AR Smart Data Capture: Pengambilan Data dengan Cara Baru

AR Smart Data Capture: Pengambilan Data dengan Cara Baru

AR smart data capture
Smart data capture mobile (Scandit)

Di dunia yang serba digital saat ini, data memainkan peran yang sangat penting. Data dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang sangat berharga dan mencakup berbagai aspek kehidupan manusia.

Dalam dunia bisnis, data bisa menjadi kunci untuk menganalisis perkembangan pasar, mendukung pengambilan keputusan, dan evaluasi kinerja bisnis. Namun, apa jadinya jika data tersebut diambil dengan teknologi AR? Sebelum membahasnya lebih jauh, mari kita simak pengertian dari data capture berikut.

Mengenal data capture dan perannya

Visualisasi data real-time
Data captured (Fieldcode)

Data capture adalah proses pengambilan data secara otomatis dari berbagai sumber, seperti kertas atau dokumen elektronik, gambar, video, email, hasil survei, dan informasi lainnya. Sederhananya, data capture dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam memasukan data ke dalam sebuah sistem.

Dengan smart data capture, kita tidak lagi memerlukan ruangan fisik khusus untuk menyimpan lembaran-lembaran data. Bahkan, kamu bisa mengakses data tersebut kapan saja melalui akses khusus yang akan diberikan jika kamu memiliki kepentingan.

Kelebihan lain dari smart data capture yaitu pemeliharaannya yang lebih sederhana dan memiliki fitur real-time data capture. Lalu, bagaimana metode dan penerapan data capture? Simak penjelasan berikut!

Metode dan penerapan data capture

Dengan bantuan teknologi, mengcapture data menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa metode dan penerapan data capture yang perlu kamu ketahui.

1. Automated data capture

OCR smart data capture
Automated OCR data capture (Docsumo)

Dalam penggunaanya, metode automated data capture menggunakan cara otomatis dengan risiko error yang lebih minim. Beberapa teknologi yang digunakan dalam automated data capture diantaranya yaitu Optical Character Recognition (OCR), Intelligent Character Recognition (ICR), dan Intelligent Document Recognition (IDR).

  • Optical Character Recognition (OCR): Teknologi OCR digunakan untuk mengenali dan mengekstrak teks dari gambar atau dokumen fisik. OCR memungkinkan konversi teks dari dokumen fisik, seperti surat atau faktur, menjadi format digital yang dapat diproses oleh komputer. Contohnya, pada pembuatan kartu kredit, data dari formulir dapat diambil secara otomatis menggunakan OCR.
  • Intelligent Character Recognition (ICR): ICR merupakan teknologi yang lebih canggih dari OCR karena dapat mengenali tulisan tangan manusia dan mengubahnya menjadi teks yang dapat diolah oleh komputer. ICR digunakan untuk mengenali dan memproses data seperti kode bar, alamat, atau catatan medis yang ditulis tangan.
  • Intelligent Document Recognition (IDR): Teknologi IDR digunakan untuk mengenali dan memproses data dari berbagai jenis dokumen, termasuk invoice, formulir, atau dokumen lain yang digunakan dalam customer service atau mailroom. IDR memungkinkan data diambil dan diproses secara otomatis tanpa perlu intervensi manusia.

2. Digital signature

digital signature
Digital signatures (GlobalSign)

Tanda tangan digital memiliki keabsahan yang setara dengan tanda tangan tulisan tangan. Penggunaan metode ini memungkinkan proses approval dan legalisasi dokumen menjadi lebih cepat dan efisien. Di lingkungan perkantoran, digital signature menjadi hal yang sangat penting untuk mempercepat proses perizinan.

3. Video/image capture

AR smart data capture image
Screen capture (Soda PDF)

Metode video atau image capture biasanya menggunakan teknologi AI untuk mengidentifikasi dan mengekstrak individu dari video atau gambar. Penggunaan video atau image capture biasa kita lihat pada berbagai sistem keamanan yang menggunakan CCTV dan face recognition. Teknologi ini memungkinkan pengenalan wajah individu secara akurat untuk tujuan pengawasan dan keamanan.

Selain itu, video atau image capture juga digunakan dalam pengembangan teknologi Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR). Dengan menggunakan gambar atau video dari dunia nyata, teknologi ini menciptakan pengalaman interaktif yang menarik bagi pengguna. Salam halnya dengan industri film,metode ini sama pentingnya, terutama dalam pembuatan film dalam format 3D.

Penerapan AR smart data capture

Visualisasi data
Visualisasi data (Binar Academy)

Penggunaan augmented reality (AR) pada smart data capture dapat memberikan nilai tambah dan efisiensi dalam proses pengambilan data. AR dapat digunakan dalam beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman dan akurasi dalam mengcapture data, terutama ketika terjadi interaksi antara dunia fisik dan digital. Berikut beberapa contoh penggunaan AR pada smart data capture:

  1. Visualisasi data capture: AR dapat digunakan untuk memvisualisasikan data yang akan diambil secara fisik. Misalnya, seorang operator bisa melihat data yang akan di-capture terproyeksi di atas objek fisik menggunakan headset AR. Hal ini memudahkan operator untuk mengidentifikasi dan mengambil data yang sesuai dengan cepat.
  2. Pengenalan karakter otomatis: AR dapat digunakan untuk mempercepat proses pengenalan karakter dalam dokumen fisik menggunakan teknologi OCR atau ICR. Misalnya, dengan mengarahkan kamera smartphone ke dokumen, AR dapat membantu mengenali teks dari dokumen dan mengubahnya menjadi format digital dengan akurasi tinggi.
  3. Simulasi pengambilan data: AR dapat digunakan untuk mensimulasikan proses pengambilan data secara interaktif. Hal ini memungkinkan pelatihan operator dalam penggunaan teknologi smart data capture dengan benar sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pekerjaan mereka.
  4. Real-time data capture: Dengan AR, data dapat diambil secara real-time dan diintegrasikan langsung ke dalam sistem digital. Misalnya, dalam pekerjaan perawatan fasilitas, AR dapat digunakan untuk mengambil data dari sensor dan perangkat yang terpasang di lokasi secara langsung.

Mengapa smart data capture menjadi penting?

Bagi sebagian orang, smart data capture hampir sama dengan proses entri data. Namun, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Dalam hal ini, smart data capture muncul sebagai solusi praktis dari proses entri data manual.

Bagi perusahaan yang terbebani dengan pekerjaan entri data manual, mungkin smart data capture bisa menjadi pilihan, karena mampu meningkatkan efektivitas biaya dan waktu. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan smart data capture:

1. Smart data capture untuk karyawan

smart data capture mobile
Smart data capture mobile (Scandit)

Dengan smart data capture, para karyawan tidak perlu lagi melakukan pekerjaannya secara manual dan berulang-ulang. Hanya dengan satu perangkat pintar, mereka bisa melakukan tugas operasional yang banyak dan beragam.

Bahkan saat terjadi krisis, karyawan bisa membuat keputusan menjadi lebih cepat dan akurat, melalui real time data. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan karyawan, sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan.

2. Smart data capture untuk pelanggan

Smart data capture retail
Mobile scanning for retail store (Scandit)

Dengan membawa lingkungan digital ke dalam lingkungan fisik, pelanggan bisa merasakan pengalaman terhubung yang berbeda. Keuntungan memanfaatkan smart data capture bagi para pelanggan salah satunya yaitu memungkinkan pelanggan untuk melakukan layanan mandiri. Misalnya, para pelanggan tidak perlu melewati antrean saat melakukan check-in atau pembayaran.

3. Smart data capture untuk bisnis

Smart data capture solution
Smart data capture solution (Scandit)

Bisnis dapat memanfaatkan smart data capture dan proses end-to-end sebagai solusi masa depan untuk mengurangi biaya, waktu, dan human eror. Dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada, perangkat berbiaya rendah atau yang dimiliki oleh pekerja dapat diubah menjadi alat berperforma tinggi. Ini memungkinkan skalabilitas operasi yang cepat tanpa memerlukan investasi besar.

Selain itu, dengan mengintegrasikan kecerdasan dalam proses pengambilan keputusan, data dari berbagai sumber dan lokasi dapat digabungkan dan diproses untuk meningkatkan efisiensi. Pendekatan ini mendukung setiap tahap transformasi digital dan memberikan platform untuk inovasi berkelanjutan dalam bisnis.


Itulah pembahasan seputar manfaat dan penerapan AR smart data capture pada berbagai kehidupan manusia. Penasaran dengan berita lain seputar teknologi augmented reality dan virtual reality? Kunjungi blog MetaNesia untuk mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi.

Apabila tertarik untuk menggunakan layanan virtual reality, augmented reality, blockchain dan metaverse segera bergabung bersama MetaNesia. Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. 

Coba pengalaman masuk ke dunia metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami sekarang juga!

Bagikan ini: