Coca Cola Menggunakan AI untuk Ciptakan Rasa Baru!

Coca Cola Menggunakan AI untuk Ciptakan Rasa Baru!

coca cola menggunakan AI untuk menciptakan rasa baru
Coca Cola (Pexels)

Industri Food and Beverage (F&B) telah mengalami perubahan revolusioner berkat kemajuan teknologi, terutama dalam pengembangan Artificial Intelligence (AI). AI telah memainkan peran penting dalam mengubah cara perusahaan F&B beroperasi, salah satunya Coca Cola. Artikel ini akan membahas bagaimana Coca Cola menggunakan AI untuk menciptakan rasa baru.

Rasa Baru Coca Cola yang Diracik Menggunakan Artificial Intelligence

Y3000, rasa baru Coca Cola yang diciptakan menggunakan AI

Coca Cola Y3000 (The Coca Cola Company)

Perusahaan minuman ringan terbesar di dunia, Coca Cola meluncurkan minuman soda edisi terbatas yang dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan. Minuman Y3000 edisi khusus ini hanya tersedia di Amerika Serikat, Kanada, China, Eropa, dan Afrika. Coca-Cola Y3000 adalah disebut sebagai “rasa futuristik pertama yang diciptakan bersama dengan kecerdasan manusia dan kecerdasan buatan.”

Proses pembuatan minuman Coca Cola Y3000 terdiri dari dua langkah. Sebagai permulaan, para peneliti Coca-Cola mengumpulkan preferensi dan tren rasa untuk memahami apa yang dibayangkan dan dipikirkan konsumen tentang rasa masa depan. Kemudian sistem kecerdasan buatan Coke memproses data tersebut untuk membantu mengembangkan profil rasanya.

Rasa baru Coca-Cola ini tidak dijelaskan rasanya seperti apa, tetapi minuman ini tersedia dalam versi reguler dan bebas gula. Kemasan futuristik untuk kaleng ramping, yang mencakup logo piksel, warna krom yang tajam, serta kilatan warna ungu, merah muda, dan biru, juga dibuat dengan menggunakan AI.

“Terinspirasi oleh sifat Coca-Cola yang tak lekang oleh waktu, kami ingin merayakan ide semua orang tentang seperti apa masa depan. Coca-Cola Y3000 Zero Sugar memperkenalkan pengalaman inovatif untuk menjelajahi masa depan dengan membayangkan bagaimana rasa Coca-Cola dari masa depan dengan menggunakan teknologi bertenaga AI,” ujar direktur senior strategi global Coca-Cola, Oana Vlad, dalam sebuah siaran pers.

Akan ada juga beberapa pakaian futuristik yang akan melengkapi suasana Y3000. Musim gugur ini, Coca-Cola akan berkolaborasi dengan perusahaan streetwear kelas atas, Ambush, untuk mengembangkan sebuah produk.

Coca-Cola juga telah menambahkan aspek pengalaman pada Y3000 yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan melalui kode QR yang disertakan dalam kemasan. Pelanggan dapat menjelajahi dan mengalami masa depan hingga 977 tahun ke depan di situs web Creations dengan memindai kode QR ini.

Dampak AI pada Bisnis Coca Cola

mesin penjualan otomatis Coca Cola
Vintage Coca Cola Vending Machines (Wikimedia Commons)

Tantangan inovasi terbuka big data dari Coca-Cola Founders Platform menandai awal perjalanan analitik Coca-Cola pada tahun 2014. Franki Chamaki dan Jason Hosking, dua wirausahawan, mengambil keputusan untuk mengisi algoritma AI yang dapat belajar sendiri dengan data rantai pasokan Coca-Cola. Sistem ini digunakan pada 60 vending machine di Newcastle, Australia.

Sistem ini memeriksa riwayat transaksi setiap mesin dan menghasilkan saran untuk meningkatkan pendapatan setiap mesin. Coca-Cola mengalami peningkatan transaksi sebesar 15% berkat menempatkan barang yang tepat di tempat yang tepat, dan jumlah perjalanan pengisian ulang berkurang 18% untuk 60 mesin yang dipilih.

Coca-Cola adalah ilustrasi yang sangat baik dari sebuah perusahaan multinasional yang menjalankan bisnis lokal. Perusahaan ini menyadari bahwa setiap pasar itu unik. Selain itu, mempelajari data konsumen adalah satu-satunya metode untuk menyesuaikan diri dengan selera tertentu.

Mesin penjual otomatis bertenaga AI telah merevolusi riset pasar untuk Coca-Cola. Bisnis ini dilengkapi dengan wawasan pasar yang akan membuatnya selangkah lebih maju dalam persaingan berkat analisis kinerja produk secara real-time.


Itu dia pemaparan mengenai Coca Cola menggunakan AI dalam pembuatan rasa minuman terbarunya. Temukan jawaban atas pertanyaanmu mengenai virtual reality, augmented reality dan teknologi lainnya di blog MetaNesia!

MetaNesia adalah platform dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan MetaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di dunia virtual dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui MetaNesia!

Bagikan ini: