Daftar Agensi VTuber yang Ada di Indonesia
Beranda /
Blog /
Daftar Agensi VTuber yang Ada di Indonesia
22 November 2022

Daftar Agensi VTuber yang Ada di Indonesia

Agensi VTuber di Indonesia
Source: Yume reality

Virtual Youtubers atau disingkat VTubers, adalah bentuk baru yang menarik dari industri hiburan online yang telah menggemparkan dunia maya. Idola virtual ini biasanya melakukan aktivitas seperti bermain game, mengobrol, dan berinteraksi dengan penggemar secara real time di berbagai situs seperti Youtube, Twitch, dan Bilibili. 

Meskipun menjadi VTuber independen memiliki keuntungan, bergabung dengan agensi juga merupakan pilihan yang bagus karena dukungan dan sumber daya yang diberikan, memastikan bahwa VTuber yang menjanjikan dapat mencapai popularitas yang mereka impikan.

Apa itu Agensi VTuber?

Mungkin belum semuanya mengetahui apa yang dimaksud dengan Agensi VTuber. Definisinya adalah perusahaan yang berinvestasi pada Virtual YouTuber sebagai bentuk hiburan. Sering kali mereka menyediakan studio untuk kebutuhan rekaman VTuber. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang sebagian besar agensi, khususnya bagaimana mereka mengelola VTuber.

Manfaat nyata menjadi bagian dari agensi untuk virtual YouTuber adalah sebuah exposure. Virtual YouTuber yang merupakan bagian dari perusahaan yang sama sangat sering berkolaborasi, dan lebih mudah dikenali sebagai bagian dari agensi.

Mari kita lihat daftar agensi VTuber yang kini ada di Indonesia. Siapa tahu kamu mungkin menemukan agensi yang di dalamnya terdapat VTuber favoritmu!

Berikut daftar Agensi VTuber yang kini telah berdiri di Indonesia

Hololive – ID

Hololive ID adalah agensi cabang yang berasal dari jepang dengan fokus utama live streaming. Berdiri pada tanggal 11 Desember 2019 dan telah melahirkan 3 talenta VTuber generasi pertama Hololive ID. Mereka adalah Ayunda Risu, Airani Iofifteen, dan Moona Hoshinova. Hololive ID telah memiliki generasi ke 3 yang di antaranya adalah Vestia Zeta, Kaela Kovalskia, dan Kobo Kanaeru.

NIJISANJI

Pada 19 Juli 2019, perusahaan induk NIJISANJI Ichikara Inc., mengumumkan bagian baru proyek NIJISANJI di Indonesia yang disebut “NIJISANJI ID.” Audisi untuk empat posisi awal VTuber dibuka dari 19 Juli hingga 4 Agustus 2019, dan kandidat terpilih resmi memulai aktivitasnya pada September 2019.

Namun pada 15 April 2022, Nijisanji ID resmi merger dengan Nijisanji KR ke dalam grup utama mereka, NIJISANJI. Latar belakang dari merger yang dilakukan adalah demi efisiensi dan membangkitkan bisnis VTuber di negara-negara terkait, yaitu Indonesia dan Korea.

MAHA5

Maha5 (Mahapanca) mengutip dari situs resminya, adalah sebuah agensi YouTuber virtual (Vtuber) yang berbasis di Indonesia. Sejak pertama kali VTuber mereka debut, Andi Adinata, pada tanggal 22 Oktober 2019, mereka terus berkembang dan saat ini memiliki lebih dari lima VTuber di bawah agensi Maha5. Mahapanca merupakan agensi pertama di Indonesia yang bukan percabangan dari perusahaan agensi VTuber lainnya. 

Yume Reality 

Sebuah agensi hiburan Indonesia yang memulai kiprahnya pada Juli 2020, berfokus memproduksi dan mendistribusikan konten kreatif menggunakan media Virtual Youtuber. Memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang ada seperti Virtual Reality dan Augmented Reality.

Mereka memiliki dua VTuber aktif yang sering kali menghibur para penggemarnya. Mereka adalah Nekoyama Sena dan Nemutaka Yuta, yang jika subscriber mereka digabung, memiliki sekitar 436 ribu subscriber.

Baca juga: Kenalan dengan Nekoyama Sena, VTuber Pertama di metaNesia!

Virtunix

Didirikan pada tanggal 18 Oktober 2020, Virtunix berfokus untuk menjadi komunitas dengan lingkungan bersahabat dan dekat bagi para penonton dan talent Virtual YouTuber lainnya.Virtunix Production merupakan sebuah komunitas virtual YouTuber yang menampung dan mendukung perkembangan VTuber di Indonesia.

Nakama Virtual

Nakama Virtual merupakan agensi virtual Youtuber yang berbasis di Indonesia. Melalui situs resminya, Nawala Karsa Indonesia mengumumkan pada tanggal 1 November 2020 bahwa mereka secara resmi membentuk agensi Nakama Virtual. 

Agensi ini dibentuk dengan tujuan menyajikan konten-konten hiburan yang unik dan dapat membuat penonton senang dan nyaman saat menyaksikan konten yang disajikan. Baik secara live streaming maupun secara video on demand

AKA Virtual

AKA Virtual adalah perusahaan yang lahir dari revolusi VTuber di Jepang yang berbasis di Tokyo. Mereka merekrut 9 talenta Indonesia pada Agustus tahun 2022, dan menunjukan eksistensinya di pasar Indonesia.

Pada 21 Agustus, agensi ini mengumumkan jajaran talenta mereka di laman Twitter, di mana setiap harinya mereka mermperlihatkan satu persatu talenta VTuber yang telah bergabung dengan keluarga AKA Virtual.

Beberapa talent tersebut adalah Mai, Caerula Aki, Frederett, Reinanda Rea, Akemi Nekomachi, Velary Lusticia, Airi Cordelia, Lala Alberich dan Selia Aisnith.


Itulah beberapa agensi VTuber yang ada di Indonesia. Dari keseluruhan agensi tersebut, apakah ada yang menaungi VTuber favoritmu? Atau tertarik untuk mengikuti jejak menjadi seorang VTuber? Kamu bisa mengunjungi sosial media atau situs resmi dari agensi VTuber di atas.

Kunjungi metaNesia untuk mengetahui perkembangan seputar teknologi yang berkaitan dengan VTuber!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue