Revolusi Media: Bagaimana Kecerdasan Buatan Mengubah Industri Media

Revolusi Media: Bagaimana Kecerdasan Buatan Mengubah Industri Media

ai pada industri media
Artificial Intelligence (Flickr)

Pengenalan artificial intelligence (AI) telah menghasilkan revolusi media yang signifikan, yang mencakup segala hal mulai dari berita hingga hiburan. Lalu bagaimana peran AI pada industri media?

Teknologi telah menjadi bagian di hampir setiap aspek kehidupan kita seiring dengan perkembangan era digital. Sektor media adalah salah satu industri yang paling terdampak oleh kemajuan teknologi.

Pengaruh Artificial Intelligence (AI) pada Industri Media dan Hiburan

Industri media dan hiburan termasuk yang pertama kali merangkul teknologi modern, merangkul revolusi digital dan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Hal ini guna menciptakan konten yang lebih baik, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membangun kehadiran merek yang kuat.

Salah satu cara industri media dan hiburan berevolusi adalah dengan mengintegrasikan wawasan berbasis data untuk memahami pasar modern yang berpusat pada konsumen. Hal tersebut dibarengi dengan menyesuaikan praktik operasional mereka untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Oleh karena itu, teknologi AI menghasilkan alat untuk segmentasi audiens, mesin rekomendasi, pemetaan perjalanan pelanggan, dan analisis prediktif menjadi semakin populer di media dan hiburan.

Ke mana pun kita pergi, bisnis hiburan selalu ada. Hal ini ada di sekitar kita dalam bentuk elektronik dan aktivitas sehari-hari, baik dalam bentuk radio, musik, permainan, video, atau konten tertulis. Bisnis media modern telah bekerja sangat keras untuk menjadi bagian dari hampir semua kegiatan sehari-hari kita.

Ironisnya, inilah yang dilakukan oleh alat AI untuk industri media dan hiburan, menggantikan proses lama dengan proses otomatis yang baru. Sebagai contoh, raksasa media seperti Netflix, 20th Century Fox, dan IBM telah menerapkan visi komputer dan algoritma pembelajaran mesin untuk bekerja dengan konten video dan rekomendasi.

Manfaat Penggunaan Teknologi AI pada Industri Media dan Hiburan

bagaimana peran ai pada industri media?
Entertainment Industry 2.0 (Script Hollywood/Medium)

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi AI di area media yang signifikan:

Personalisasi Konten

Personalisasi konten yang dibuat khusus untuk kamu, adalah salah satu metode yang paling efektif untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna pada platform streaming. Ragamnya pilihan yang tersedia saat ini, menemukan film atau program televisi yang ideal bisa menjadi tantangan tersendiri. Dengan menggunakan personalisasi konten, industri media hiburan dapat memastikan bahwa setiap konsumen menerima rekomendasi materi berdasarkan preferensi mereka, sehingga meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan.

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Hari-hari di mana pelanggan hanya mengonsumsi konten dan melanjutkan hidup sudah lama berlalu. Konten interaktif dan imersif yang diinginkan konsumen saat ini dimungkinkan oleh AR dan VR. Dengan memungkinkan perusahaan media dan hiburan untuk membuat acara interaktif atau mendesain NPC video game yang merespons tindakan pemain, aplikasi AI telah meningkatkan pengalaman pelanggan dalam AR dan VR.

Peran AI pada Industri Media, Iklan Bertarget

Bagi konsumen modern, streaming telah menjadi salah satu metode konsumsi konten yang paling populer. Ketika streaming secara real-time, kecerdasan buatan dalam sektor media dan hiburan memungkinkan perusahaan untuk menampilkan iklan yang ditargetkan secara individual. Iklan yang ditampilkan pada platform berdasarkan preferensi masing-masing, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan margin keuntungan.

Mengelola Distribusi Konten Internet

apa itu kreator konten?
What is Content Creator (Alexander De Ridder/INK)

Perangkat kecerdasan buatan cukup penting untuk mengikuti berbagai persyaratan peraturan wilayah distribusi konten. Untuk wilayah yang diatur oleh berbagai otoritas regulasi, teknik moderasi konten otomatis dapat menyaring konten yang tidak diinginkan atau ilegal. Teknik-teknik ini juga dapat membantu dalam mengidentifikasi konten palsu atau pelanggaran hak cipta, melindungi konsumen dari informasi yang menipu dan pembuat konten, media, dan organisasi hiburan dari pembajakan.

Pemodelan Prediktif

Dengan memeriksa konten yang menjadi viral di media sosial, analisis prediktif bertenaga teknologi AI dapat membantu produsen konten dalam memilih konten apa yang akan berhasil. Hal ini dapat membantu bisnis mengembangkan merek yang mudah beradaptasi dan menyesuaikan konten, pemasaran, serta metode distribusi mereka dengan perubahan permintaan pasar.

Klasifikasi dan Kategorisasi Konten

Banyaknya konten yang tersedia secara online membuat sulit untuk mengkategorikan dan mengklasifikasikannya, namun tanpa kategorisasi, mustahil untuk mempersonalisasi konten. AI dapat membantu mengotomatiskan penandaan dan anotasi metadata konten, sehingga memudahkan dalam mengkategorikan dan mengklasifikasikan konten untuk konsumen.


Itu dia pemaparan mengenai peran AI pada industri media. Sektor media telah mengalami perkembangan yang signifikan sebagai hasil dari penggunaan AI.

Teknologi ini telah menciptakan peluang baru dan meningkatkan efisiensi industri secara menyeluruh, mulai dari otomatisasi produksi konten hingga personalisasi pengalaman pengguna. Tertarik dengan informasi mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Kunjungi blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: