Atasi Batasan Akses Internet dengan Keefektivan MiFi

Atasi Batasan Akses Internet dengan Keefektivan MiFi

MiFi
Perangkat MiFi (flickr)

MiFi adalah Wi-Fi portable praktis yang dapat dibawa kemana-mana. MiFi berfungsi untuk membagikan jaringan secara wireless dengan menggunakan sinyal seluler. Keefektivan MiFi mulai menarik perhatian pengguna perangkat elektronik.

Wi-Fi sendiri adalah teknologi jaringan nirkabel yang dapat menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi. Wi-Fi menggunakan gelombang radio dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz. Perangkat harus berada dalam satu titik akses agar dapat terhubung ke internet/Wi-Fi yang sama.

Cara kerja MiFi

MiFi merupakan perangkat portable bertenaga baterai yang dapat membuat jaringan nirkabel menggunakan tethering atau telepon sebagai modem. Bila WiFi perlu menggunakan kabel router agar tersambung dengan internet, MiFi hanya perlu memasukkan kartu SIM dan menggunakan layanan data seluler. 

Cara kerja MiFi mirip dengan smartphone yang mengaktifkan fitur tethering. Namun, MiFi tidak memiliki fitur seperti smartphone. MiFi hanya sebuah perangkat yang memberikan jaringan internet kepada berbagai perangkat.

Keefektivan MiFi memberikan solusi yang tepat untuk orang yang suka bepergian. Jika sering beraktivitas diluar dan membutuhkan koneksi internet saat bepergian, maka MiFi adalah solusi yang tepat. 

Perbedaan Wi-Fi dan MiFi

Walaupun mirip, namun keduanya berbeda. Terdapat perbedaan antara Wi-Fi dan MiFi, antara lain:

Perangkat

Wi-Fi menggunakan teknologi jaringan nirkabel. Sedangkan MiFi merupakan perangkat portabel yang berfungsi sebagai Wi-Fi bergerak dan mirip seperti tethering perangkat seluler.

Penggunaan

Untuk menggunakan Wi-Fi, diperlukan router Wi-Fi yang terhubung ke sumber internet, seperti koneksi broadband dari penyedia layanan internet. Untuk menggunakan MiFi, diperlukan slot untuk kartu SIM yang dapat memasukkan kartu SIM ke perangkat MiFi.  Agar mendapatkan akses internet, pengguna harus membeli paket data seluler.

Jaringan

Wi-Fi digunakan untuk menciptakan WLAN melalui ISP. Sedangkan MiFi menggunakan jaringan 5G, 4G, dan LTE, seperti sinyal pada perangkat seluler.

Lokasi

Perangkat yang menggunakan Wi-Fi harus berada di suatu tempat yang sama. Penggunaan Wi-Fi terbatas dan hanya dapat digunakan di satu tempat. 

MiFi dapat digunakan dimanapun, selama perangkat MiFi tetap dibawa. MiFi dapat dibawa sambil bepergian dan dapat digunakan oleh perangkat seluler yang masih berada di cakupan jangkauan perangkat MiFi tersebut. Keefektivan MiFi menjadikan MiFi sebagai sumber koneksi internet oleh pengguna yang suka bepergian.

Keefektivan MiFi

Koneksi internet
Koneksi internet (pixabay)

MiFi dapat menjadi solusi yang efektif untuk mendapatkan akses internet yang praktis. Dengan menggunakan satu MiFi, MiFi dapat menghubungkan 5-10 gawai ke internet. Pengguna dapat berbagi koneksi internet sehingga lebih menghemat biaya daripada setiap perangkat menggunakan koneksi data seluler masing-masing.

MiFi mendapat koneksi internet di mana saja. Paket MiFi juga lebih fleksibel daripada paket data ponsel dikarenakan dapat dipakai dengan lebih dari 1 perangkat. Pengguna dapat menggunakannya saat bepergian, di luar ruangan, atau ketika membutuhkan koneksi internet di tempat-tempat yang tidak memiliki Wi-Fi sehingga menambah keefektivan MiFi.

Perangkat MiFi berbentuk kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Jaringan MiFi pun lebih cepat daripada hotspot tethering dari ponsel. Perangkat MiFi memiliki baterai yang tahan lama dibandingkan menggunakan baterai ponsel.

Kekurangan MiFi

Namun, MiFi juga memiliki kekurangan. Meskipun dapat menyambungkan ke banyak perangkat, namun semakin banyak perangkat yang terhubung maka kecepatan internetnya akan berkurang. Baterai perangkat juga akan lebih cepat habis karena memakan daya baterai.

Kecepatan koneksi internet juga tergantung pada kekuatan sinyal. Jika berada di daerah dengan sinyal yang lemah, koneksi internet dapat menjadi lambat atau tidak stabil. Keefektivan MiFi tidak dapat dirasakan jika terdapat gangguan jaringan yang mempengaruhi koneksi internet.

Sebagian besar paket data MiFi memiliki batasan kuota data bulanan. Jika penggunaan melebihi kuota, kecepatan koneksi internet akan melemah atau dikenakan biaya tambahan. Perlu memperhatikan penggunaan data agar tidak melebihi kuota yang disediakan.

Saat mempertimbangkan untuk menggunakan MiFi, penting untuk memahami keefektivan MiFi dan membandingkannya dengan kelebihan dan kekurangan yang disebutkan di atas. MiFi bisa menjadi solusi praktis dan nyaman untuk mendapatkan akses internet saat bepergian atau di area yang belum tersedia Wi-Fi tetap. 


Demikian artikel mengenai keefektivan MiFi. MiFi memberikan kemudahan dan fleksibilitas terhadap akses internet sehingga menjadi pertimbangan orang untuk mulai menggunakan MiFi.

Jika anda tertarik dengan metaverse, anda dapat bergabung dengan kami dan menghubungi Customer Service melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya dan berkonsultasi dengan pihak MetaNesia.

Untuk masuk ke platform MetaNesia, caranya cukup mudah. Anda tinggal mengunduhnya melalui website MetaNesia. Mari kita kembangkan pasar digital karya anak bangsa melalui MetaNesia!

Bagikan ini: