konser Lagu Daerah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, metaNesia juga mempersembahkan sebuah konser untuk merayakan hari kemerdekaan. Sebuah konser lagu nasional dan lagu daerah di metaverse dengan nuansa bawah laut dan Kawah Putih yang dibawakan oleh artis Trio Pria dan Risty Ariany.

Di Indonesia, metaNesia merupakan yang pertama menyajikan konser virtual yang imersif di metaverse. Banyak interaksi yang dapat dilakukan dengan disertai suguhan visual yang keren.

Ery kembali memaparkan, akan banyak peluang dan ide-ide baru yang tercipta dari kehadiran metaverse. Misalnya seperti konser ini, metaverse menjadi opsi baru sebagai sarana untuk menyelenggarakan sebuah konser musik secara virtual, yang mana akan berbeda dibanding konser virtual yang pernah ada sebelumnya.

“Pandemi membuat halangan yang menciptakan banyak perubahan. Contohnya seperti konser musik, selama pandemi tidak boleh ada pelaksanaan konser musik. Hal tersebut tentunya menumbuhkan sebuah ide untuk menyelenggarakannya secara virtual. Namun kan yang kita tahu kalo virtual itu kita hanya menonton saja di layar, tidak ada interaksi yang tercipta. Dengan adanya konser virtual di metaverse yang imersif, dapat menjawab problem yang ada pada konser virtual,” tambah Ery.

Baca juga: Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia di Fruit Tea World Festival


Melalui pelaksanaan perayaan HUT RI di metaverse, metaNesia diharapkan dapat menjadi pendorong bagi perekonomian digital di Indonesia, salah satunya seperti pelaksanaan konser musik secara virtual dan dapat menjangkau peluang-peluang lain yang baru.

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue

Bagikan ini: