Buatan Microsoft, Bing AI Jadi Saingan ChatGPT

Buatan Microsoft, Bing AI Jadi Saingan ChatGPT

Akhir-akhir ini teknologi ChatGPT makin marak diperbincangkan. Tidak hanya sampai di situ, orang-orang pun juga semakin banyak yang menggunakannya. Hal ini membuat banyak perusahaan teknologi menjadi tertantang untuk menciptakan AI Chatbot mereka sendiri.

Berawal dari perusahaan teknologi bernama OpenAI, kini ChatGPT memiliki banyak pesaing. Di antara lain, Google, Meta, Alibaba, hingga yang terbaru adalah Microsoft. Dikatakan lebih canggih, benarkah Bing AI jadi saingan ChatGPT?

Awal mula Bing AI

Microsoft Bing AI jadi saingan ChatGPT
Microsoft Bing (Marco Verch / CCNULL)

Pada tahun 2009 silam, Microsoft meluncurkan suatu mesin pencari atau search engine yang bernama Bing. Microsoft membuat Bing menggunakan teknologi artificial intelligence yang dapat mengoptimalkan Bing dalam menampilkan hasil pencarian pengguna. 

Microsoft terus mengembangkan Bing hingga di tahun 2016 mereka mengumumkan bahwa perusahaan tersebut akan menjadikan teknologi AI sebagai fokus utama perusahaan. Seiring berjalannya waktu, muncullah Bing AI yang merupakan teknologi AI Chatbot paling mutakhir. Bahkan hingga dikatakan lebih canggih dari ChatGPT milik OpenAI.

Apa sih Bing AI? | Bing AI jadi saingan ChatGPT

Bing AI merupakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang ada pada mesin pencari Microsoft Bing. Bing AI juga menggunakan beberapa teknologi seperti natural language processing, machine learning, dan computer vision untuk memahami dan menafsirkan pencarian yang diinginkan oleh pengguna. 


Microsoft menggunakan next-generation OpenAI LLM (Language Large Model) dalam pembuatan Bing AI. Bahkan, Microsoft dengan yakinnya menyatakan bahwa next-generation LLM mampu mengoptimalkan mesin pencari Bing menjadi lebih cepat, akurat, dan efektif dibanding ChatGPT. Hal ini merupakan salah satu yang bisa membuktikan Bing AI jadi saingan ChatGPT.

Keunggulan Bing AI | Bing AI jadi saingan ChatGPT

Terdapat beberapa keunggulan yang hingga dapat memunculkan pernyataan Bing AI jadi saingan ChatGPT. Microsoft menyatakan bahwa Bing AI memiliki visual dan grafik yang lebih menarik. Bing AI juga menyediakan lebih dari 100 bahasa dan menerapkan interface yang lebih sederhana. 

Pengguna juga dapat mencari informasi dengan cara mengunggah gambar dan mencari konten yang terkait di web. Selain itu, pengguna juga terintegrasi dengan Microsoft Edge dan Bing Search Engine. Hal ini menguntungkan pengguna karena mereka tidak perlu mengunduh aplikasi Bing AI lagi.

Keunggulan lain yang dapat menunjukkan Bing AI jadi saingan ChatGPT adalah pencarian informasi yang lebih real time. Fitur chatbot besutan Microsoft ini dapat melayani pencarian informasi yang lebih luas dan terkini. Kelebihan Bing AI yang satu ini dapat terjadi karena didukung oleh akses internet.

Chatbot Bing AI pun juga bisa memberikan jawaban dari pertanyaan dengan beragam topik, seperti olahraga, permainan, hingga ramalan cuaca. Hal-hal di atas tentu saja menjadi bukti bahwa Bing AI dapat dibilang lebih unggul daripada ChatGPT.

Cara menggunakan Bing AI

  1. Unduh aplikasi Microsoft Bing terlebih dahulu. Pengguna PC dan laptop dapat mengunduhnya melalui Microsoft Store. Adapun bagi pengguna smartphone bisa mengunduhnya melalui Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Buka aplikasi Microsoft Edge untuk pengguna PC dan Laptop atau Microsoft Bing untuk pengguna smartphone. Lakukan sign-up atau log-in ke dalam akun Microsoft terlebih dahulu.
  3. Klik tombol menu Bing AI di layar aplikasi browser yang selanjutnya akan diarahkan ke chatroom Bing AI.
  4. Setelah berhasil masuk ke ruang percakapan Bing AI, kamu dapat memberikan perintah atau pertanyaan kepada sesuai kebutuhan dan keinginan.

Nah, itu tadi adalah penjelasan terkait chatbot baru milik Microsoft, Bing AI. Menurut kalian, benar gak ya Bing AI jadi saingan ChatGPT?

MetaNesia merupakan digital platform berupa metaverse yang dapat membantu kamu berinteraksi, berkreasi, dan berkolaborasi secara virtual dengan lingkungan digital yang memadai. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia.

Bagikan ini: