Daftar Aksesori Virtual Reality yang Kamu Butuhkan untuk Pengalaman yang Lebih Mendalam
Beranda /
Blog /
Daftar Aksesori Virtual Reality yang Kamu Butuhkan untuk Pengalaman yang Lebih Mendalam
20 Januari 2023

Daftar Aksesori Virtual Reality yang Kamu Butuhkan untuk Pengalaman yang Lebih Mendalam

Berikut adalah beberapa aksesori VR terbaik yang tersedia yang membuat pengalaman VR lebih imersif dan menyenangkan. Virtual reality sedang populer saat ini. Kamu dapat menggunakannya untuk beberapa game blockchain, metaverse, atau ingin mencoba berbelanja di toko virtual yang imersif.

Ini adalah teknologi luar biasa yang memungkinkanmu mengalami hal-hal yang belum pernah dialami sebelumnya. Namun, masih ada beberapa batasan untuk VR yang ada saat ini.

Salah satu masalah terbesar adalah teknologi ini masih terasa sangat terisolasi. Kamu masih sering benar-benar sendirian di dunia virtual, tanpa ada orang lain di sekitarnya. Hal ini dapat membuat pengalaman menjadi kurang imersif dan menyenangkan.

7 aksesori virtual reality untuk pengalaman yang lebih imersif

Untungnya, ada beberapa aksesori virtual reality di pasaran yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Mari kita lihat beberapa aksesori VR terbaik yang tersedia.

1. HTC Vive Tracker

Aksesori pertama yang akan kita lihat adalah HTC Vive Tracker. Vive Tracker adalah perangkat kecil yang dapat kamu sertakan ke objek di dunia nyata. Alat ini memungkinkan penggunanya membawa benda-benda lain ke dunia virtual.

Aksesori VR
Aksesori VR dari HTC (HTC)

Misalnya, jika kamu memiliki senjata mainan, kamu dapat memasang Vive Tracker ke dalamnya dan kemudian menggunakannya di game VR. Tentunya alat ini dapat membantu menjadikan pengalaman lebih imersif dan menyenangkan.

2. Meta Quest 2

Aksesori VR hebat lainnya adalah kontroler Meta Quest 2. Alat ini memungkinkanmu untuk dapat berinteraksi dengan dunia virtual dengan cara yang jauh lebih alami.

Aksesori VR
Kontroler Meta Quest 2 (Meta)

Alih-alih menggunakan pengontrol game atau keyboard dan mouse, kamu cukup menggunakan tangan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini membuat pengalaman jauh lebih imersif dan realistis.

3. PlayStation Aim Wireless Controller

Aksesori VR
Kontroler layaknya senjata dari PlayStation (PlayStation)

Selanjutnya, kita dihadirkan dengan PlayStation Aim Wireless Controller. PlayStation VR Aim Wireles Controller adalah pengontrol berbentuk senjata yang dapat kamu gunakan untuk bermain game menembak di VR. Selain itu, ini jauh lebih imersif daripada menggunakan pengontrol game standar.

Aim Controller adalah cara yang bagus untuk menambahkan efek fisik pada pengalaman VR dan membuatnya lebih menyenangkan. Alat ini adalah aksesori penting bagi siapa saja yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari PlayStation VR mereka.

4. Meta Quest 2 Elite Strap dengan Baterai

Jika kamu ingin membawa pengalaman imersif ke level berikutnya, kamu memerlukan Meta Quest 2 Elite Strap dengan baterai. Strap pada alat ini tidak hanya membuat headset lebih nyaman dipakai, tetapi juga menyertakan baterai bawaan yang dapat memperpanjang waktu bermain hingga dua jam.

Dengan alat ini, kamu dapat menikmati headset VR lebih lama lagi. Alat ini jelas merupakan aksesori yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari headset Meta Quest 2 mereka.

Aksesori VR
Aksesori VR Meta Quest 2 yang disertai baterai (Meta)

5. bHaptics TactSuit X40 Haptic Vest

Rompi haptic bHaptics TactSuit X40 merupakan rompi yang dapat kamu kenakan saat bermain game VR. Alat ini mencakup 40 sensor haptic yang memberikan umpan balik ke tubuh penggunanya.

Rompi haptic (bHaptic)

Umpan balik ini membuat pengalaman lebih imersif dan realistis. Misalnya, jika kamu tertembak dalam sebuah game, kamu akan benar-benar merasakan dampak peluru tersebut di pada tubuhmu.

6. Sarung tangan haptic virtual reality

Virtual reality Accecories
Sarung tangan haptic (UCSSan Diego)

Sensasi dari sarung tangan virtual reality adalah membuatmu dapat melihat tangan di dalam lingkungan VR sehingga kamu dapat menyentuh dan mengontrol objek virtual dalam game. Dengan teknologi pelacakan jari tangan, kamu dapat melihat tangan itu secara real-time di dalam sistem VR.

Dengan begitu, misalnya, kamu bisa merasakan berat benda saat mengangkat beban seperti pada aplikasi angkat beban. Oleh karena itu, ini adalah akesori VR terbaik untuk pengalaman yang lebih imersif.

7. Masker virtual reality

Masker VR seperti masker FeelReal Multisensory meningkatkan imersifitas dengan menciptakan pengalaman seperti mensimulasikan ratusan bau melalui aroma, getaran, dan sensasi sentuhan lainnya seperti rasa hujan di pipi dan merasakan hembusan angin, rasa hangat, dan lainnya.

Melalui alat ini, kamu dapat mencium bau dalam virtual reality berkat teknologi penciuman terintegrasi yang menggunakan penghasil aroma, dan kartrid aroma yang dapat diganti. Seperti memungkinkan memilih aroma apa yang ingin kamu prioritaskan.


Nah itulah beberapa aksesoris VR yang dapat membuatmu meningkatkan pengalaman yang lebih mendalam. Kunjungi metaNesia untuk selalu mendapatkan informasi terbaru seputar metamesta dan teknologi imersif lainnya.