Inilah 20 Aplikasi VR Terbaik untuk Google Cardboard
Beranda /
Blog /
Inilah 20 Aplikasi VR Terbaik untuk Google Cardboard
5 Januari 2023

Inilah 20 Aplikasi VR Terbaik untuk Google Cardboard

Tren virtual reality semakin berkembang, aplikasi baru mulai bermunculan. Google memperkenalkan headset virtual reality yang diberi nama Google Cardboard. Headset VR yang terjangkau yang bisa kamu gunakan untuk mencoba teknologi VR dan mendapatkan beberapa fitur dasar virtual reality.

Saat ini semua orang dapat mencoba teknologi virtual reality dengan Google Cardboard. Merupakan headset virtual reality DIY paling terjangkau, kompatibel dengan iOS dan Android. Kami telah menemukan dan menguji aplikasi untuk Google Cardboard terbaik, sehingga kamu dapat menemukan dunia virtual yang menakjubkan.

Aplikasi dan game Google Cardboard VR ini tersedia di Google Play dan App Store, jadi jika kamu belum pernah mencoba aplikasi virtual reality apa pun, ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba.

1. Google Street View

virtual reality applications google street view
Source: Google Street View

Google Street View adalah aplikasi VR yang bisa diakses dengan Google Cardboard. Kamu dapat menjelajahi bangunan terkenal di dunia, menemukan keajaiban alam, dan mengunjungi berbagai tempat seperti museum, stadion, restoran, dan usaha kecil dengan Google Street View.

Kamu juga dapat berbagi gambar Street View kamu sendiri dengan pengguna lain. Ambil foto 360 derajat menggunakan kamera smartphone atau hubungkan kamera Street View Ready, lalu tempatkan dan susun gambar di peta menggunakan aplikasi Street View.

2. InCell VR

InCell VR on Steam
Source: InCell

InCell adalah aplikasi cardboard dengan strategi dan biosains. Merupakan aplikasi yang bagus untuk berkenalan dengan pengalaman virtual reality. Kompatibel dengan View-Master, Fibrum, Homido, Lakento, Archos, Durovis dan cardboard lainnya seperti headset VR. Semakin dekat pemahaman struktur sel dan fungsi organel, pemain akan meningkatkan keterampilan mereka dalam biosains.

3. Expeditions

virtual reality applications expeditions
Source:: Expeditions

Expeditions adalah salah satu aplikasi Google Cardboard terbaik untuk Android dan iOS. Merupakan aplikasi cardboard berbasis pendidikan, yang memungkinkan kamu bepergian ke seluruh dunia.

Kamu dapat membenamkan diri dalam lebih dari 200 ekspedisi virtual dan pengalaman menyelam bersama hiu, menjelajahi lautan, menjelajahi hutan, dan berjalan-jalan di sepanjang Tembok Besar China.

4. Within VR

virtual reality applications within
Source: Within VR

Within VR adalah salah satu aplikasi Google Cardboard yang berdasarkan augmented reality dan virtual reality. Kamu dapat menemukan konten VR terbaik yang dibuat oleh pembuat konten VR terkemuka dunia. Aplikasi ini memberi kamu pengalaman imersif mulai dari cerita dongeng yang menawan hingga film dokumenter yang informatif.

5. InMind VR

virtual reality applications inmind
Source: InMind VR

InMind VR adalah salah satu permainan Cardboard paling populer. Ini adalah permainan menembak dengan elemen petualangan di mana pemain melintasi otak pasien untuk mencari neuron yang menyebabkan gangguan mental.

InMind VR juga tersedia untuk pemain yang tidak memiliki headset virtual reality. Aplikasi ini benar-benar gratis tanpa pembelian dalam aplikasi.

6. Apollo 15 Moon Landing VR

virtual reality applications apollo 15
Source: Apollo 15

Aplikasi VR yang dibuat untuk peringatan 45 tahun misi Apollo 15. Pernahkah kamu bermimpi tentang berjalan di Bulan? Sekarang kamu dapat mewujudkan sedikit impian tersebut. Aplikasi ini bertujuan untuk menciptakan kesan realistis pendaratan Apollo 15 di bulan, menggunakan data dan rekaman NASA.

Gunakan headphone untuk merasakan suara Lunar Spaceship. Aplikasi virtual reality ini hanya kompatibel dengan Android.

7. The Star Wars VR

virtual reality applications star wars
Source:: Star Wars VR

Star Wars VR adalah aplikasi yang dibuat untuk para penggemar Star Wars. Aplikasi ini memberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari dunia Star Wars. Aplikasi VR memberikan pemberitahuan secara real-time tentang acara dan berita khusus mengenai Star Wars. Star Wars VR memiliki interface yang dinamis dan fitur interaktif.

8. Relax VR

virtual reality applications relax
Source: Relax

Relax VR adalah salah satu aplikasi Google Cardboard terbaikyang digunakan untuk meditasi. Karena aplikasi ini, kamu dapat membenamkan diri di lokasi yang sempurna dari seluruh dunia dan melupakan kebisingan kehidupan sehari-hari.

Di aplikasi VR ini, kamu dapat menggunakan video 360 beresolusi tinggi dan audio spasial, dipandu dalam melakukan meditasi, atau sekadar mendengarkan musik.

9. Hidden Temple

virtual reality applications temple
Source: Hidden Temple

Jika kamu menyukai game petualangan, aplikasi ini jelas merupakan salah satu aplikasi Google Cardboard yang harus kamu unduh. Petualangannya terjadi di kuil Aztec kuno. Pemain mencari item yang berbeda untuk menemukan ruang tersembunyi dan mengungkap teka-teki yang akan membantu mereka melarikan diri.

10. Discovery VR

virtual reality applications discovery
Source: Discovery

Discovery VR adalah aplikasi membantu kamu menjelajahi dunia dalam virtual reality. Kamu dapat menyimpan video 360 ke daftar putar, mengunduh, dan menikmatinya. Jelajahi semua tempat yang ingin kamu kunjungi dan lihat bagaimana orang hidup di seluruh dunia.

11. GoPro VR

Aplikasi Google Cardboard
Source: GoPro

Ini adalah salah satu aplikasi perangkat Google Cardboard terbaik jika kamu menyukai olahraga ekstrim. Dengan aplikasi VR yang tersedia untuk Android dan iOS (Google Play Store, Apple Store), kamu dapat menonton video 360 derajat atau gambar 3D dan mengikuti aksi para petualang.

Berselancar di ombak yang mengesankan, menabrak lereng bersalju, menyelam bersama hiu, ikut serta dalam reli di padang pasir. Video imersif yang direkam dengan kamera GoPro membuat kamu berdecak kagum karena sensasi yang dirasakan melalui VR.

12. VR Roller Coaster

Aplikasi Google Cardboard
Source: VR Roller Coaster

Ini adalah salah satu aplikasi Google Cardboard yang akan membuat kamu bergidik. Kamu terjun menaiki roller coaster yang mengesankan, dan menikmati sensasi penuh dengan kacamata VR. Aplikasi yang dapat diunduh untuk iOS atau Android ini menawarkan pengalaman singkat namun intens.

13. YouTube VR

Aplikasi Google Cardboard
Source:: YouTube

YouTube menciptakan aplikasi untuk perangkat Google Cardboard yang dapat kamu gunakan untuk menonton video dalam virtual reality. Dilengkapi dengan headset VR, kamu dapat menonton banyak video 3D atau 360° yang singkat namun bervariasi, dengan dimensi baru yang terbuka berkat virtual reality.

14. VRSE

Aplikasi Google Cardboard
Source: VRSE

VRSE adalah salah satu aplikasi untuk perangkat Google Cardboard yang menawarkan video 360 derajat dalam virtual reality.

Disutradarai oleh Chris Milk, penulis video musik dan iklan untuk artis dan merek seperti Nike, Nintendo, U2, The Chemical Brothers, dll. VRSE memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan Google Cardboard.

15. Deep Space Battle VR

Aplikasi Google Cardboard
Source: Deep Space Battle

Deep Space Battle VR adalah salah satu aplikasi virtual reality untuk Google Cardboard. Saat kamu terbang dengan pesawat ulang-alik, kamu akan menghadapi serangan kapal musuh yang datang menemui dengan niat berperang. Headset VR terpasang di kepala, Deep Space Battle VR membenamkan kamu dalam pertempuran luar angkasa seolah-olah sedang berada di sana.

16. Cartoon Village VR

Aplikasi Google Cardboard
Source: Cartoon Village

Cartoon Village juga merupakan salah satu aplikasi Google Cardboard. Sekarang kamu dapat ikut serta dalam perjalanan virtual. Gerakkan kepala (dengan helm terpasang di atasnya) untuk mengubah sudut pandang dan menemukan bangunan baru dan penduduk lokal.

Ini adalah salah satu aplikasi Cardboard VR terbaik jika kamu suka kartun!

17. Lamper VR: Firefly Rescue

Aplikasi Google Cardboard

Mencari lebih banyak game VR iPhone? Aplikasi Lamper VR: Firefly Rescue sangat direkomendasikan. Game VR yang menceritakan tentang serangga kecil yang menjelajahi hutan. Mungkin ini bukan aplikasi yang paling inovatif di antara aplikasi Google Cardboard, tetapi masih menjadi pilihan yang baik sebagai aplikasi VR untuk iPhone.

18. VR Cities

Aplikasi Google Cardboard
Source: VR Cities

Jika kamu mencari aplikasi Cardboard untuk mengunjungi Paris, Berlin, atau kota lainnya, VR Cities layak untuk dicoba. Jumlah kota untuk dikunjungi terus bertambah. Ini adalah salah satu aplikasi Google Cardboard terbaik jika kamu ingin bepergian tanpa harus duduk di sofa.

19. Insidious VR

Aplikasi Google Cardboard
Source: Insidious

Insidious adalah game virtual reality yang menakutkan. Kamu memiliki pemandu menuju lokasi horor yang disebut Elise Rainier. Dia akan mengikutimu ke tempat tergelap. Aplikasi semacam ini berpotensi untuk memberikan pengalaman virtual.

Pastikan kamu berusia 16+ tahun ketika mencobanya, dan hanya memiliki versi Android.

20. Jurassic Dinosaur VR

Aplikasi Google Cardboard
Source:: Jurrasic VR

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, aplikasi Jurassic Dinosaur VR yang legendaris. Aplikasi ini menawarkan kesempatan untuk membenamkan diri ke zaman prasejarah dan mengamati dinosaurus, bahkan terbang di atas makhluk-makhluk ini. Jika kamu pernah bermimpi bertemu Dinosaurus, ini adalah salah satu aplikasi Cardboard yang sangat direkomendasikan untuk diunduh.


Itulah 20 daftar aplikasi untuk Google Cardboard dan alat virtual reality sederhana lainnya. Kunjungi metaNesia untuk mendapatkan informasi lain seputar virtual reality dan teknologi imersif lainnya.