Punya Karya Digital namun Bingung Cara Menjualnya? Berikut Cara Menjual NFT yang Perlu Kamu Ketahui
Beranda /
Blog /
Punya Karya Digital namun Bingung Cara Menjualnya? Berikut Cara Menjual NFT yang Perlu Kamu Ketahui
30 November 2022

Punya Karya Digital namun Bingung Cara Menjualnya? Berikut Cara Menjual NFT yang Perlu Kamu Ketahui

Cara menjual NFT
Source: Freepik

Sebelum kita mulai, ada baiknya untuk mengetahui apa yang sedang kita bicarakan. NFT adalah token yang tidak dapat dipertukarkan. Non-fungible, bagaimanapun, berarti itu merupakan hal yang tidak dapat disalin atau diganti meskipun dengan versi yang identik, seperti lukisan Mona Lisa.

Dalam konteks Web3, NFT adalah karya seni yang bertindak sebagai token yang terkait dengan baris kode unik di blockchain. Baris kode ini unik dan tidak dapat direplikasi, karena blockchain adalah catatan transaksi yang didistribusikan secara publik.

Istilah lain yang perlu diketahui sebelum memulai

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital, seperti Bitcoin atau Ethereum, yang ada di blockchain. Ini adalah jenis mata uang yang terdesentralisasi yang tidak diatur oleh otoritas pusat mana pun.

Dengan mata uang konvensional, seperti dolar atau pound, pemerintah mengontrol dan mengatur aliran uang melalui kebijakan fiskal dan bank sentral. Dengan cryptocurrency, tidak ada satu pun otoritas yang mengatur atau adanya suatu kerangka peraturan.

Blockchain

Blockchain adalah buku besar digital yang didistribusikan di seluruh jaringan. Dapat dibayangkan blockchain sebagai rantai yang terdiri dari blok informasi, di mana tidak ada yang memiliki seluruh rantai tersebut.

Blockchain adalah database publik yang terdesentralisasi, yang kepemilikannya dibagi di seluruh jaringan. Karena ada catatan publik dari setiap transaksi, blockchain menawarkan potensi fungsional yang sangat besar untuk hal-hal seperti kontrak digital, NFT, dan mata uang kripto.

Minting

Banyak frasa terkait crypto berakar pada istilah perbankan dan keuangan tradisional. Ini karena ‘mint’ juga merupakan kata untuk produsen utama mata uang koin suatu negara, seperti mesin cetak.

Saat kamu mencetak NFT, itu seperti memasukkan koin baru, atau token, ke dunia digital, setelah secara resmi ‘memasukkannya’ ke blockchain. Setelah dicetak, NFT menerima baris kode unik dan tidak dapat disalin yang terkait dengannya di blockchain.

Dompet kripto

Dompet kripto adalah tempat orang dapat menyimpan mata uang digital mereka. Ada beberapa dompet crypto berbeda yang mendapatkan popularitas selama beberapa tahun terakhir, termasuk Coinbase, Exodus, Electrum, dan Metamask. Dompet kripto memungkinkan orang berinteraksi dengan blockchain menggunakan mata uang kripto mereka, untuk hal-hal seperti membeli dan menjual NFT, atau bertukar kripto.

Gas fee

Karena blockchain tersebar di banyak komputer orang lain, istilah gas fee ditemukan sebagai semacam biaya sewa untuk menggunakan perangkat keras yang digunakan oleh blockchain. Biaya gas dibebankan sebagai biaya untuk menggunakan blockchain Ethereum.

Blockchain mungkin merupakan jaringan digital, tetapi ia hidup di perangkat keras yang sebenarnya. Gas fee cenderung meningkat ketika permintaan untuk blockchain saat ini sedang tinggi.

Lazy minting

Ketika NFT hanya dicetak setelah dibeli, itu disebut lazy minting. Hal ini memungkinkan orang untuk membeli NFT ‘off chain’, dan memungkinkan kreator menghindari keharusan membayar biaya gas fee di muka untuk mencetak NFT mereka. 

Ketika seorang kreator belum mencetak NFT tetapi menjualnya, mereka dapat mencetaknya tepat pada waktunya untuk penjualan dan memasukkan gas fee ke dalam total harga pembelian.

Tahapan menjual NFT

Memilih platfotm marketplace

Perjalananmu untuk menjual NFT dimulai dengan memilih platform marketplace. Ada banyak opsi yang tersedia, dan kamu dapat membacanya di sini. Pemilihan biasanya tergantung pada jenis NFT yang kamu jual dan biaya yang terlibat dalam perdagangan aset kriptografi.

Buat dompet kripto

Untuk mendaftarkan NFT untuk dijual, kamu harus memiliki dompet mata uang kripto. Dompet paling populer yang mendukung penjualan NFT adalah MetaMask, Trust Wallet, dan Coinbase Wallet. Di bawah ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing dompet kripto:

MetaMask

MetaMask memungkinkanmu terhubung ke blockchain Ethereum untuk membeli, menjual, atau memperdagangkan NFT milikmu.

Trust Wallet

Trust Wallet adalah pilihan yang bagus jika kamu mencari dompet mobile. Mereka mendukung pembelian dan penjualan NFT yang memungkinkan untuk menyimpan token milikmu di dompet yang aman.

Coinbase Wallet

Coinbase Wallet memungkinkan pengguna mengirim dan menerima NFT dengan nama pengguna alih-alih menggunakan alamat blockchain publik. Ini membantu menciptakan pengalaman yang mirip dengan dompet digital yang sudah dikenal dan digunakan orang secara global seperti PayPal.

Tentukan harga NFT

NFT tidak bernilai berdasarkan apa yang orang bersedia bayar untuk NFT, tetapi kenyataannya adalah bahwa faktor-faktor tertentu memengaruhi harga NFT dan bagaimana pembeli biasanya menilainya. Itu termasuk:

  • Harga rata-rata 30 hari. Ini adalah tren harga historis NFT dalam kategori apa pun. Idealnya, harga target milikmu harus mendekati nilai rata-rata token serupa selama 30 hari terakhir.
  • Rarity (keanehan). Beberapa token yang tidak dapat dipertukarkan memiliki sifat unik yang akan menaikkan harganya. Contohnya, koleksi NFT Bored Ape Yacht Club yang populer. Jika NFT milikmu memiliki sifat yang sangat langka, lanjutkan dan beri harga di atas rata-rata historis. Karena orang akan tetap membeli.
  • Utility (kegunaan). Bisakah NFT milikmu ditukar dengan item virtual di metaverse atau game tertentu? Apakah pembeli bisa menjadi bagian dari klub eksklusif yang menerima fasilitas ekstra seperti diskon untuk pembelian di masa mendatang? Utilitas aset dasar akan menentukan apakah kamu dapat menuntut harga yang lebih tinggi untuk NFT milikmu.

Buat listing

Setelah menetapkan harga untuk NFT, kamu harus membuat listing. Jika kamu menggunakan marketplace NFT, masuk dan klik ‘buat’ di bagian kanan atas. Kemudian, pilih dari satu atau beberapa barang koleksi, berdasarkan persediaan aset. Kemudian kamu harus memasukkan judul dan deskripsi untuk NFT milikmu.

Tulis judul yang menarik dan terkait dengan aset yang dimiliki. Dalam deskripsi, jelaskan tentang tujuan token milikmu dan tema apa pun di baliknya. Kamu juga dapat menyebutkan tingkat kelangkaan NFT dan apakah pembeli akan mendapatkan keuntungan di luar kepemilikan aset. Petunjuk biasanya cukup untuk menarik perhatian pelanggan yang potensial.

Terima tawaran

Setelah mendaftarkan NFT, perhatikan penawaran dari calon pembeli. Meskipun sebagian besar platform akan memberi tahu kamu ketika seseorang mengajukan penawaran pada listing-an milikmu, ada baiknya kamu memeriksa sendiri secara teratur untuk memastikan tidak melewatkan tawaran apa pun.

Jika kamu telah memilih harga tetap dan seseorang memutuskan untuk membeli NFT milikmu dengan jumlah yang telah disepakati, itu akan dianggap sebagai penjualan publik. Dalam hal ini, kamu akan mendapat peringatan bahwa aset digital milikmu telah dijual dan akunmu telah dikreditkan dengan uang fiat atau mata uang kripto.


Sekilas, menjual NFT mungkin tampak sangat rumit. Meskipun ada banyak hal yang perlu diingat, prosesnya sendiri tidak terlalu buruk setelah kamu melakukan riset dan mencobanya sampai selesai. Setelah mendapatkan dasar-dasarnya, kamu siap untuk menjual beberapa NFT milikmu yang luar biasa.

market metaNesia dapat sebagai opsi jika kamu ingin mencoba memamerkan dan menjual karya seni digital yang kamu miliki atau membeli NFT yang kamu suka. Klik di sini untuk mencobanya.

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue