Daftar Aplikasi Pengembangan AR Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Daftar Aplikasi Pengembangan AR Terbaik yang Perlu Kamu Ketahui

Teknologi Augmented Reality (AR) terus berkembang pesat dan memberikan peluang baru di berbagai industri, mulai dari hiburan hingga pendidikan dan bisnis. Ketersediaan luas perangkat elektronik yang memungkinkan penggunaan teknologi augmented reality terbaru, serta kemajuan teknologi smartphone, telah membuka pintu bagi non-spesialis yang ingin melakukan pengembangan AR tanpa usaha ekstra. Seperti yang kita tahu, penggunaan smartphone dari waktu ke waktu semakin meningkat penggunaannya. Tren tersebut menyoroti peran smartphone dalam pengembangan augmented reality, menciptakan lebih banyak alat bagi pengguna untuk mengembangkan aplikasi AR yang disesuaikan. Memberikan daftar aplikasi pengembangan AR akan menjadi solusi tepat bagi kamu yang ingin menerapkan teknologi AR untuk bisnis.

Kriteria apa yang harus dipertimbangkan saat memilih AR SDK?

Sangat penting untuk memilih AR SDK yang tepat untuk mengembangkan aplikasi AR. Berikut adalah daftar kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih platform yang tepat.

  • Kemampuan untuk mendukung banyak sistem operasi (terutama iOS dan Android)
  • Kompeten untuk Unity, framework grafis dan pengembangan tercanggih
  • Dukungan untuk Cloud recognition untuk mengaktifkan marker tanpa menghabiskan banyak ruang di perangkat
  • Potensi pelacakan dan pengenalan 3D untuk pemicu secara real-time
  • Dokumentasi menyeluruh untuk penjelasan kode yang lebih mudah
  • Dukungan Geo-lokasi untuk aplikasi berbasis lokasi
  • Dukungan kacamata pintar untuk pengalaman hands-free
  • Lisensi premium (baik penggunaan terbatas pada versi gratis, atau fitur tak terbatas berdasarkan lisensi komersial)

Jika kamu mencari cara murah untuk mengembangkan aplikasi AR sendiri dan meminimalkan upaya yang diinvestasikan, kamu harus mempertimbangkan salah satu Software Development Kits (SDKs) berikut yang akan berfungsi sebagai platform yang baik untuk tujuanmu.

ARKit

daftar aplikasi pengembangan AR
Developer Apple

Pada daftar aplikasi pengembangan AR yang pertama, terdapat ARKit yang merupakan seperangkat alat pengembangan AR untuk iPhone dan iPad yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada tahun 2017. Alat ini menggunakan sensor kamera, giroskop, dan akselerometer untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mendeteksi lokasi perangkat secara akurat. SDK menganalisis informasi ini dan memungkinkan penempatan objek virtual di lingkungan pengguna. Dari semua kemampuannya secara umum, platform ini menangani penempatan objek, estimasi cahaya, dan pemetaan lingkungan.

Versi terbarunya, ARKit 6 menawarkan fitur video 4K, sehingga penggunanya dapat merekam video pengalaman AR beresolusi tinggi yang menakjubkan. ARKit versi terbaru ini sempurna untuk pengeditan video profesional, produksi film, aplikasi media sosial, dan banyak lagi. Kemampuan video dan pengambilan diperluas dengan dukungan untuk video HDR dan pengambilan gambar latar beresolusi tinggi.

ARKit juga menawarkan sejumlah fitur canggih kepada penggunanya, termasuk:

  • Location anchor yang memungkinkan pengguna untuk menambatkan kreasi AR mereka di lokasi tertentu, seperti kota atau bangunan yang terkenal. Seperti pada versi terbaru, ARKit menghadirkan kota-kota baru, seperti Montreal, Sydney, Singapura, dan Tokyo, serta menghadirkan peningkatan pada Motion Capture.
  • Dukungan face tracking yang meluas ke kamera depan dan memungkinkan pelacakan hingga tiga wajah sekaligus.,
  • Teknologi LIDAR terintegrasi yang membuat oklusi objek virtual menjadi lebih realistis dengan memungkinkan penempatan objek virtual secara instan dan memadukannya secara mulus dengan lingkungan fisiknya.
  • Motion capture yang mendeteksi gerakan objek dan beroperasi sebagai bahan untuk pengalaman AR;
  • People occlusion yang memungkinkan konten AR secara realistis lewat di belakang dan di depan orang-orang di dunia nyata, menjadikan pengalaman AR lebih imersif sekaligus memungkinkan efek green-screen.

ARCore

daftar aplikasi pengembangan AR
Membangun pengalaman AR dengan ARCore (Dice)

Sebagai saingan ARKit untuk perangkat Android, ARCore juga merupakan alat yang kuat untuk mengembangkan pengalaman AR yang menarik dan interaktif di platform Google. ARCore merupakan platform pengembangan AR Google yang bisa disebut sebagai alternatif dari ARKit dan telah beredar di pasaran sejak tahun 2018. Alat ini memfasilitasi penginderaan lingkungan sekitar, memahami dunia, dan berinteraksi dengan informasi dengan memanfaatkan API yang berbeda. Pada dasarnya, alat ini menggunakan tiga kemampuan utama yaitu pelacakan gerak, pemahaman lingkungan, dan estimasi cahaya. ARCore memiliki kemampuan untuk menentukan batas setiap bidang geometris dan membuat informasi tersebut tersedia untuk diterapkan.

Fitur peta kedalamannya memungkinkan pengalaman yang imersif dan realistis seperti membuat objek virtual bertabrakan secara akurat dengan permukaan yang terdeteksi. ARCore memungkinkan pengguna untuk memilih dan berinteraksi dengan objek di lingkungan dengan menggunakan hit testing yang mengambil koordinat (X,Y) yang sesuai dengan layar smartphone. Titik-titik berorientasi di ARCore memungkinkan penempatan objek virtual pada permukaan bersudut.

Dengan menggunakan ARCore, kamu juga dapat mengaitkan objek visual ke objek tertentu yang dapat dilacak. Ini akan menjamin stabilitas objek virtual bahkan dengan perangkat bergerak. Aplikasi ini mendukung sekumpulan fitur utama untuk memadukan pengalaman AR ke dalam dunia nyata. Fitur tersebut termasuk pelacakan gerakan, estimasi cahaya, dan pemahaman lingkungan. Selain itu, ARCore memiliki sejumlah fitur canggih:

  • Augmented images yang memungkinkan pengguna memicu pengalaman AR dengan mengarahkan kamera ponsel mereka ke gambar tertentu.
  • Titik berorientasi yang memungkinkan untuk menempatkan objek virtual pada permukaan miring.

Dapat dikatakan bahwa fungsionalitas ARCore sangat mirip dengan ARKit. ARCore memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas dalam hal pilihan perangkat, sedangkan ARKit memberikan pengalaman yang lebih eksklusif karena menawarkan kontrol atas perangkat lunak dan perangkat keras perangkat yang dikembangkan pada platformnya.

Vuforia

daftar aplikasi pengembangan AR
Mencoba Vuforia dengan Android (Vuforia Library)

Vuforia adalah daftar aplikasi pengembangan AR berikutinya. Ini adalah seperangkat alat pengembangan augmented reality populer lainnya yang juga menawarkan kepada penggunanya fitur-fitur dasar seperti penempatan objek virtual, penargetan model dan area, serta rendering gambar. Aplikasi ini kompatibel dengan Android, iOS dan UWP (Universal Windows Platform).

Rilis terbarunya, Vuforia Engine 10, memiliki API modern yang menyederhanakan tracker lifecycle dan pengelolaan target. Rilis ini juga memperkenalkan petunjuk gerakan DINAMIS baru untuk semua target objek. Petunjuk gerak ini mengoptimalkan pelacakan untuk target yang terus bergerak. Vuforia menawarkan opsi pengembangan sederhana dengan Unity karena sudah terpasang pada platform versi terbaru, membantu menghindari masalah instalasi.

Wikitude

daftar aplikasi pengembangan AR
Aplikasi Wikitude (UXPRO)

Wikitude adalah platform pengembangan AR yang menyediakan pengalaman AR berbasis lokasi dengan bantuan aplikasi Wikitude World Browser. Sudah ada sejak 2008 dan telah mengalami peningkatan yang signifikan sejak saat itu. Alat ini memiliki teknologi AR yang sepenuhnya dikembangkan sendiri yang memberdayakan ribuan aplikasi, brand, agensi, dan developer AR.

Selain itu, Wikitude dapat digunakan sebagai layanan ekstensi untuk ARKit, dan ARCore karena menyediakan pelacakan gambar dan objek yang cepat dan andal sebagai perpustakaan mandiri di Unity. Versi profesional dari Wikitude SDK menyediakan penggunaan tunggal dan ganda untuk pelacakan gambar kelas atas, pelacakan silinder, pelacakan objek, dukungan untuk dasar AR dari Unity, visualisasi objek di Unity editor, dan pelacakan ganda untuk posisi objek gambar.

Wikitude adalah SDK lintas platform yang didukung oleh Android, iOS, Windows, dan kacamata pintar. Edisi profesional memberikan pilihan framework dan fleksibilitas yang luas bagi pengembang untuk membuat aplikasi AR yang kuat dalam JavaScript, Unity, Cordova, Xamarin, Flutter, dan API asli.

Berikut adalah beberapa fitur yang didukung oleh Wikitude:

  • Pelacakan gambar dan objek yang memungkinkan untuk menambah gambar secara bersamaan dan interaktif
  • Penargetan beberapa objek yang memungkinkan untuk melampirkan augmentasi interaktif ke beberapa objek secara bersamaan.
  • Geo AR yang menyempurnakan lokasi geografis dengan tempat yang menarik.
  • AR bridge yang memungkinkan komunikasi langsung antara Wikitude dan pelacakan posisi ARKit/ArCore.

Dengan Wikitude kamu dapat membuat aplikasi berteknologi AR untuk kacamata pintar, menggunakan teknologi canggih untuk pelacakan posisi SLAM (Simultaneous Localization and Mapping), menggunakan studio online Wikitude untuk mengembangkan objek virtual statis, dan banyak lagi.

MaxST

Layanan AR Industri 'MAXWORK' buatan MaxST
Layanan AR Industri ‘MAXWORK’ buatan MaxST (Business Wire)

MaxST adalah platform AR yang fokus pada pelacakan citra dengan kecepatan tinggi dan akurasi. Ini cocok untuk aplikasi yang memerlukan pelacakan objek secara real-time.

MaxST adalah pesaing kuat dari platform yang disebutkan di atas yang memiliki perpustakaan lebih dari 7.000 aplikasi AR yang diproduksi dengan bantuan SDK-nya. Dapat dipasangkan dengan iOS, Android, Unity dan kompatibel dengan kacamata pintar. Selain pelacakan gambar dan objek biasa, MaxST menawarkan fitur menarik berikut:

  • SLAM Visual yang dioptimalkan yang disesuaikan dengan lingkungan smartphone, tidak seperti SLAM lain yang ada, yang memerlukan perangkat keras terpisah yang dilengkapi dengan sensor. Hal ini memungkinkan pembuatan peta virtual dengan mengekstraksi titik cloud dari lingkungan nyata hanya dengan satu kamera RGB.
  • QR/Barcode Reader yang dapat mengenali kode QR dan barcode yang telah diprogram sebelumnya.
  • Pelacak Fusion AR yang menambah konten di luar target dan dapat digunakan berdasarkan pelacak gambar, pelacak instan, pelacak penanda, pelacak kode QR, atau pelacak objek.

Augment

Platform Augment memungkinkan bisnis untuk dengan mudah menerapkan teknologi augmented reality. Fitur Field Sales dapat mnampilkan produk dalam ukuran sesungguhnya di lingkungan pelanggan mereka dan mendorong transaksi dengan lebih efisien. Tim desain dan pengembangan hanya perlu mengunggah dan mengelola model 3D secara online. Augment menyediakan katalog produk 3D eCommerce terbesar untuk ritel dan brand. Penggunaan Augment sebagai AR SDK untuk pengembangan aplikasi seluler dapat membawa konversi penjualan online ke tingkat yang baru.

Dalam dunia yang semakin terhubung dan visual, teknologi augmented reality memiliki potensi besar untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Dengan dukungan dari aplikasi pengembangan AR yang kuat, kamu dapat merancang pengalaman AR yang menakjubkan dan inovatif yang dapat menghadirkan nilai tambah dalam berbagai industri.


Itulah informasi daftar aplikasi pengembangan AR yang dapat kamu manfaatkan untuk menerapkan teknologi AR ke dalam bisnismu. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, penggunaan AR di bidang apa pun akan menjadi lebih canggih dan terjangkau. Kunjungi blog MetaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar blockchain, AR, VR, dan teknologi imersif metaverse lainnya.

Tertarik untuk menggunakan layanan augmented reality dan virtual reality? Segera hubungi customer service kami melalui WhatsApp untuk bertanya dan berkonsultasi secara gratis. Rasakan juga pengalaman dunia virtual yang menakjubkan dengan bergabung bersama MetaNesia.

Bagikan ini: