Manfaat Teknologi Blockchain di Industri Farmasi

Manfaat Teknologi Blockchain di Industri Farmasi

Blockchain di Industri Farmasi
Proses pembuatan vaksin (Wikimedia Commons)

Teknologi Blockchain, sebagai teknologi revolusioner yang muncul dalam beberapa tahun terakhir, memiliki potensi signifikan untuk diterapkan dalam operasi rantai pasokan. Blockchain memberi manfaat yang beragam, terutama berfokus di sektor industri pangan, pertanian, dan farmasi, menyoroti keunggulan teknologi blockchain dalam hal ketertelusuran dan transparansi.

Pada industri farmasi, teknologi blockchain membantu mempercepat transformasi digital. Industri farmasi menderita karena kurangnya transparansi, kesulitan melacak produk, kurangnya kepercayaan, dan pengiriman produk kadaluwarsa. Teknologi Blockchain telah diterapkan untuk mengatasi beberapa masalah tersebut.

Ada kekhawatiran yang signifikan terhadap keamanan dan keamanan pengobatan sebagai akibat dari barang medis palsu. Secara global, pemalsuan obat merupakan masalah berat yang membahayakan kesehatan masyarakat maupun kesehatan konsumen. Bisnis global pembuatan obat palsu menghasilkan pendapatan tahunan yang sangat besar. Untuk memiliki sistem kesehatan yang berkualitas, industri farmasi berperan sangat penting dalam memantau obat yang diproduksinya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana teknologi blockchain bermanfaat dalam ketertelusuran dan transparansi rantai pasok industri farmasi. Terus ikuti artikel ini dan simak penjelasan lengkapnya.

Apa itu teknologi blockchain?

Blockchain di Industri Farmasi
Teknologi blockchain (Geralt/Pixabay)

Blockchain, dalam bahasa Indonesia disebut dengan rantai blok, memiliki definisi sebagai rantai blok yang terus bertambah, di mana tiap blok terhubung dengan blok sebelumnya. Tiap blok terdiri dari kumpulan data transaksi digital dengan penanda waktu.

Sederhananya, teknologi blockchain adalah sistem penyimpanan transaksi digital yang dapat melakukan pencatatan permanen terhadap tiap transaksi yang terjadi. Sistem ini terletak dalam basis data (database) publik yang disebut dengan buku besar (ledger).

Buku besar ini memiliki sifat terdistribusi, sehingga transaksi yang tersimpan dalam blok tersebar dalam jaringan peer-to-peer di mana tiap node menyimpan salinan dari ledger. Teknologi blockchain dirancang untuk menyimpan info transaksi elektronik, serta mampu menjaga catatan transaksi dengan aman, transparan, dan terdesentralisasi.

Karakteristik blockchain

Blockchain pada dasarnya menawarkan beberapa karakteristik yang dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan sektor kesehatan secara keseluruhan. Sifat-sifat tersebut antara lain:

Kekekalan dan riwayat transaksi

Kekekalan sistem manajemen rantai pasokan medis berbasis blockchain sangat penting. Data tidak dapat diubah setelah disimpan di blockchain. Dengan memastikan bahwa data aman, akurat, dan dapat diandalkan, fitur ini menurunkan kemungkinan pelanggaran atau manipulasi data.

Kemudian, semua pemangku kepentingan dapat melihat seluruh riwayat transaksi obat atau perangkat medis apa pun dalam rantai pasokan medis berbasis blockchain, yang mendorong transparansi. Transparansi ini menjaga rantai pasokan bebas dari penipuan, pemborosan, dan korupsi. Selain itu, ini meningkatkan akuntabilitas di seluruh rantai pasokan dan memungkinkan pasien mengonfirmasi keabsahan produk yang mereka terima.

Smart contracts dan pelacakan

Dibangun di atas blockchain, smart contracts adalah kontrak yang dieksekusi sendiri di mana ketentuan perjanjian transaksi antara pembeli dan penjual langsung masuk ke dalam barisan kode. Selain itu, mereka didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan dan dapat mengotomatiskan pelaksanaan tugas tertentu, seperti pembayaran atau pengiriman produk. Smart contract dapat digunakan dalam rantai pasokan medis untuk mengotomatiskan sejumlah proses, termasuk memastikan keabsahan barang dan menjamin kepatuhan terhadap standar hukum.

Salah satu fitur utama blockchain dalam perangkat lunak rantai pasokan medis adalah pelacakan yang mudah. Lokasi dan status produk dicatat di blockchain saat melewati rantai pasokan. Pelacakan ini memastikan transparansi dan akuntabilitas, yang memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk melihat seluruh riwayat transaksi obat atau alat kesehatan apa pun.

Verifikasi pasien

Blockchain dalam rantai pasokan medis juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi catatan pasien. Saat produk dikirimkan, mereka dapat melihat seluruh riwayat transaksinya di blockchain. Keterbukaan ini meningkatkan keselamatan dan kepercayaan pasien pada sistem perawatan kesehatan dengan memungkinkan pasien mengonfirmasi keaslian produk dan kepatuhan terhadap peraturan.

Pencatatan

Blockchan juga bermanfaat dalam rekam medis. Prosedurnya dimulai dengan pembuat obat atau peralatan medis, yang memasukkan informasi produk di blockchain, termasuk komposisinya, tanggal kedaluwarsa, dan nomor batch. Node lain di jaringan kemudian memverifikasi dan menyimpan catatan ini, memastikan keamanan dan akurasi data.

Manfaat teknologi blockchain untuk supply chain di industri farmasi

Blockchain di Industri Farmasi
Blockchain memberi beragam manfaat pada sebuah industri (Axevaper/Pixabay)

Dari peningkatan transparansi hingga peningkatan ketertelusuran, blockchain dapat merevolusi logistik perawatan kesehatan, sehingga memastikan keselamatan pasien dan efisiensi operasional. Mari kita lihat beberapa manfaat blockchain dalam rantai pasokan medis secara mendetail:

Desentralisasi

Sifat terdesentralisasi dari manajemen rantai pasok medis berbasis blockchain adalah salah satu keuntungan terpentingnya. Blockchain mendistribusikan manajemen rantai pasokan melalui jaringan node daripada mengandalkan satu otoritas pusat. Metode terdesentralisasi ini meningkatkan keamanan, menurunkan kemungkinan penipuan atau manipulasi, dan memastikan rantai pasokan tetap berjalan meskipun satu atau lebih node tidak berfungsi.

Keamanan yang lebih kuat

Keamanan yang ditingkatkan adalah salah satu manfaat blockchain yang paling dicari dalam rantai pasokan medis yang telah menyebabkan peningkatan adopsi perangkat lunak berbasis blockchain. Catatan rantai pasokan medis dibuat anti rusak dan aman menggunakan teknologi blockchain, yang mengurangi kekhawatiran akan penipuan, pemalsuan, dan perilaku ilegal lainnya. Dengan mengadopsi manajemen rantai pasokan berbasis blockchain, produsen produk medis, distributor, dan pasien dapat lebih percaya pada ketergantungan dan kualitas barang medis.

Peningkatan efisiensi

Penerapan blockchain dalam sistem manajemen rantai pasokan di industri farmasi dapat mengotomatiskan sejumlah proses, termasuk mendokumentasikan transaksi, memantau pergerakan produk, dan mengonfirmasi kepatuhan terhadap peraturan. Rantai pasokan dapat menjadi lebih efisien berkat otomatisasi ini, yang juga dapat menghemat waktu dan uang.

Transparansi yang lebih baik

Semua pemangku kepentingan dapat memeriksa seluruh riwayat transaksi obat atau perangkat medis apa pun dalam rantai pasokan medis berbasis blockchain, yang meningkatkan transparansi. Dengan meningkatkan akuntabilitas dan menurunkan kemungkinan terjadinya kecurangan, transparansi ini juga memastikan rantai pasokan berjalan lancar.

Peningkatan keselamatan pasien

Manajemen rantai pasokan medis berbasis blockchain dapat meningkatkan keselamatan pasien dengan meningkatkan keaslian, akurasi, dan keamanan item medis. Pasien dapat memastikan keabsahan dan kesesuaian barang yang mereka dapatkan, menurunkan kemungkinan efek samping negatif atau bahaya lainnya.

Privasi data yang ditingkatkan

Karena blockchain terdesentralisasi, ada sedikit kemungkinan pelanggaran data atau serangan dunia maya karena data sensitif tidak disimpan di satu area. Selain itu, menggunakan enkripsi dan tindakan keamanan lainnya memastikan perlindungan data pasien dari akses tidak sah.

Meningkatan kepercayaan

Pemangku kepentingan rantai pasokan medis dapat saling percaya satu sama lain, berkat adopsi blockchain. Manajemen rantai pasokan medis berbasis blockchain dapat meningkatkan kepercayaan di antara produsen, distributor, regulator, dan pasien dengan menawarkan sistem yang aman, terbuka, dan efektif.

Blockchain sebagai solusi bisnis

Sebagai solusi yang aman, dapat dipercaya, terdesentralisasi, dan anti rusak dengan mekanisme konsensus, teknologi blockchain mengubah manajemen rantai pasokan terpusat tradisional. Ini mengatasi tantangan yang dihadapi operasi rantai pasokan tradisional, seperti inefisiensi, kurangnya transparansi data, dan ketertelusuran yang buruk.

Akibatnya, ini secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan yang terlibat dalam rantai pasokan dan memberi mereka pembagian informasi yang efisien. Dengan demikian, ia menawarkan efektivitas biaya yang lebih besar, kualitas informasi yang lebih baik, risiko moral yang lebih sedikit, dan kemampuan untuk mengotomatiskan pelaksanaan kontrak yang ada menggunakan kontrak pintar. Dengan kata lain, teknologi blockchain merevolusi manajemen rantai pasokan.


Itulah pembahasan mengenai manfaat teknologi blockchain di industri farmasi. Tidak dapat dipungkiri blockchain memiliki peran yang sangat penting agar sebuah industri dapat berjalan dengan lebih efisien. Kunjungi blog MetaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar blockchain dan teknologi imersif metaverse lainnya.

MetaNesia adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan dan menyediakan platform untuk memasuki dunia metaverse. Dengan MetaNesia kamu bisa bersosialisasi, berinteraksi, bermain, dan berkreasi di dunia metaverse tanpa adanya batasan.

Tertarik untuk menggunakan layanan blockchain, virtual reality, dan metaverse? Segera hubungi customer service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. Rasakan juga pengalaman dunia virtual yang menakjubkan dengan bergabung bersama MetaNesia.

Bagikan ini: