Kenalan Dengan Aria, Asisten AI Opera Berbasis OpenAI

Kenalan Dengan Aria, Asisten AI Opera Berbasis OpenAI

Kecerdasan buatan atau AI memang menjadi tren yang tidak bisa dipungkiri popularitasnya. Perusahaan teknologi berlomba-lomba menyediakan layanan AI generatif pada produk mereka. Bulan lalu, multi-platform web browser Opera juga ikut andil dalam tren ini dan meluncurkan Aria, asisten browser berbasis ChatGPT. Pengguna bisa mencoba asisten browser ini dengan mengunduh Opera One versi terbaru untuk PC dan Android.

Selengkapnya tentang Aria – Asisten AI Opera

Kenalan Dengan Aria, Asisten AI Opera Berbasis OpenAI
black flat screen monitor on table (Panos Sakalakis/unsplash)

Aria adalah layanan AI generatif gratis yang didasari oleh beberapa model bahasa besar, seperti Generative Pre-trained Transformer dari OpenAI. Opera One menggunakan artificial intelligence dan model bahasanya untuk memahami pertanyaan pengguna, melakukan pemrosesan dan merespon dengan bahasa yang natural.

Adanya AI Aria di Opera One versi terbaru dapat memberikan informasi pada pengguna dengan mudah. Bahkan, bisa membantu menulis teks atau kode.

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Aria?

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Aria?
Screen with browsers on Desktop: Microsoft Edge, Firefox, Google Chrome, Opera-Browser and Brave (Denny Müller/unsplash)

Menyediakan layanan AI generatif yang mudah digunakan merupakan tujuan dari Opera. Teknologi kecerdasan buatan pada Opera One ini ditunjukkan untuk memudahkan kegiatan berselancar di Internet. Caranya pun mudah, cukup menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari untuk menemukan informasi dari dunia maya.

AI akan memberikan jawaban, seringkali dengan mengumpulkan informasi secara efisien dari berbagai sumber online. Selain itu, pengguna dapat meminta Aria untuk membantu menulis teks atau kode, email, tweet, postingan media sosial, atau jenis teks lainnya.

Teks yang diminta dapat dibuat dengan gaya apa pun yang kamu inginkan, seperti formal, informal, atau lucu. Dengan Aria, pengguna bisa lebih cepat memahami konten web dengan memintanya dipersingkat atau diringkas. Selain itu, saat mengerjakan sesuatu yang istimewa, pengguna dapat meminta Aria untuk menghasilkan ide, menemukan sinonim dan analogi, atau menyempurnakan konsep.

Pengguna bisa bertanya apa saja, misalnya:

  • Bisakah kamu membandingkan tujuan perjalanan paling populer?
  • Apa semua langkah yang diperlukan untuk merencanakan perjalanan ke Swedia?
  • Tunjukkan kepada saya resep yang mudah dan cepat untuk membuat pizza
  • Apa yang bisa saya masak dengan 100g spageti dan 2 kentang?
  • Rencanakan rutinitas olah raga yang menyenangkan untuk orang yang malas

Bagaimana cara mulai menggunakan Aria?

Bagaimana cara mulai menggunakan Aria?
grayscale photo of person using MacBook (Sergey Zolkin/unsplash)

Untuk memulai obrolan dengan Aria, pengguna harus masuk dengan akun Opera. Jika pengguna tidak memiliki akun Opera sebelumnya atau tidak dalam keadaan log in, pengguna akan dialihkan ke halaman pendaftaran saat memasuki ruang chat.

Opera untuk Android

Di Opera untuk Android, cukup ketuk Aria browser AI di menu utama dan pengguna akan dibawa ke ruang chat.

Peramban Opera untuk desktop

Di Opera Browser di desktop, klik ikon Aria browser AI di sidebar sebelah kiri dan ruang chat akan ditampilkan.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan AI Aria

Sampai saat ini pun, teknologi kecerdasan buatan masih terus dikembangkan. Oleh karena itu, penggunaan Aria pun memiliki kekurangannya tersendiri. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Aria bisa saja menyajikan konten yang berbahaya atau bias terhadap hal tertentu. Hal ini dikarenakan data untuk melatih AI dan algoritmanya bisa saja mengandung bias.
  • Aria bisa saja memberikan informasi yang salah, menyesatkan, atau keliru. Karena Aria tidak memiliki kemampuan untuk mengecek fakta dari informasi.
  • Aria tidak memiliki akses ke data browser atau peramban, di luar dari data yang dimasukkan pengguna melalui kolom input.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan Aria ataupun chatbot berbasis AI lainnya. Apa kamu tertarik mencobanya?


Itulah artikel mengenai fitur kecerdasan buatan asisten AI browser Opera. Ingin mencoba menggunakan virtual reality, augmented reality atau metaverse untuk bisnis? Hubungi MetaNesia dan dapatkan konsultasi gratis dengan tim kami.

MetaNesia merupakan platform metaverse pertama di Indonesia yang juga merupakan bagian dari Telkom Indonesia. Anda juga bisa merasakan keseruan masuk ke dalam dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia. Yuk unduh hari ini, jangan sampai ketinggalan keseruannya!

Bagikan ini: