Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Telekomunikasi Harus Menggunakan AR
Beranda /
Blog /
Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Telekomunikasi Harus Menggunakan AR
28 December 2022

Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Telekomunikasi Harus Menggunakan AR

Augmented reality Telekomunikasi
Source: Next Reality

Perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan untuk solusi teknologi canggih lainnya, bekerja keras untuk tetap mengikuti perkembangan pasar. Salah satu prioritas utama mereka adalah menjaga tingkat layanan setinggi mungkin.

Saat ini, telekomunikasi merupakan inti dari banyak sistem yang mempertahankan keberlangsungan umat manusia, mulai dari layanan logistik, perawatan kesehatan, layanan tanggap darurat, jaringan perusahaan, dan sebagainya.

Layanan tanpa gangguan yang diberikan perusahaan telekomunikasi merupakan faktor penting dalam berfungsinya masyarakat kita yang berpusat pada teknologi. Oleh karena itu, fungsi yang tepat dari peralatan telekomunikasi sangat penting.

Fakta yang diketahui bahwa jauh lebih ekonomis untuk mencegah kesalahan daripada memperbaiki konsekuensinya. Oleh karena itu, perusahaan telekomunikasi selalu menjadwalkan inspeksi rutin terhadap peralatannya untuk mendeteksi kemungkinan masalah.

Augmented reality dan virtual reality di industri telekomunikasi dapat sebagai solusi untuk mempermudah dalam mencegah kesalahan tersebut. Namun di artikel kali ini, mari kita lihat bagaimana penerapan AR dalam mempermudah penyelesaian masalah.

Augmented reality Telekomunikasi
Source: Jasoren

Masalah

Seiring perkembangan teknologi, perangkat telekomunikasi menjadi semakin kompleks. Inspeksi dan perbaikannya membutuhkan kehadiran profesional yang sangat terampil yang telah dilatih khusus untuk menangani perangkat keras canggih dan rumit tersebut.

Pendidikan dan pelatihan khusus dari para ahli tersebut biasanya merupakan proses yang mahal.

Oleh karena itu, jumlah tenaga profesional yang mampu melakukan pemeriksaan peralatan pada tingkat yang diperlukan terbatas. Seringkali, pakar tersebut adalah vendor yang menyediakan layanan ke banyak perusahaan.

Solusi ar di industri telekomunikasi

Masalah pemeriksaan perangkat telekomunikasi dapat diselesaikan dengan penerapan augmented reality (AR). Teknologi AR dalam memasukkan objek virtual ke dunia nyata dapat menjadi jawaban atas tantangan perjalanan ke lokasi yang jauh.

Alih-alih membawa petugas pada perangkat yang harus dicek, justru menampilkan perangkat tersebut pada petugas. Komponen yang harus diperbaiki dapat dilihat dari jarak jauh oleh personel lapangan.

Manfaat yang diberikan penghematan waktu, karena keseluruhan durasi pemeriksaan tersebut menjadi jauh lebih singkat. Selain itu, biayanya jauh lebih rendah, karena petugas tidak perlu pergi ke lokasi perangkat secara fisik.

Keuntungan lain dari inspeksi dan konsultasi jarak jauh seperti itu adalah bahwa petugas akan dapat “mengunjungi” lebih banyak lokasi dari jarak jauh dalam waktu yang sama. Sehingga, memastikan lebih banyak perangkat yang dapat diperbaiki.

Solusi untuk pemeriksaan komponen berbasis teknologi AR memungkinkan untuk melakukan banyak tugas sehingga membuat proses pemeriksaan lebih ramping dan efisien.

Perangkat keras MS Hololens dapat digunakan untuk aplikasi augmented reality, untuk memungkinkan inspeksi dan konsultasi perangkat telekomunikasi berteknologi tinggi.

Augmented reality Telekomunikasi
Source: AR Post

Fitur utama teknologi AR untuk inspeksi peralatan telekomunikasi

Sesi video jarak jauh

Teknologi AR memungkinkan sesi video dan audio dua arah antara perugas lapangan dan pakar peranti yang memungkinkan untuk melihat permasalahan secara real-time. Sesi video dapat diatur langsung melalui headset augmented reality MS Hololens yang dikenakan oleh petugas lapangan di lokasi, dan oleh ahli secara jarak jauh.

Sambungan video dan audio yang terus-menerus dengan petugas yang bekerja di lapangan memungkinkan ahli untuk memberikan konsultasi secara real-time. Serta, mengawasi prosedur yang dilakukan oleh rekan kerja di lokasi terpencil.

Penanda QR

Unit peralatan yang akan diperiksa ditandai dengan kode QR yang secara otomatis memicu gambar AR. Konten AR dapat menampilkan data atau informasi pendukung, seperti spesifikasi peralatan, petunjuk perawatan, tanggal pemeriksaan sebelumnya, perbaikan yang dilakukan pada unit tertentu, dan sebagainya.

Konten AR dapat ditampilkan di headset MS Hololens dari petugas lapangan dan konsultan dari jarak jauh sehingga tindakan mereka dapat disinkronkan. Fungsionalitas MS Hololens yang canggih memungkinkan untuk berinteraksi dengan konten virtual untuk mengambil informasi yang diperlukan bila diperlukan.

Streaming video jarak jauh

Selain sesi video dengan personel lapangan, aplikasi AR mendukung streaming video melalui kamera headset MS Hololens. Fungsi streaming video memungkinkan pakar untuk melihat bagian yang diperiksa dalam setiap detil untuk mendeteksi kemungkinan masalah.

Video dikirim langsung pada pakar atau ahli dan dapat disimpan untuk ditinjau di masa mendatang jika perlu. Dengan cara ini, pakar dapat “hadir” langsung secara virtual di fasilitas telekomunikasi yang sedang diinspeksi untuk memeriksa peralatan secara real-time.

Akses hands-free pada informasi

Headset augmented reality MS Hololens membuat petugas dapat melihat peralatan yang sedang diperiksa bersama dengan konten pendukung pada saat yang bersamaan. Petugas lapangan dapat melihat petunjuk peralatan, spesifikasi, catatan inspeksi sebelumnya, dan melihat instruksi yang diberikan oleh ahli secara jarak jauh.

Pengeditan gambar AR

Teknologi AR mendukung opsi untuk menambahkan gambar ke video secara real-time. Ahli secara jarak jauh dapat mengunggah gambar untuk memberikan instruksi grafis kepada rekan mereka di lapangan.

Gambar yang ditambahkan akan muncul langsung dalam tampilan yang disediakan oleh headset MS Hololens dari petugas lapangan. Dengan peralatan telekomunikasi AR yang kompleks, penjelasan dan arahan yang diberikan dalam format visual mungkin lebih efektif daripada instruksi verbal.


Nah, itulah pemanfaatan teknologi AR yang dapat digunakan oleh perusahaan telekomunikasi. Inspeksi dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga membuatnya lebih efisien. Kunjungi metaNesia untuk mengetahui informasi seputar penerapan teknologi AR lainnya.