AI di Bidang Investasi: Masa Depan Dunia Keuangan

AI di Bidang Investasi: Masa Depan Dunia Keuangan

ai di bidang investasi
Investment (Picpedia)

Investasi merupakan bagian dari kehidupan ekonomi global. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi artificial intelligence (AI) telah mengubah wajah industri ini. Lalu, bagaimana peran AI di bidang investasi? Simak penjelasannya pada artikel berikut.

Simulasi kecerdasan manusia oleh mesin dikenal sebagai artificial intelligence (AI). Hal ini dilakukan oleh perangkat lunak yang mencoba meniru proses manusia menggunakan model machine learning.

Artificial intelligence mencakup berbagai aplikasi yang cukup luas. Diantaranya aplikasi yang cukup canggih seperti ChatGPT dari OpenAI, yang dapat mengobrol dengan orang, atau aplikasi mengemudi otonom.

Algoritma adalah istilah yang sering digunakan dalam kaitannya dengan artificial intelligence di pasar keuangan. Algoritme adalah sekumpulan instruksi terprogram yang menghasilkan hasil berdasarkan analisis data. Dalam dunia perbankan dan investasi, artificial intelligence memiliki berbagai bentuk, beberapa di antaranya cukup sederhana.

Artificial intelligence digunakan secara luas oleh hedge fund dan aktivitas perdagangan lainnya, misalnya, untuk mendapatkan keuntungan sekecil apapun di pasar yang berubah dengan cepat. Namun, karena artificial intelligence dapat menangani dan menganalisis data dari kumpulan data yang sangat besar, ini juga digunakan secara luas di bidang keuangan dan investasi.

Artificial intelligence juga membantu pemilihan saham, peramalan pasar, optimalisasi portfolio, dan manajemen risiko. Selain itu juga saran investasi individual, strategi masuk dan keluar perdagangan, dan pembuatan portfolio yang disesuaikan secara otomatis yang memenuhi persyaratan investor seperti toleransi risiko.

AI di bidang investasi

inestasi saham
Stock investment (Antonio Burgov/Medium)

Investor selalu dihadapkan pada kesulitan menavigasi risiko dan ketidakpastian pasar keuangan yang bergerak cepat saat ini, sembari menghasilkan imbal hasil yang signifikan atas investasi modal mereka. Namun, momen penting telah tiba karena penelitian dan pengembangan artificial intelligence telah menunjukkan dirinya sebagai pengubah permainan. Seperti memberi investor informasi mendalam yang dapat mereka gunakan untuk menavigasi perairan yang berombak dan membuat pilihan yang lebih cerdas.

Artificial intelligence memiliki potensi untuk sepenuhnya mengubah cara kita berinvestasi, dan efeknya sudah terlihat di banyak area industri keuangan. 98% penasihat keuangan yang disurvei di AS dan Kanada untuk studi Accenture tahun 2023 mengatakan bahwa mereka berpikir AI mengubah cara nasihat dikembangkan, diberikan, dan digunakan oleh klien.

Hal ini menunjukkan bagaimana AI mulai diakui sebagai kekuatan yang mengubah teknik investasi konvensional dan menyediakan alat dan peluang baru bagi investor. Kita berada di awal era baru dalam praktik investasi, di mana AI mungkin akan berdampak besar pada bagaimana aset disarankan dan dikekola.

Instrumen untuk meningkatkan layanan konseling keuangan

Investment funds
Investment funds (Steve Colantuoni/The Central American Group)

Penasihat keuangan dapat meningkatkan produktivitas mereka dan memberikan layanan klien yang lebih baik dengan menggunakan AI, yang merupakan instrumen yang ampuh. AI memiliki kemampuan untuk mempersonalisasi saran investasi sekaligus memberikan wawasan dengan lebih cepat dan akurat.

Penasihat keuangan tidak boleh melihatnya sebagai ancaman, melainkan sebagai mitra yang dapat meningkatkan kemampuan dan nilai mereka. Menurut Deloitte, para pemimpin layanan keuangan yang menggunakan AI cenderung melaporkan peningkatan pendapatan, biaya yang lebih rendah, dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, penasihat keuangan dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan membantu mencapai tujuan mereka dengan mengintegrasikan AI. Salah satu area di mana AI dapat membantu para penasihat adalah di bidang keuangan pribadi.

Dalam hal ini, chatbots, yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk memahami dan menjawab pertanyaan pelanggan, dapat menawarkan saran keuangan 24/7. AI juga dapat menyesuaikan wawasan untuk produk wealth management, termasuk robo-advisors, yang dapat memodifikasi portfolio investasi sesuai dengan tujuan klien, toleransi risiko, dan keadaan pasar.

Meskipun hasil dari AI dapat meningkatkan efisiensi secara signifikan, pengawasan manusia akan selalu diperlukan, terutama untuk prosedur seperti uji tuntas karena AI tidak selalu akurat. AI adalah alat untuk membantu meminimalkan kesalahan manusia, bukan untuk menghilangkannya sama sekali.

Bagaimana cara menggunakan AI untuk membuat portfolio?

apa peran ai di bidang investasi?
Investment portfolio (Money Compass)

Investor biasa dapat menggunakan AI dalam investasi mereka dengan cara-cara berikut.

Pemilihan saham

Investor dapat memanfaatkan berbagai titik data dari semua perusahaan yang diperdagangkan di bursa saham untuk memilih saham mana yang akan dibeli atau dijual. Investor dapat dengan cepat dan efektif menyaring data ini untuk menemukan saham yang sesuai dengan kebutuhan mereka berkat AI.

Dengan bantuan perangkat kompleks yang disebut penyaring saham, investor dapat memilih saham berdasarkan sejumlah besar poin data fundamental dan teknikal. Seperti rasio akuntansi, kapitalisasi pasar, volume perdagangan, dan rata-rata bergerak, untuk menyebutkan beberapa ratusan poin data yang tersedia.

Ada ratusan poin data yang dapat mereka gunakan. Jika ingin mulai menggunakan penyaring saham, pelajari cara menggunakan salah satu dari banyak versi gratis yang dapat diakses, seperti ZACKS (NASDAQ).

Pengembangan portfolio otomatis

Penasihat robot atau robo-advisors seperti Wealthfront dan Betterment membantu otomatisasi proses konvensional pembuatan portfolio. Proses ini melibatkan penasihat untuk menjelaskan tujuan investasi, jangka waktu, dan toleransi risiko untuk merancang portofolio yang sesuai dengan kebutuhan investor.

Portfolio otomatis yang mudah digunakan memandu mereka melalui kuesioner yang menghasilkan model portofolio berdasarkan kriteria investor. Platform ini menggunakan AI sebagai tambahan dari kuesioner dan penilaian model untuk memastikan kombinasi terbaik dari masing-masing saham untuk portoflio. Selain itu, portfolio otomatis diprogram untuk menyeimbangkan kembali dengan sendirinya jika alokasi target portoflio terlalu menyimpang dari yang dipilih.

Optimalisasi Portfolio

AI adalah teknik yang berguna untuk mengoptimalkan portfolio. Teknik ini membantu investor menemukan portfolio yang paling sesuai dengan kebutuhan individu mereka dalam hal jangka waktu dan toleransi risiko.

Selain itu, AI dapat digunakan bersama dengan teori portfolio modern. Tujuannya adalah untuk membuat portfolio saham yang berada di batas efisien, meningkatkan imbal hasil dalam kaitannya dengan risiko, setelah portofolio dipilih.

Interpretasi Data dan Prakiraan

Tujuannya adalah menciptakan algoritma AI yang memungkinkan prediksi pergerakan saham atau sekuritas lain di masa depan untuk menghasilkan profit. Tidak semua model akurat, meskipun banyak yang menggunakan AI untuk membuat algoritma yang membantu mereka membuat keputusan trading atau investasi.

Sementara beberapa manajer keuangan aktif berhasil mengungguli indeks pasar secara luas. Contohnya, jika berpikir bahwa siklus akan berulang, kita dapat menggunakan teknologi AI untuk menemukan siklus ini. Area potensial lainnya di mana AI dapat membantu membuat entri dan keluar otomatis adalah entri order berdasarkan alat analisis teknikal.

Manajemen Risiko

Sejumlah strategi manajemen risiko telah dipertimbangkan, termasuk penggunaan AI yang dikombinasikan dengan efficient frontier dan teori portfolio modern. Selain itu juga penggunaan opsi pesanan yang canggih untuk mengendalikan risiko pada perdagangan aktif. Namun, AI juga dapat digunakan untuk membuat strategi opsi otomatis untuk membantu manajemen risiko atau mengurangi eksposur berlebihan pada saham individu dalam portfolio.


Itu dia pemaparan mengenai AI di bidang investasi. Dengan terus mengembangkan dan mengintegrasikan AI, investor dapat memberikan nilai tambah pada portfolio dan mencapai tujuan keuangan mereka. Temukan jawaban atas pertanyaanmu mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia virtual yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: