Daftar Koin Metaverse yang Harus Kamu Ketahui, Cek di Sini!
Beranda /
Blog /
Daftar Koin Metaverse yang Harus Kamu Ketahui, Cek di Sini!
16 November 2022

Daftar Koin Metaverse yang Harus Kamu Ketahui, Cek di Sini!

Metaverse telah menjadi istilah populer di kalangan penggemar mata uang kripto. Gagasan untuk menciptakan dunia digital di mana orang dapat memiliki dan berinteraksi dengan orang lain secara ideal telah berkembang secara signifikan. Salah satu yang membuat penggemar kripto tertarik dengan dunia virtual ini adalah koin metaverse yang memiliki sentimen tinggi.

Bahkan, industri besar seperti Meta Platforms telah membeli ide tersebut. Metaverse terus menjadi populer, dan lebih banyak pengembangan dilakukan untuk menguji batasan lebih lanjut dari teknologi Web3.

Koin metaverse hanyalah mata uang kripto yang digunakan orang di metaverse. Pemegang koin crypto dapat membayar apa pun di alam semesta 3D, mulai dari pakaian avatar hingga real estate.

Mereka juga dapat membuat dan menjual produk, barang, atau layanan di dalam platform. Bahkan, mereka pun dapat melakukan investasi dengan koin metaverse yang memiliki kapitalisasi pasar dan sentimen baik.

Dan jika ini semakin membingungkan, bayangkan saja hal-hal yang bisa kamu lakukan dalam realitas alternatif yang tidak dapat kamu lakukan di kehidupan nyata. Simak lebih lanjut daftar koin metaverse di bawah ini:

Pilihan Koin Metaverse

The Sandbox (SAND)

Koin metaverse: Sand
Source: Freepik

Platform The Sandbox diluncurkan pada 20211 oleh Pixowl. Platform ini secara ekstensif mengeksplorasi kemungkinan Web3 karena mendorong pengembangan, pembuatan, dan penjualan aset digital di platformnya. Sejak itu, Sandbox terus meningkatkan platformnya untuk memastikan keberlanjutan dan efisiensi bagi penggunanya.

Platform Sandbox berfokus pada komunitas game dengan menggabungkan utilitas daya dari organisasi otonomi terdesentralisasi dan Non-fungible Token. Platform ini juga menggunakan jaringan ekosistem Ethereum.

Fokus utama Sandbox pada platform game bertujuan untuk memperkenalkan fitur unik teknologi blockchain ke game online. Upaya tersebut agak berhasil hingga saat ini, seperti yang disaksikan oleh kinerja luar biasa dari koin metaverse aslinya, SAND.

Token kripto SAND diprediksi memiliki tingkat pertumbuhan positif di tahun-tahun mendatang. Berdasarkan model inovatifnya, koin metaverse ini bisa mempromosikan penghasilan bagi para kreatif dan gamer di platformnya.

Axie Infinity (AXS)

Koin metaverse: Axie Infinity
Source: Seeklogo

Axie Infinity adalah proyek blockchain unik yang menggabungkan nilai jual unik dari teknologi blockchain dan Web3.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan berdagang, mengumpulkan, memelihara, bertarung, dan membiakkan makhluk berbasis token, yang dikenal sebagai Axies. Beberapa variasi Axies dengan beberapa bagian tubuh berkontribusi pada berbagai pilihan yang tersedia di platform.

The Axies dianggap sebagai NFT dengan fitur unik yang tidak dapat direplikasi. Makhluk-makhluk itu dapat dibiakkan untuk memunculkan makhluk-makhluk unik dengan ciri-ciri berbeda. Potensi yang dimiliki pada dasarnya tidak terbatas. Oleh karena itu, platform Axie Infinity memiliki sistem tata kelola yang cukup baik.

AXS adalah token tata kelola untuk platform Axie Infinity. AXS sendiri merupakan kependekan dari Axie Infinity Shards. Dengan memegang token AXS, kamu bisa mendapatkan hak istimewa untuk menentukan arah organisasi melalui sistem voting. Sama seperti The Sandbox, AXS juga menggunakan jaringan ekosistem dari Ethereum

Decentraland (MANA)

Mana
Source: Decentraland

Decentraland adalah salah satu platform Metaverse yang populer. Decentraland adalah platform realitas virtual yang berjalan di ekosistem Ethereum. Popularitas Decentraland meningkat selaras dengan meningkatnya atensi yang diberikan pada token Metaverse. Platform Decentraland pada dasarnya menggunakan dua koin metaverse, yaitu MANA dan LAND. MANA adalah token ERC-20, sedangkan LAND adalah token ERC-721 yang tidak dapat dipertukarkan.

Platform Decentraland memungkinkan materi iklan untuk membuat dan memonetisasi konten di platform. Dengan menggunakan token MANA, pengguna dapat membeli LAND dalam bentuk NFT dan mengembangkannya di platform Decentraland. Platform ini tidak terbatas dan terus mengeksplorasi semua kemungkinan Web3, menyiratkan masa depan yang lebih cerah untuk token MANA dan platform Decentraland.

CEEK VR (CEEK)

Ceek
Source: Finance Brokerage

CEEK adalah proyek metaverse yang memungkinkan content creator dan artist terhubung dengan penggemar mereka. Metaverse memberikan pengalaman unik bagi pencipta seni digital dan bagi yang ingin beriklan di platform. Intinya, CEEK dapat memberi peluang penghasilan tambahan bagi kreator digital.

Dunia virtual CEEK dapat diakses melalui situs web mereka, atau dengan menggunakan headset VR milik pengguna. CEEK memungkinkan penggemar untuk menghadiri acara langsung dengan teman-teman mereka untuk mendukung artis pilihan mereka. Aktivitas di platform dipantau secara ketat, memungkinkan agensi periklanan menganalisis aktivitas traffic untuk tujuan periklanan.

Koin metaverse CEEK VR, yang dikenal sebagai CEEK, telah mendapat manfaat dari kerja sama dengan pemain industri besar seperti Apple, Microsoft, dan Universal Music. Kerja sama ini akan mendorong token untuk mencapai misinya menciptakan platform dunia virtual terdesentralisasi yang dapat diakses untuk menjadi salah satu ekosistem metaverse terbaik.

SushiSwap (SUSHI)

Ceek
Source: Vecteezy

SushiSwap adalah Automated Market Maker (AMM) yang bergantung pada rumus matematika yang rumit untuk menentukan harga aset digital. Sushiswap adalah platform pertukaran terdesentralisasi populer yang mengotomatiskan penetapan harga antara dua aset digital pada platformnya berdasarkan perbedaan antara likuiditas.

Platform Sushiswap memungkinkan keuntungan dari transaksi yang dilakukan di platformnya karena dilaporkan memegang 0,3% dari biaya transaksi. Platform ini berkembang pesat di kalangan penggemar DeFi karena mendapat untung dari penyedia likuiditas yang ingin memanfaatkan proyek DeFi yang baru-baru ini mengalami masuknya investor.

Sushiswap merupakan bagian dari Uniswap dan dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dibandingkan dengan Uniswap. Token SUSHI, digunakan sebagai sistem penghargaan di platform. Selain itu, koin SUSHI digunakan untuk tujuan tata kelola dalam platform. Token SUSHI diperdagangkan secara bebas dan dapat ditemukan di beberapa platform pertukaran crypto di seluruh dunia.

ApeCoin (APE)

Ceek
Source: Evening Standard

ApeCoin adalah koin metaverse berupa token asli yang digunakan untuk tujuan tata kelola dan utilitas dalam ekosistem APE. Ekosistem APE sendiri telah membuat langkah signifikan untuk mendorong konsep metaverse ke tingkat yang lebih tinggi. Keberhasilan Yuga Labs dengan Bored Ape Yacht telah meluas ke ApeCoin, token metaverse yang dirancang untuk memungkinkan tata kelola ekosistem APE. ApeCoin adalah sarana untuk mengatur Dana Ekosistem DAO ApeCoin dengan menentukan bagaimana dana tersebut harus digunakan.

ApeCoin terinspirasi oleh proyek Bored Ape Yacht Club dari Yuga Lab, yang telah mendapat atensi dari beberapa selebriti di internet. Kepemilikan ApeCoin memungkinkan pengembang untuk berinteraksi dengan platform dan memasukkan ApeCoin ke dalam layanan dan game.

Enjin

Selanjutnya dalam daftar koin metaverse terbaik untuk diinvestasikan adalah Enjin Coin. Didirikan pada tahun 2017, Enjin menawarkan database global yang memungkinkan pengguna mengelola dan menyimpan produk game digital dengan cara yang aman dan terjamin.

Selain itu, Enjin Coin memiliki proses pembelian dan penjualan NFT yang sangat efisien. Proses transaksi Enjin dilakukan melalui aplikasi mobile yang mudah digunakan yang dilengkapi dengan kode QR.

Pada akhir 2021, Enjin Coin mengumumkan akan mengumpulkan $100 juta untuk mendanai dunia metaverse-nya. Di satu sisi, token metaverse yang sedang naik daun ini mengalami tren kenaikan harga yang besar sejak terdaftar di bursa publik pada tahun 2017. Pada saat peluncurannya, investor awal hanya akan membayar $0,017 per token.

Namun, memasuki tahun 2022, Enjin Coin telah mencapai titik terendah di pasar marketplace kripto dengan nilai hanya $1,17. Harga tersebut sangat berbeda jauh saat koin metaverse

CUBE (Somnium Space)

Somnium Space adalah dunia virtual metaverse di network blockchain Ethereum. Pengguna Somnium dapat membeli tanah virtual, membangun atau mengimpor non-fungible token (NFT), menjelajah, dan berdagang.

Proyek Somnium Space menggunakan koin metaverse bernama CUBE untuk bertransaksi. CUBE adalah token ERC-20 yang berasal dari ekosistem Somnium Space.

CUBE dapat digunakan untuk membeli aset virtual seperti NFT, membayar barang dan jasa di metaverse (membeli tanah virtual, dan bermain game premium), serta memberi penghargaan kepada pemain dengan “Karma” yang bagus.

TAMA (Tamadoge)

Daftar koin metaverse berikutnya adalah TAMA. Aset koin ini adalah proyek kripto berbasis metaverse dengan menawarkan kepada pengguna peluang play-to-earn (P2E) di ekosistem virtual, Tamaverse.

TAMA adalah cryptocurrency dari proyek metaverse Tamadoge, di mana pengguna dapat membuat, membesarkan, bermain, dan memperdagangkan hewan peliharaan Tamadoge unik yang dicetak sebagai NFT.

Pengguna dapat membeli hewan peliharaan Tamadoge di toko Tama dan menggunakannya untuk bermain dan bersaing dengan item unik lainnya untuk mendapatkan hadiah. Token TAMA digunakan untuk menyelesaikan transaksi, membeli hewan peliharaan Tamadoge, dan memperdagangkan aset di Tamaverse.

IBAT (Battle Infinity)

Daftar koin metaverse ini merupakan salah satu proyek crypto terbaik untuk melakukan investasi yaitu IBAT. Seperti yang mungkin diketahui oleh banyak investor crypto, dua inovasi paling menarik di pasar teknologi imersif tahun lalu adalah game play-to-earn (P2E) dan metaverse.

Battle Infinity menggabungkan keduanya menjadi satu ekosistem yang menarik. Metaverse ini menawarkan berbagai cara bagi pengguna untuk menjadikan metaverse sebagai investasi sambil bermain di dalamnya. Bagi mereka yang tertarik mempelajari cara melakukan investasi di pasar metaverse, bermain Battle Infinity menjadi salah satu solusinya.

Battle Infinity memanfaatkan kesuksesan game play-to-earn terbaik dengan memberi hadiah koin IBAT token asli platform. Game-game ini terintegrasi ke dalam dunia virtual yang disebut ‘Battle Arena’. Pemain juga dapat melakukan investasi membeli sebidang tanah virtual, yang disusun sebagai NFT dan dapat dimonetisasi melalui iklan.

metaNesia

metaNesia sendiri merupakan metaverse berbasis blockchain yang tidak perlu koin untuk mengaksesnya. Pengguna dapat dengan bebas masuk untuk mengakses dan berekspresi di dalamnya. Kamu tinggal masuk ke dalam marketplace miliknya, yaitu Market metaNesia

Namun jika ingin bertransaksi di metaNesia, pengguna diharuskan untuk membuat metamask sebagai dompet mata uang kripto yang digunakan untuk berinterakasi dengan rantai blockchain.

Metamask dapat berfungsi sebagai dompet digital mata uang kripto yang digunakan sebagian penyimpanan aset NFT, sebagai akun utama untuk bisa melakukan transaksi di Metanesia NFT, dan untuk mengkonversi uang resmi menjadi cryptocurrency atau uang kripto.


Metaverse adalah konsep yang relatif baru dalam pengembangan teknologi blockchain. Daftar koin Metaverse terus bertambah dan berubah seiring waktu saat proyek Metaverse baru dikembangkan. Ingin mencoba metaverse dan bertransaksi di dalamnya? Download metaNesia dan beli aset digital favoritmu!