Inilah 20 Aplikasi VR Terbaik untuk Google Cardboard

Inilah 20 Aplikasi VR Terbaik untuk Google Cardboard

Tren virtual reality semakin berkembang, aplikasi baru mulai bermunculan. Google memperkenalkan headset virtual reality yang diberi nama Google Cardboard. Dibanderol dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menggunakan Headset VR ini untuk mencoba game berbasis teknologi VR dan mendapatkan beberapa fitur dasar virtual reality.

Perangkat ini dikembangkan serta dipatenkan atas nama Google, dan dapat digunakan secara gratis oleh publik. Headset virtual reality yang satu ini, menjadi salah satu headset DIY yang paling terjangkau dan kompatibel dengan perangkat iOS dan Android.

Google juga telah menemukan dan menguji beberapa aplikasi terbaik yang dapat digunakan bersama dengan Google Cardboard, sehingga kamu dapat masuk ke dunia virtual yang menakjubkan. Berikut beberapa aplikasi dan game Google Cardboard VR yang dapat kamu coba di Google Play dan App Store.

1. Google Street View

virtual reality applications google street view
Virtual reality applications google street view (RoadtoVR)

Google Street View adalah aplikasi VR yang bisa diakses dengan Google Cardboard. Kamu dapat menjelajahi bangunan terkenal di dunia, menemukan keajaiban alam, dan mengunjungi berbagai tempat seperti museum, stadion, restoran, dan usaha kecil dengan Google Street View.

Kamu juga dapat berbagi gambar Street View milikmu dengan pengguna lain. Caranya dengan mengambil foto 360 derajat menggunakan kamera smartphone atau hubungkan kamera Street View Ready, lalu tempatkan dan susun gambar di peta menggunakan aplikasi Street View.

2. InCell VR

InCell VR on Steam
VR InCell on Steam (Steam)

InCell merupakan aplikasi yang bagus bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman baru terkait virtual reality, terutama untuk meningkatkan keterampilan dalam menyusun strategi dan memahami biosains. Kamu bahkan bisa mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait struktur sel dan fungsi organel pada sel. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa perangkat, seperti View-Master, Fibrum, Homido, Lakento, Archos, Durovis dan headset VR.

3. Expeditions

virtual reality applications expeditions
Virtual Reality applications Expeditions (Jasoren)

Expeditions adalah salah satu aplikasi Google Cardboard terbaik untuk perangkat smartphone Android dan iOS. Dengan berbasis pendidikan, aplikasi cardboard yang satu ini memungkinkan kamu untuk bepergian ke seluruh dunia.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merasakan pengalaman menyelam bersama hiu, menjelajahi lautan, memasuki hutan misterius, dan bahkan berjalan-jalan di sepanjang Tembok Besar China. Lebih dari 200 ekspedisi virtual menunggumu untuk menjelajahi dunia yang menakjubkan.

4. Within VR

virtual reality applications within
Virtual reality applications Within (Jasoren)

Aplikasi Google Cardboard selanjutnya yaitu Within VR. Dengan berbasiskan augmented reality dan virtual reality, kamu dapat menemukan konten VR terbaik buatan kreator VR terkemuka dunia melalui aplikasi ini. Aplikasi ini memberi kamu pengalaman imersif, mulai dari cerita dongeng yang menawan hingga film dokumenter yang informatif.

5. InMind VR

virtual reality applications inmind
Virtual reality applications InMind (Jasoren)

InMind VR adalah salah satu permainan Cardboard paling populer. Ini adalah permainan menembak dengan elemen petualangan, di mana pemain melintasi otak pasien untuk mencari neuron yang menyebabkan gangguan mental.

Jika kamu tidak memiliki headset VR, maka aplikasi ini sangat cocok untuk kamu. InMind VR sengaja dihadirkan untuk memanjakan para pengguna smartphone. Kamu bisa merasakan pengalaman baru terkait virtual reality, dengan menggunakan VR android gratis melalui aplikasi ini.

6. Apollo 15 Moon Landing VR

virtual reality applications apollo 15
Virtual reality applications Apollo 15 (Jasoren)

Pernahkah kamu bermimpi tentang berjalan di Bulan? Sekarang kamu dapat mewujudkan sedikit impian tersebut. Aplikasi VR yang dibuat untuk peringatan 45 tahun misi Apollo 15 ini, bertujuan untuk menciptakan kesan realistis pendaratan Apollo 15 di bulan, menggunakan data dan rekaman NASA.

Gunakan headphone untuk merasakan suara Lunar Spaceship. Aplikasi virtual reality ini hanya kompatibel dengan Android.

7. The Star Wars VR

virtual reality applications star wars
Virtual reality applications Star Wars VR (Jasoren)

Aplikasi VR Star Wars ini memberikan kesempatan bagi para penggemar Star Wars untuk merasakan pengalaman menjadi bagian dari dunia Star Wars. Dengan fitur-fitur istimewa yang disediakan, aplikasi VR ini dapat memberikan pemberitahuan secara real-time tentang acara dan berita khusus mengenai Star Wars. Aplikasi Star Wars VR juga dilengkapi dengan interface yang dinamis dan fitur interaktif lainnya.

8. Relax VR

virtual reality applications relax
Virtual reality applications Relax (Jasoren)

Jika biasanya kamu menggunakan YouTube untuk mendengarkan musik saat bermeditasi, sekarang ada aplikasi baru yang dapat kamu manfaatkan yaitu Relax VR. Relax VR adalah salah satu aplikasi Google Cardboard terbaik yang digunakan untuk bermeditasi.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk membenamkan diri di lokasi yang sempurna dari seluruh dunia dan melupakan kebisingan dari kehidupan sehari-hari. Dalam aplikasi VR ini, kamu dapat menikmati video 360 beresolusi tinggi dan audio spasial yang memukau. Kamu juga dapat dipandu dalam melakukan sesi meditasi atau hanya sekadar mendengarkan musik yang menenangkan.

9. Hidden Temple

virtual reality applications temple
virtual reality applications Hidden Temple (Jasoren)

Jika kamu menyukai game petualangan, maka aplikasi game Google Cardboard ini wajib untuk kamu unduh. Petualangannya terjadi di kuil Aztec kuno, pemain akan mencari item yang berbeda untuk menemukan ruang tersembunyi dan mengungkap teka-teki yang akan membantu mereka melarikan diri.

10. Discovery VR

virtual reality applications discovery
Virtual reality applications Discovery (Jasoren)

Discovery VR merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu menjelajahi dunia dalam virtual reality. Jelajahi semua tempat yang ingin kamu kunjungi dan lihat bagaimana orang hidup di seluruh dunia. Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur untuk menambahkan video 360 ke daftar putar, mengunduh, dan menikmatinya.

11. GoPro VR

Aplikasi Google Cardboard
Virtual reality applications GoPro (Jasoren)

Jika kamu menyukai olahraga ekstrim, ini adalah salah satu aplikasi perangkat Google Cardboard terbaik yang bisa kamu coba. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS, kamu dapat menonton video 360 derajat atau gambar 3D dan mengikuti aksi para petualang hanya dari layar smartphone.

Video imersif yang direkam dengan kamera GoPro membuat kamu berdecak kagum karena sensasi yang dirasakan melalui VR. Kamu bisa merasakan pengalaman berselancar di ombak yang mengesankan, menabrak lereng bersalju, menyelam bersama hiu, ikut serta dalam reli di padang pasir.

12. VR Roller Coaster

Aplikasi Google Cardboard
Virtual reality applications Roller Coaster (Jasoren)

Ini adalah salah satu aplikasi Google Cardboard yang akan membuat kamu bergidik. Kamu terjun menaiki roller coaster yang mengesankan, dan menikmati sensasi penuh dengan kacamata VR. Aplikasi yang dapat diunduh untuk iOS atau Android ini menawarkan pengalaman singkat namun intens.

13. YouTube VR

Aplikasi Google Cardboard
Virtual reality applications YouTube (Jasoren)

YouTube menciptakan aplikasi untuk perangkat Google Cardboard yang dapat kamu gunakan untuk menonton video dalam virtual reality. Dilengkapi dengan headset VR, kamu dapat menonton banyak video 3D atau 360° yang singkat namun bervariasi, dengan dimensi baru yang terbuka berkat virtual reality.

14. VRSE

Aplikasi Google Cardboard
Virtual reality applications VRSE (Jasoren)

VRSE adalah salah satu aplikasi untuk perangkat Google Cardboard yang menawarkan video 360 derajat dalam virtual reality. Dengan aplikasi ini, kamu akan dibawa ke berbagai tempat dan event menarik, seperti menikmati pantai atau berada di New York.

Namun, setiap lokasi yang dituju memiliki konten yang harus diunduh terpisah dan berukuran besar. Jadi, kamu harus memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar jika ingin menggunakan aplikasi ini. VRSE memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan Google Cardboard.

15. Deep Space Battle VR

Aplikasi Google Cardboard
Virtual reality applications Deep Space Battle (Jasoren)

Deep Space Battle VR adalah salah satu aplikasi virtual reality untuk Google Cardboard. Saat kamu terbang dengan pesawat ulang-alik, kamu akan menghadapi serangan kapal musuh yang datang dengan niat berperang. Saat headset VR terpasang di kepala, Deep Space Battle VR membenamkan kamu dalam pertempuran luar angkasa seolah-olah sedang berada di sana.

16. Cartoon Village VR

Aplikasi Google Cardboard
Virtual reality applications Cartoon Village (Jasoren)

Sekarang kamu dapat ikut serta dalam perjalanan virtual dengan aplikasi Cartoon Village dari Google Cardboard. Gerakkan kepala (dengan helm terpasang di atasnya) untuk mengubah sudut pandang dan menemukan bangunan baru dan penduduk lokal. Ini bisa menjadi salah satu aplikasi Cardboard VR terbaik jika kamu menyukai kartun!

17. Lamper VR: Firefly Rescue

Virtual reality applications Lamper (Jasoren)

Mencari lebih banyak game VR iPhone? Aplikasi Lamper VR: Firefly Rescue sangat direkomendasikan. Game VR ini menceritakan tentang kisah serangga kecil yang menjelajahi hutan. Mungkin ini bukan aplikasi yang paling inovatif di antara aplikasi Google Cardboard lainnya, tetapi masih menjadi pilihan yang baik sebagai aplikasi VR untuk iPhone.

18. VR Cities

Aplikasi Google Cardboard
VR Cities (Jasoren)

Jika kamu mencari aplikasi Cardboard untuk mengunjungi Paris, Berlin, atau kota lainnya, VR Cities layak untuk dicoba. Jumlah kota untuk dikunjungi terus bertambah. Ini adalah salah satu aplikasi Google Cardboard terbaik jika kamu ingin bepergian tanpa harus duduk di sofa.

19. Insidious VR

Aplikasi Google Cardboard
Insidious (Jasoren)

Game virtual reality Insidious ini terkenal menakutkan. Kamu akan ditemani seorang pemandu untuk menuju lokasi horor yang disebut Elise Rainier. Dia akan mengikutimu ke tempat tergelap.

Aplikasi semacam ini berpotensi untuk memberikan pengalaman virtual yang menarik. Pastikan kamu berusia 16+ tahun ketika mencobanya, aplikasi ini hanya tersedia dalam versi VR Android.

20. Jurassic Dinosaur VR

Aplikasi Google Cardboard
Jurrasic VR (Jasoren)

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, aplikasi Jurassic Dinosaur VR yang legendaris. Aplikasi ini menawarkan kesempatan untuk membenamkan diri ke zaman prasejarah dan mengamati dinosaurus, bahkan terbang di atas makhluk-makhluk ini. Jika kamu pernah bermimpi bertemu Dinosaurus, ini adalah salah satu aplikasi Cardboard yang sangat direkomendasikan untuk diunduh.


Itulah 20 daftar aplikasi untuk Google Cardboard dan alat virtual reality sederhana lainnya. Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi lain seputar virtual reality dan teknologi imersif lainnya.

Apabila tertarik untuk membuat produk digital berbasis virtual reality dan menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp dan berkonsultasi secara gratis.

Tertarik ingin mencoba pengalaman di dunia virtual? Ayo segera mengunduh platform metaverse kami dengan menggunakan aplikasi MetaNesia yang tersedia di website kami!

Bagikan ini: