Menggabungkan AR dan Permainan Edukatif, Sebuah Inovasi Baru dalam Pembelajaran

Menggabungkan AR dan Permainan Edukatif, Sebuah Inovasi Baru dalam Pembelajaran

Beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satu disiplin ilmu yang sedang mengalami transisi yang mendalam adalah pendidikan dan penggunaan teknologi, khususnya Augmented Reality (AR) dan permainan edukatif.

AR dan permainan edukatif telah muncul sebagai titik fokus dalam inovasi pendidikan saat ini. Integrasi augmented reality dengan game edukasi memungkinkan pendekatan metode belajar yang lebih menarik dan dinamis. Inovasi ini tidak hanya dapat meningkatkan partisipasi anak, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar mereka.

Apa Itu Teknologi Augmented Reality?

ar dan permainan edukatif
AR Technology (Flickr)

Istilah Augmented Reality (AR) mengacu pada teknologi yang menggabungkan elemen-elemen yang dihasilkan komputer dengan lingkungan nyata. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggabungkan lingkungan nyata ke dalam “latar belakang” sebuah game atau aplikasi. Kemudian ditambahkan fitur yang dibuat secara digital yang berinteraksi dengan lingkungan dunia nyata, termasuk objek atau hamparan digital.

Program AR menggunakan berbagai alat, termasuk sarung tangan, helm, dan perangkat portabel seperti tablet dan smartphone. Berbeda dengan augmented reality, Virtual Reality (VR) menghasilkan perpaduan lingkungan fisik dan konstruksi digital.

Contoh penerapan teknologi augmented reality yang populer saat ini ada filter media sosial, yang menampilkan efek kartun ke atas gambar diri sendiri. Lalu, bagaimana penerapan teknologi augmented reality dalam pembelajaran? Simak penjelasannya pada artikel berikut!

Pengenalan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran

Augmented reality sandbox (Flickr)

Seiring dengan berkembangnya teknologi augmented reality, berbagai institusi pendidikan dan guru mulai menerapkannya pada metode belajar mereka. Guru dapat memanfaatkan aplikasi augmented reality di dalam kelas untuk menghidupkan flashcard belajar dan buku teks sains sebagai media pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi para anak.

Augmented reality menawarkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan realistis dalam konteks media pembelajaran. Selain berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, anak juga secara pasif menyerap pengetahuan.

Sebagai contoh, anak dapat melihat objek 3 dimensi, diagram, atau model yang tampak nyata di hadapan mereka berkat teknologi augmented reality pada smartphone. Pembelajaran jarak jauh atau mandiri dapat mengambil manfaat dari penggunaan augmented reality sebagai media pembelajaran.

Dengan kemampuan untuk mengakses konten augmented reality dari lokasi mana pun, anak memiliki lebih banyak pilihan untuk eksplorasi dan belajar mandiri. Selain itu, hal ini dapat membantu dalam mengembangkan lingkungan belajar yang inklusif di mana berbagai preferensi pembelajaran dapat didukung.

Manfaat Teknologi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran

AR anatomy (Wikimedia Commons)

Penggunaan teknologi AR dalam materi edukasi untuk anak-anak menawarkan banyak manfaat. Anak-anak dapat mempunyai pengalaman belajar yang menyenangkan, serta menumbuhkan partisipasi dan meningkatkan pemahaman mereka tentang lingkungan sekitar. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan teknologi AR sebagai media pembelajaran:

Meningkatkan imajinasi dan kreatifitas

Dengan mengintegrasikan aspek digital ke dalam dunia nyata, AR dapat menangkap imajinasi anak-anak. Kreativitas mereka dipicu oleh kemampuan untuk membuat benda-benda tiga dimensi, membangun dunia virtual, atau bahkan berinteraksi dengan karakter dalam cerita.

Keterlibatan interaktif

Anak-anak biasanya belajar lebih baik melalui metode interaksi. Melalui aplikasi AR, mereka dapat menjelajahi item, terlibat dalam aktivitas interaktif, dan berinteraksi langsung dengan konten pelajaran. Hal ini mendorong partisipasi dan memperkuat pemahaman mereka.

Visualisasi

Anak-anak seringkali akan lebih responsif terhadap visual. Teknologi AR memungkinkan anak-anak untuk melihat konsep-konsep dalam bentuk gambar tiga dimensi yang mudah dipahami. Misalnya, dalam pelajaran sains, mereka dapat melihat struktur planet, sel, atau ekosistem dengan cara yang lebih realistis.

Pengalaman belajar yang menyenangkan

Anak-anak lebih cenderung belajar jika pengalamannya menyenangkan. Teknologi AR membuat belajar lebih menyenangkan dengan menambahkan rasa bermain. Mereka dapat “bermain” dengan informasi, objek tiga dimensi, atau karakter interaktif untuk membuat belajar lebih menarik.

Daftar Game Edukasi Berbasis Augmented Reality

Selain memanfaatkan AR sebagai media pembelajaran, anak juga dapat memainkan game edukasi berbasis teknologi AR untuk menunjang pembelajaran mandiri. Berikut daftar aplikasi-aplikasi tersebut:

3DBear

3DBear adalah aplikasi virtual reality untuk pendidikan dan dapat digunakan dalam berbagai jenis kelas dan topik. Anak dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan keterampilan lainnya berkat aplikasi ini.

Aplikasi ini menyediakan beberapa fitur untuk bercerita secara tekstual dan visual yang membuat belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store dan App Store.

Human Anatomy Atlas

Dengan bermain Human Anatomy Atlas, kita dapat melihat seluruh tubuh manusia dalam bentuk 3D, seperti buku teks yang imersif. Dengan lebih dari 10.000 model anatomi, anak dapat belajar dengan cara yang lebih menarik. Terdapat deskripsi untuk model-model ini dalam tujuh bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Inggris, dan kamu dapat mengunduhnya di App Store.

Quiver

Dengan teknologi AR, aplikasi mewarnai 3D Quiver dapat menghidupkan gambar. Kamu harus mengunduh dan mencetak halaman mewarnai dari situs Quiver untuk dapat menggunakannya. Setiap ilustrasi memiliki kode QR yang berbeda.

Setelah kamu memindainya, aplikasi ini menggunakan augmented reality untuk membuat versi virtual 3D dari gambar yang bisa diwarnai oleh anak-anak. Ilustrasi lingkaran, misalnya, bisa berubah menjadi bola.

Setiap halaman mewarnai di Quiver memiliki animasi yang berbeda. Aplikasi ini menawarkan berbagai paket mewarnai, mulai dari ABC yang sederhana hingga matematika dan geografi.


Itu dia pemaparan mengenai teknologi AR dan permainan edukatif. Suka dengan informasi mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya? Yuk kunjungi blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: