Ini Dia 11 Daftar Chatbot AI Selain ChatGPT

Ini Dia 11 Daftar Chatbot AI Selain ChatGPT

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah sistem komputer yang memproses data besar, untuk mencari pola dan korelasi. Teknologi AI dapat meramalkan kemungkinan di masa depan dengan menggunakan pola dan korelasi yang ditemukan. Dengan kata lain, AI adalah mesin statistik yang menggunakan data historis untuk membuat prediksi tentang masa depan.

Chatbot AI adalah software dengan kemampuan Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) yang dapat memahami bahasa manusia saat diucapkan atau ditulis. Artinya, chatbot AI dapat menentukan maksud pengguna saat terdapat pertanyaan dan merespons dengan jawaban terbaik yang dianggap paling tepat.

Aplikasi penerima pesan atau chatbot adalah ilustrasi dari AI. Sistem akan mengevaluasi data yang telah dikumpulkan dan mencari pola yang sering muncul di obrolan sebelumnya. AI chatbot akan menggunakan informasi tersebut untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Kualitas tanggapan chatbot meningkat seiring dengan jumlah data yang dikumpulkan dan dianalisis. Kehadiran chatbot berbasis kecerdasan buatan ini diprediksi akan menjadi fitur wajib yang ditawarkan oleh semua software live chat. Salah satu AI chatbot yang populer belakangan ini adalah ChatGPT.

Apa itu ChatGPT?

daftar chatbot ai selain chatgpt
(Pexels/Webpage ChatGPT)

ChatGPT adalah chatbot canggih yang dapat berinteraksi dan merespons dengan cara yang sangat mirip dengan ucapan manusia. Dengan arahan yang diberikan oleh penggunanya, respons yang diberikan juga cukup akurat.

Karena itulah chatbot ini sangat disukai dan sering dibicarakan di media sosial. Sistem chatbot ini termasuk ke dalam Large Language Model (LLM), sebuah program komputer yang dapat mengenali, meringkas, menafsirkan, meramalkan, dan menghasilkan teks.

Fitur-fitur yang terdapat pada ChatGPT

apa saja daftar chatbot ai selain chatgpt?
(Pixabay/Robot Artificial Intelligence)

Menghasilkan jawaban otomatis

Sistem AI yang dilatih dengan data besar membuat ChatGPT mampu menghasilkan jawaban otomatis yang tepat dan sesuai dengan topik yang diajukan. Hal ini juga karena ChatGPT dilatih dengan buku, artikel berita dan data web, sehingga memiliki akses pengetahuan yang luas dan beragam.

Multi-bahasa

Beberapa bahasa didukung oleh ChatGPT, sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan sistem ini dalam bahasa pilihanmu. Hal ini dapat membantu pengguna dalam mengakses informasi yang sebelumnya tidak tersedia dalam bahasa tertentu.

Conversational AI

Memberi respon yang sangat mirip dengan hasil kerja manusia merupakan nilai plus ChatGPT. Ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi seolah-olah kamu berbicara dengan manusia berkat teknologi conversational AI.

Kontekstual

Dapat memahami konteks obrolan yang diberikan oleh pengguna. Dengan kemampuan inilah, ChatGPT dapat menghasilkan jawaban yang relevan.

Banyak topik

Dapat beradaptasi dengan topik berbeda dan memiliki kemampuan menghasilkan jawaban sesuai topik yang sedang dibahas. Hal ini dapat membuat ChatGPT mendiskusikan berbagai macam topik, dari yang sederhana hingga yang rumit.

Personalisasi

Cara kerja chatbot ini dapat mempelajari preferensi dan kebiasaan pengguna untuk memberikan tanggapan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Belajar dari interaksi dengan manusia membuat ChatGPT semakin baik kinerjanya.

Waktu respon

Mampu memberi jawaban dalam waktu yang sangat singkat adalah salah satu keunggulan ChatGPT. Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban berkat kemampuan ChatGPT yang cepat dan responsif terhadap pertanyaanmu.

Daftar chatbot AI

berikut daftar chatbot ai
(Pixabay/Kecerdasan Buatan)

Selain ChatGPT, ada beberapa daftar chatbot AI lain yang dapat digunakan. Berikut daftarnya:

Google Bard

Contoh chatbot AI milik Google ini didukung oleh Language Model for Dialogue Applications (LaMDA). LaMDA adalah model bahasa percakapan yang telah dikembangkan sejak lama. LaMDA pertama kali diperkenalkan pada 2022 dan masih terus diperbarui untuk digunakan masyarakat umum hingga saat ini.

Perbedaan Bard dari platform lain adalah kemampuan berpikir AI-nya yang superior. Hal ini dikarenakan Bard memadukan banyak fakta web yang dapat diandalkan dengan model jawaban inventif berdasarkan eksperimen percakapan.

google bard
(Pexels/Google Bard)

Writesonic

Mirip dengan ChatGPT, Writesonic adalah bot percakapan yang dapat merespons berbagai pertanyaan. Writesonic juga dapat digunakan untuk menulis postingan blog dan teks media sosial.

Pengguna dapat menghasilkan konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari dengan Writesonic. Menurut website Writesonic, kamu dapat meminta chatbot ini untuk membuat karya seni dan visualisasi digital. Selain itu, pengguna dapat menggunakan perintah suara untuk mengajukan pertanyaan kepada Writesonic.

You Chat

youchat
(You Chat)

Platform bot percakapan AI terbaru ini dibuat oleh perusahan asal Indonesia. Pengguna dapat berkomunikasi dengan chatbot yang dilengkapi dengan teknologi voice recognition. Kamu bisa mengakses websitenya di sini.

Dengan fitur ini, pengguna dapat berbicara langsung dengan chatbot dan mendapatkan jawaban yang lebih cepat dan tepat. Selain itu, chatbot ini juga memiliki berbagai fitur lain seperti pemesanan tiket, reservasi hotel, dan layanan pengiriman.

Tidio Chat

Tidio adalah platform live chat yang didukung bot percakapan. Ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan klien menggunakan chatbot yang ramah di berbagai platform, termasuk Facebook Messenger dan situs web. Fitur-fitur pada Tidio diantaranya Pop-up Chat, Targeted Emails, In-App Messaging, Conversation Archiving, Lead Development, Team Inbox.

Selain itu, kamu dapat menggunakan template chatbot atau mengembangkan situasi sendiri berdasarkan penelitian kata kunci dan aktivitas pengunjung situs web. Tidio mudah digunakan dan terintegrasi dengan help desk software, pemasaran email, dan platform eCommerce.

FreshChat

FreshChat menggunakan pembuat bot dengan kode sederhana sehingga mudah digunakan, serta dapat membantu klien dalam menyelesaikan masalah dengan cepat. Dengan bantuan FreshChat, kamu dapat terhubung dengan klien di platform pilihan mereka, termasuk web, seluler, WhatsApp, Facebook Messenger, Apple Business Chat, dan LINE.

Keunggulan chatbot FreshChat adalah:

  • Merespon dengan cepat pertanyaan yang sering diajukan.
  • Menyediakan bot berbasis konteks yang memberikan jawaban instan serta akurat 24/7.
  • Kamu bisa menyesuaikan messenger-mu dengan memilih lebih dari 33 bahasa.
  • Integrasi dengan aplikasi Android serta iPhone
  • Menggunakan satu kotak masuk untuk mengakses informasi pelanggan serta aplikasi pihak ketiga untuk menyelesaikan obrolan dengan cepat.

Chatsonic

chatsonic
(Chatsonic)

Kemampuan Chatsonic adalah dapat memberikan informasi terbaru yang diambil menggunakan grafik pengetahuan dari Google. Oleh karena itu, hasil jawaban yang diberikannya merupakan isu terkini. Selain memberikan jawaban dalam bentuk teks saja, ChatSonic juga akan menjawab dengan suara, layaknya Siri atau Google Assistant.

DeepL Write

Ini merupakan alat menulis yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi tertulis dalam bahasa Inggris dan Jerman. DeepL Write juga menawarkan saran untuk memperbaiki ungkapan, nada, gaya, dan pilihan kata.

Replika: Your AI Friend

replika
(Replika)

Bot percakapan berbasis AI ini bisa digunakan untuk teman mengobrol. Pengguna akan didukung untuk mendiskusikan hari-hari, minat, dan kehidupan mereka secara umum ketika menggunakan replika.

Replika juga akan meniru kebiasaan mengetik pengguna. Software chatbot Replika didukung oleh augmented reality yang memungkinkan untuk melakukan panggilan video, sehingga pengguna terlihat berkomunikasi dengan orang asli. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store.

Poe

poe
(Poe)

Kamu bisa bertanya apa saja dengan berkomunikasi dengan salah satu daftar chatbot AI ini. Namun, Poe biasanya akan bekerja lebih baik jika ditanyai tentang topik pengetahuan umum, sehingga cocok untuk pelajar.

Poe adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Quora yang dapat digunakan dalam bentuk aplikasi. Oleh karena itu, kamu harus mengunduh Poe terlebih dahulu dari App Store atau Play Store.

Aico

Aplikasi ini didukung oleh kemampuan GPT 3 yang dapat memberimu jawaban alami seperti manusia. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan perekaman suara sehingga kamu tidak perlu mengetik.

Lebih dari 500 ribu orang telah mengunduh Aico di Play Store. Aplikasi tersedia secara gratis atau berbayar.

Jasper

Jasper Inc. menciptakan platform Jasper Chat untuk menyediakan solusi chatbot AI yang dapat dihubungkan dengan software luar. Dengan bantuan chatbot yang lebih cerdas dan mudah beradaptasi, Jasper Chat dimaksudkan untuk membantu bisnis dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Salah satu keunggulan Jasper Chat adalah dapat diintegrasikan dengan media lain seperti Facebook Messenger, Slack, WhatsApp, dan lainnya. Jasper Chat juga memanfaatkan pembelajaran mesin untuk meningkatkan pemahaman chatbot tentang konteks dan kapasitas untuk memberikan respons yang lebih cerdas.


Itu dia pemaparan mengenai daftar alternatif bot percakapan berbasis AI yang dapat digunakan selain ChatGPT. Mulai dari pengertian ChatGPT, sampai pilihan daftar chatbot AI lain yang tersedia.

metaNesia adalah dunia metaverse yang menciptakan interaksi virtual di mana pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi dengan lingkungan digital yang mendukung. Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau menjalin kerja sama dengan metaNesia, kamu dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk bertanya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan pihak metaNesia secara gratis.

Kamu juga bisa merasakan pengalaman di metaverse dengan mengunduh aplikasi metaNesia melalui website kami. Ayo rasakan pengalaman yang belum pernah kamu coba sebelumnya melalui metaNesia!

Bagikan ini: