Aplikasi SeeSignal untuk Meta Quest dapat Memvisualisasikan Sinyal Wi-Fi Kamu!

Aplikasi SeeSignal untuk Meta Quest dapat Memvisualisasikan Sinyal Wi-Fi Kamu!

Aplikasi SeeSignal untuk Meta Quest
Ilustrasi penggunaan aplikasi SeeSignal untuk Meta Quest (BadVR)

Headset virtual reality untuk konsumen yang dirilis oleh Meta khususnya Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro tidak dipungkiri menjadi salah satu headset VR terlaris saat ini. Selain karena memiliki performa dan kemampuan yang tinggi, kedua headset andalan Meta tersebut juga populer akibat dukungan software dan aplikasi untuk headset tersebut.

Tidak hanya jumlahnya yang banyak, aplikasi ataupun perangkat lunak yang dibuat untuk headset Meta Quest seringkali juga memiliki berbagai fungsi yang sangat berguna. Sehingga, dengan platform Meta Quest, penggunanya dapat benar-benar menggunakan headset tersebut dalam membantu kehidupan sehari-hari mereka.

Salah satu aplikasi yang tergolong unik yaitu bernama See Signal yang dirilis oleh BadVR. Aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sangat tidak umum karena kemampuannya untuk memvisualisasikan jaringan sinyal yang ada pada suatu ruangan. Salah satu contoh sinyal yang dapat divisualisasikan See Signal yaitu sambungan Wi-Fi.

Penasaran dengan aplikasi See Signal yang memiliki fitur menarik ini? Yuk, simak informasi selengkapnya pada artikel ini!

Aplikasi XR Canggih yang Tersedia untuk Meta Quest 2 dan Meta Quest Pro!

Meta Quest Logo
Ilustrasi logo Meta Quest (Wikimedia Commons)

BadVR sebagai kreator dari aplikasi unik ini menyatakan bahwa mereka memanfaatkan kemampuan teknologi XR yang terdapat pada Quest 2 dan Quest Pro. Sehingga harapannya, aplikasi See Signal dapat berguna untuk para penggunanya serta menawarkan pengalaman XR yang lebih jauh lagi.

Dengan aplikasi See Signal ini, nantinya para pengguna dapat melihat keadaan disekitar mereka melalui tampilan via passthrough headset VR mereka yang telah diaugmentasikan. Pada Meta Quest 2, kapabiltas aplikasi ini terbatas pada representasi gambar sekitar pengguna dalam warna hitam putih yang juga cukup grainy.

Namun, untuk para pengguna headset flagship Meta yaitu Meta Quest Pro, mereka dapat menikmati pengalaman penuh yang ditawarkan oleh aplikasi See Signal buatan BadVR ini. Pengalaman yang dimaksud tersebut yaitu tampilan gambar yang berwarna dan jauh lebih baik. Selain itu, untuk Quest Pro juga akan terdapat overlay yang ditampilkan aplikasi ini.

Periksa Sinyal Wi-Fi Kamu Secara Akurat dengan Aplikasi See Signal!

SeeSignal overlay
Tampilan overlay yang ada di SeeSignal (Mixed-News)

Aplikasi See Signal didesaion oleh BadVR dengan berorientasi pada visualisasi data yang ciamik dengan kemampuan MR headset Meta Quest sebagai medianya. Dengan menggunakan See Signal, Kamu dapat melihat sinyal Wi-Fi dalam suatu ruangan secara langsung melalui visualisasi yang dihasilkan.

Visualisasi sinyal yang mampu ditampilkan oleh aplikasi ini sendiri akan terlihat sebagai representasi statis berupa garis putus-putus ataupun berbentuk bars vertikal. Dalam See Signal sendiri, apabila suatu sinyal memiliki koneksi yang kuat maka akan digambarkan sebagai bars berwarna hijau, abu-abu untuk koneksi sedang dan merah untuk koneksi buruk.

Aplikasi ini menggunakan gestur tangan untuk berinteraksi dengan berbagai tampilan yang dilihat oleh penggunanya. Interaksi tersebut yaitu untuk mengubah tampilan representasi dari suatu sinyal. Dalam See Signal, pengguna dapat melihat visualisasi sederhana dari suatu sinyal ataupun menyentuhnya untuk menampilkan informasi yang lebih detil.

Visualisasi lebih dalam yang ditawarkan oleh See Signal yaitu informasi yang bersifat lebih spesifik dari suatu sinyal yang ada. Informasi tersebut meliputi kekuatan sinyal termasuk GHz band yang digunakan dan nilai dBm pada suatu tempat di ruangan tersebut. Serta, terdapat tanda panah yang menunjukkan arah dari sumber datangnya sinyal tersebut.

Aplikasi SeeSignal Memiliki Fungsi yang Dapat Berguna di Kehidupan Sehari-hari

Aplikasi SeeSignal untuk Meta Quest
Ilustrasi penggunaan SeeSignal (BadVR)

Versi terbaru dari aplikasi See Signal saat ini masih belum sempurna dan hanya menghadirkan fitur-fitur dasar saja. Meskipun demikian, pada kenyataannya aplikasi buatan BadVR ini tetap menawarkan banyak manfaat. Terlebih apabila dibandingkan dengan aplikasi serupa terutama yang tersedia di smartphone, SeeSignal berfungsi dengan jauh lebih efisien.

Efisiensi yang dimaksud dalam penggunaan aplikasi ini yaitu karena dengan SeeSignal, pengguna dapat tetap selalu memantau kondisi sinyal yang ada diruangan tersebut. Pengguna selama menggunakan aplikasi ini juga tetap dapat melakukan aktifitas lainnya karena membutuhkan gerakan tangan sebagai input yang minimal.

Beberapa fungsi penting SeeSignal dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk mengatasi ketika terjadi gangguan pada koneksi seperti antara router dengan perangkat pintar pengguna. Karena, SeeSignal mampu untuk mendeteksi area mana saja yang memiliki jangkauan sinyal paling lemah hingga paling kuat.

Manfaat lainnya yang ditawarkan aplikasi ini yaitu ketika penggunanya ingin mendesain lokasi furnitur suatu ruangan. Sebagai contoh, ketika pengguna ingin mengatur tata letak ruangan kantornya, meja kerja dapat diletakkan pada area dengan koneksi paling baik di ruangan tersebut. Sehingga, komputer atau perangkat lainnya dapat tetap berjalan lancar.

Aplikasi SeeSignal untuk Meta Quest Dapat Menjadi Pelopor Teknologi Mixed Reality untuk Masa Depan!

Logo BadVR
Logo resmi BadVR, kreator dari aplikasi SeeSignal (BadVR)

Seperti yang telah dibahas sekilas pada bagian sebelumnya, saat ini semakin banyak konsumen yang menginginkan headset VR yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga, aplikasi seperti SeeSignal ini dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan keinginan konsumen tersebut. Terlebih, aplikasi serupa juga dapat mempercepat perkembangan XR.

Berdasarkan perkembagan dunia extended reality saat ini, dapat diprediksi, overlay yang dapat ditampilkan pada headset XR yang berisi informasi penting adalah gambaran masa depan XR. Nilai lebih dari penggunaan aplikasi XR untuk kehidupan sehari-hari yaitu aksesibilitas informasi yang ditampilkan terutama dari segi kecepatan dan dapat digunakan secara intuitif.

Aplikasi SeeSignal dari BadVR ini apabila bertumpu pada informasi diatas dapat dikatakan sudah menuju kearah tersebut. Terlebih, mengingat saat ini pengalaman XR terbaik terutama untuk Meta Quest masih terbatas pada video game VR saja. Harapannya, dengan adanya aplikasi seperti SeeSignal, kedepannya semakin banyak kreator yang membuat aplikasi serupa.

Sehingga, dengan adanya aplikasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari seperti ini, teknologi XR lebih dapat diterima oleh masyarakat sekaligus memiliki daya tarik yang lebih kuat.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk menemukan artikel lainnya!

Bagikan ini: