Penggunaan AI untuk Belajar Bahasa Inggris

Penggunaan AI untuk Belajar Bahasa Inggris

AI untuk belajar bahasa
AI untuk belajar bahasa (Toffeedev)

Di era teknologi modern, akses internet dan perangkat mobile telah mengubah cara kita belajar dan berinteraksi dengan dunia, terutama dalam mengakses informasi global. Di sisi lain, kita dituntut untuk menguasai kemampuan linguistik, terutama bahasa inggris. Pasalnya, kemampuan berbahasa menjadi modal dasar yang penting dalam memahami dan mengakses semua informasi global yang ada.

Ada banyak cara berbeda yang bisa kamu gunakan untuk memulai pembelajaran bahasa, terutama bahasa inggris. Salah satunya dengan menggandalkan kemampuan dari kecerdasan buatan atau teknologi AI.

Perkembangan teknologi artificial intelligence (AI) telah memiliki dampak besar pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Ingin tahu bagaimana penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran bahasa? Yuk, simak penjelasannya pada artikel berikut!

Mahasiswa asal Indonesia buat platform AI untuk belajar bahasa inggris

Founder dan co-founder MASA AI
Jason, Davyn, dan Wilson (SWA)

Beberapa waktu lalu, kabar membanggakan datang dari Amerika Serikat, tepatnya di Silicon Valley. Dua orang mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di sana, telah membuat startup yang bergerak di bidang solusi AI untuk pendidikan. Mereka adalah Jason Sudirdjo dan Davyn Sudirdjo, bersama dengan Wilson Liang asal Amerika Serikat, sebagai co-founder.

Jason Sudirdjo adalah mahasiswa berusia 20 tahun yang masih berkuliah di Barkeley. Sedangkan Davyn Sudirdjo adalah kakaknya, yang merupakan lulusan master dari Stanford Symbolic Systems dengan mengambil fokus pendidikan AI saat berkuliah. Sementara Wilson Liang adalah lulusan master Stanford Computer Science.

Ketiganya merupakan sosok yang berada di balik pembuatan platform MASA AI. MASA AI sendiri adalah perusahaan berbasis kecerdasan buatan atau AI yang berfokus pada dua bidang, yaitu efisiensi bisnis dan pendidikan. Platform ini resmi di luncurkan pada 22 Juni 2023 lalu.

Pada tahap awal pengembangan, MASA AI masih akan berfokus pada teknologi pendidikan dan pengembangan tenaga kerja Indonesia, yang berbasiskan kecerdasan buatan. Davyn, founder MASA AI mengatakan, bahwa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah salah satu cara untuk membawa Indonesia dapat bersaing di panggung global dalam riset dan teknologi.

Produk buatan MASA AI untuk belajar bahasa

AI untuk belajar bahasa inggris
MASA AI (joinmasa.ai)

Ide untuk mendirikan MASA AI pertama kali bermula dari keresahan yang dirasakan Jason dan Davyn saat masih belajar di Indonesia. Menurut mereka, banyak lembaga bimbingan belajar yang membebankan biaya mahal untuk belajar bahasa inggris. Selain itu, ada banyak tutor yang tidak terakreditasi, namun meminta biaya pembelajaran yang sangat tinggi.

Ketidakadilan dalam hal akses ke pendidikan bahasa inggris inilah yang membuat mereka menciptakan solusi melalui MASA AI. Dua produk unggulan berbasis kecerdasan buatan yang ditawarkan oleh MASA AI diantaranya yaitu JennieTest dan JennieSpeak.

JennieTest

JennieTest sendiri memang sengaja dibuat untuk membantu penggunanya mendapatkan lebih banyak informasi terkait materi pembelajaran bahasa inggris. Tersedia juga latihan soal tak terbatas, yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kamu juga bisa berlatih menggunakan JennieTest saat akan menghadapi tes TOEFL, IELTS, UTBK-SBMPTN, dan tes diagnostik cepat.

Selain itu, platform ini dapat mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris setiap penggunanya, termasuk menemukan kekuatan dan kelemahanmu. Hal ini dapat membantu kamu untuk fokus meningkatkan keterampilan belajar bahasa pada area yang memang menjadi kelemahanmu.

Salah satu fitur menarik dari JennieTest adalah kehadiran “robotutor” atau tutor robot, yang dapat membantu kamu belajar bahasa Inggris secara real-time. Kamu bisa bertanya sebanyak yang kamu inginkan dan mendapatkan bimbingan kapan saja.

JenniesSpeak

Apakah kamu adalah salah satu orang yang ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris? Jika iya, JennieSpeak mungkin bisa menjadi jawabannya. JennieSpeak adalah produk lain buatan MASA AI, yang memang sengaja dirancang untuk membantu kamu meningkatkan keterampilan speaking.

Platform ini mampu mendeteksi pengucapan dan intonasi, ritme dan tempo, serta akurasi tata bahasa dan kosa kata, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara penggunanya. JennieSpeak juga akan memulai penggunaannya dengan fokus pada bahasa Inggris, dengan tujuan agar bisa menopang skill-skill lain dapat berekembang. Namun, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat MASA AI juga akan meluncurkan bahasa dan subjek lainnya pada JennieTest dan JennieSpeak.

Beberapa rekomendasi platform AI untuk belajar bahasa inggris

Siapa di antara kamu yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris? Jangan khawatir, karena sekarang sudah ada banyak sekali sumber materi pembelajaran, lho! Salah satunya dengan AI. Pembelajaran dengan AI akan membuat cara kita belajar menjadi lebih variatif, dan tentunya akan menjadi lebih seru. Yuk, simak beberapa rekomendasi platform AI berikut untuk belajar bahasa Inggris.

1. Upscore AI

Upscore AI
Tutor writing AI (UpScore)

Jika kamu sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS, mungkin website upscore.ai bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan kemampuan writing kamu. Situs website ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu kamu meningkatkan nilai skor tes IELTS, khususnya untuk bagian writing.

Dengan AI, nantinya esai yang telah kamu buat akan diperiksa secara menyeluruh dan akan langsung diberikan feedback lengkap disertai dengan saran. Ini pasti akan lebih praktis, karena kamu tidak perlu menunggu reviewer manusia. Yuk, coba sekarang juga!

2. Atomic Learning

Atomic learning AI
Platform tutor listening (Atomic Learning)

Tertarik untuk melatih kemampuan listening? Mungkin kamu bisa mencoba atomiclearning.app. Dengan tampilan yang sederhana, web ini menyediakan audio singkat dengan level normal dan sulit. Kita akan diminta menuliskan setiap kata yang kita dengar, lalu akan di cek oleh sistem.

3. Yoodli AI speech

Untuk kamu yang bingung bagaimana cara melatih speaking, web app.yoodli.ai bisa menjadi tutor online buat kamu. Web ini nantinya akan masuk ke aplikasi video conference untuk mendeteksi percakapan kita.

Web ini juga akan menilai seberapa banyak kita memakai filler words (seperti hmmm dan eh). Kecepatan kita dalam berbicara juga dapat terdeteksi, serta menganalisis keberagaman pilihan kata yang kita gunakan. Kamu juga bisa mendapatkan feedback secara real-time, misalnya saja ketika kita berbicara terlalu cepat, maka web ini akan mengingatkan kita untuk lebih pelan.

Belajar bahasa di MetaNesia

Istilah metaverse akhir-akhir ini banyak digunakan, metaverse sendiri merupakan dunia digital dimana pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas secara virtual di sana. Di dalam metaverse, pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas layaknya di dunia nyata, seperti bermain game, konser, meeting, hingga belajar bahasa.

Tidak hanya AI yang dapat digunakan untuk mempelajari sebuah bahasa, tetapi di metaverse kita juga bisa belajar berbagai bahasa. Sebagai contoh, MetaNesia pernah mengadakan kelas bahasa Jepang dan Korea di dalam Virtual Office MetaNesia. MetaNesia sendiri adalah salah satu perusahaan penyedia layanan metaverse di Indonesia milik Telkom Indonesia.

Dengan berbagai pengalaman, MetaNesia telah membantu banyak perusahaan BUMN maupun swasta dalam menyukseskan acara mereka, melalui ruang virtual metaverse milik MetaNesia. Bergabunglah dengan MetaNesia dalam menyukseskan pemerataan pendidikan melalui dunia virtual MetaNesia.


Itulah pembahasan seputar penggunaan AI untuk belajar bahasa inggris dan beberapa rekomendasi platform yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggrismu. Penasaran dengan berita lain seputar teknologi artificial intelligence (AI)? Yuk, kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi.

Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, blockchain dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Rasakan pengalaman masuk ke dunia metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami sekarang juga!

Bagikan ini: