Daftar Kreator NFT Indonesia, Sukses Raup Cuan Tinggi!

Daftar Kreator NFT Indonesia, Sukses Raup Cuan Tinggi!

Istilah NFT memang ramai menjadi bahan pembicaraan akhir-akhir ini. Sejumlah seniman juga kreator konten ramai membicarakan inovasi teknologi ini. Bukan rahasia lagi, bagi sebagian orang, NFT mampu memberikan keuntungan tinggi.

Sebetulnya apa itu NFT dan kenapa sampai membuat heboh? Di artikel ini, kita akan membahas singkat mengenai NFT dan daftar kreator NFT di Indonesia yang sukses meraup untung. Yuk, baca artikelnya!

Apa yang dimaksud NFT?

Apa yang dimaksud NFT?
Sumber foto: Arthur Mazi via Unsplash

NFT, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai non-fungible token, adalah berkas digital unik yang identitas dan kepemilikannya diverifikasi pada blockchain (buku besar digital). NFT umumnya adalah berkas yang diunggah ke pasar lelang, namun memiliki sifat tidak saling bertukar (non-fungible).

NFT memiliki pengenalan digital yang bersifat unik: tidak bisa diganti, dibagi, atau disalin. Semua hal yang berhubungan dengan NFT direkam dalam database blockchain (rantai blok) yang nantinya akan digunakan untuk vetifikasi kepemilikan.

Kepemilikannya sendiri dapat di-transfer, membuat aset NFT dapat diperjualbelikan. NFT dapat dibuat oleh siapa saja tanpa memerlukan skill coding. Aset NFT biasanya berupa berkas digital seperti foto, video, dan audio.

Karena sifatnya yang unik, NFT berbeda dari crypto yang bersifat fungible. NFT yang terekam pada database rantai blok dapat dilacak untuk memberi bukti kepemilikan pada pembelinya.

Munculnya NFT artist

Munculnya NFT artist
Sumber foto: Fortune

Dalam konteks aset digital NFT, pihak kreator atau pembuatnya biasa dikenal dengan sebutan NFT artist. Seorang kreator NFT umumnya bisa merupakan seniman di dunia nyata, ataupun pengguna biasa.

Intinya adalah, jika seseorang memiliki karya kemudian mengubahnya menjadi NFT, maka orang tersebut bisa disebut NFT artist. Semakin tinggi skor kelangkaan dari sebuah karya NFT bisa membuat nilai jualnya kian meroket dan semakin digandrungi oleh banyak orang.

Patokan dari keunikan jenis aset digital tersebut dengan produk karya seni di dunia nyata dan pasar NFT memiliki nilai dan parameter yang berbeda. Jadi, bukan tidak mungkin NFT yang tercipta dari orang biasa ini nilainya bisa jauh lebih tinggi ketimbang karya seni seorang seniman yang asli. Terlepas dari nilai seni dan keunikan yang dimiliki karya seniman asli.

Marketplace NFT Indonesia

Untuk membeli sebuah karya seni NFT, kamu memerlukan akses ke platform NFT. Platform tersebut disebut dengan marketplace NFT. Di sini, kamu dapat membeli atau menjual aset digital.

TokoMall

Platform NFT pertama adalah TokoMall buatan bursa kripto Tokocrypto. Marketplace ini terkoneksi dengan Binance Smart Chain dan menyediakan layanan minting, jual, dan beli NFT.

TokoMall pun meluncurkan AZNVerse, proyek NFT Collectibles yang diinisiasi oleh Tokocrypto dengan menghadirkan misi untuk mendorong budaya komunitas Asia dan menggunakan NFT sebagai perantaranya.

Baliola

Platform ini menyediakan NFT dari produk seniman Bali. Bailola ini didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Denpasar. Baliola diluncurkan untuk mendukung seniman tradisional maupun modern asal Bali.

Market metaNesia

metaNesia adalah marketplace nft besutan Telkom Indonesia. Di sini, kamu bisa melakukan jual beli karya NFT dengan proses transaksi yang lebih mudah. Transaksi di Market metaNesia langsung menggunakan Rupiah dan bisa dibayar dengan QRIS.

Kreator NFT asal Indonesia

Ghozali Everyday

Kreator NFT asal Indonesia
Sumber foto: Kompas

Siapa yang tak kenal Ghozali? Pria ini sempat viral berkat untung fantastis yang ia dapatkan dari NFT. ‘Ghozali Everyday‘ sukses cuan Rp 1,5 miliar dari jualan NFT foto selfie yang ia lakukan selama 5 tahun, membuatnya masuk salah satu daftar kreator NFT di Indonesia.

Hal itu tidak dilakukan dengan asal-asalan, Ghozali memikirkan apa hal unik yang bisa ia terapkan setelah belajar soal NFT. Baru-baru ini, laki-laki dengan nama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali ini pun mengatakan bahwa ia akan membuat NFT baru berbentuk 3D.

Syahrini’s Metaverse

Syahrini's Metaverse
Sumber foto: Market Bisnis

Syahrini meluncurkan aset NFT pertamanya yang berjudul “Syahrini’s Metaverse Tour” pada 14 Desember 2021 lalu. Totalnya, ada 17.800 unit aset NFT yang dijual Syahrini melalui platform NFT Binance.

Masing-masing aset digital itu dibanderol dengan harga 20 Binance USD (BUSD) atau sekitar Rp286.000. Beberapa jam setelah meluncur, penyanyi asal Indonesia itu mengeklaim bahwa belasan ribu aset NFT yang dilego di Binance ludes terjual.

Anang Hermansyah

Musisi Anang Hermansyah bersama istrinya, Ashanty, juga meluncurkan NFT mereka yang bakal mengusung nama ASIX. ASIX merupakan token yang memungkinkan pengguna memainkan beragam game yang mengusung tema pay-to-earn (P2E). Game yang dapat dimainkan di adalah game tradisional asal Indonesia.

Denny Januar Ali

Denny Januar Ali
Sumber foto: Sampai Jauh

Tidak hanya artis tanah air, pengusaha dan penulis buku kenamaan Denny Januar Ali juga menjual lukisan tentang dirinya yang berjudul “A Portrait of Denny JA – 40 Years in the World of Ideas” pada 16 April 2021 lalu.

Karya seni ini bukan sekedar lukisan digital biasa. Lukisan yang menyerupai wajah Denny ini dirancang berdasarkan 102 sampul buku karya Denny Januar Ali yang ia tulis selama 40 tahun berkarya. Pelukis lukisan ini adalah Galam Zulkifli.

Denny Januar Ali menjual lukisan tersebut melalui platform OpenSea dengan akun Studio-DennyJA. Pada 22 April 2021 lalu, lukisan tersebut ditawar dan berhasil dibeli oleh AlanLoe-JR dengan harga 27,5 WETH atau sekitar Rp 1 miliar.


Itulah daftar singkat kreator NFT di Indonesia. Masih banyak artikel seputar teknologi menarik lainnya yang bisa kamu akses di metaNesia seperti augmented reality, virtual reality, dan metaverse.

metaNesia adalah tempat di mana kamu bisa bersosialisasi, berinteraksi, bermain, dan berkreasi di dunia metaverse tanpa adanya batasan. Baca artikel lainnya di blog metaNesia!

Bagikan ini: