Daftar NFT Marketplace Dunia dan Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Daftar NFT Marketplace Dunia dan Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Daftar NFT Marketplace di Dunia

Market metaNesia

NFT adalah token yang tidak dapat dipertukarkan. Merupakan barang unik yang tidak bisa kamu ganti dengan barang lain. Misalnya, karya digital NFT satu-satunya tidak dapat dipertukarkan dengan karya digital yang lain, karena nilai yang dimiliki akan berbeda. 

Saat ini, sebagian besar NFT cenderung digital. Hal ini sangat memudahkan kreator untuk memberikan sesuatu yang langka dan unik kepada penggemarnya. Beberapa NFT, misalnya, adalah karya seni digital, dan orang-orang sekarang mengoleksi karya seni digital ini, seperti kolektor yang mengoleksi lukisan fisik selama bertahun-tahun.

Dan beberapa dari NFT ini dijual dengan harga yang luar biasa. Satu karya seni NFT oleh seniman digital bernama Beeple terjual seharga $69 juta di Christie’s. Jika kamu mengikuti tren NFT, marketplace NFT adalah pintu gerbang untuk berpartisipasi dalam pembelian dan penjualan aset digital ini.

Saat ini, telah banyak NFT marketplace yang sudah ada, dan banyak di antaranya memiliki fokus tertentu. Apa yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan mana yang akan digunakan, dan apa NFT marketplace teratas di luar sana? Inilah yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Selengkapnya Tentang Tren NFT di Indonesia dan Dunia!

Daftar NFT Marketplace Teratas

1. NFT marketplace OpenSea 

tampilan homepage website OpenSea

Website OpenSea (opensea.io)

OpenSea dengan berani menggambarkan dirinya sebagai NFT marketplace terbesar. Mereka memiliki semua jenis aset digital yang tersedia di platformnya, dan gratis untuk mendaftar serta menelusuri penawaran yang diberikan. Mereka juga mendukung artist dan kreator, serta memiliki proses yang mudah digunakan jika ingin membuat NFT sendiri (dikenal sebagai “minting”).

OpenSea mendukung lebih dari 150 token pembayaran yang berbeda, sehingga hal tersebut membuat nama platform yang digunakan sesuai. Untuk pengenalan dunia NFT, OpenSea adalah tempat yang bagus untuk memulai.

2. Axie Marketplace

Marketplace untuk game Axie Infinity (Axieinfinity)

Axie Marketplace adalah toko online untuk video game Axie Infinity. Axies adalah makhluk mitos yang dapat dibeli dan dilatih, lalu diadu dengan Axies pemain lain untuk mendapatkan hadiah. Di Axie Marketplace, pemain dapat membeli Axies baru, serta seluruh tanah dan item lainnya, sebagai NFT untuk digunakan dalam game.

Token Axie Infinity (disebut Axie Shards) dibangun di blockchain Ethereum. Dengan demikian, mereka dapat dibeli dan dijual di berbagai pasar NFT lainnya, serta di beberapa bursa mata uang kripto seperti Coinbase Global (NASDAQ:COIN).

3. Larva Labs/CryptoPunks

Meebits

LarvaLabs Marketplace (LarvaLabs)

Larva Labs terkenal karena proyek NFT CryptoPunks yang viral. Mereka awalnya diberikan secara gratis pada tahun 2017, tetapi beberapa CryptoPunks telah terjual jutaan dolar sejak saat itu. Larva Labs memiliki proyek seni digital lainnya seperti Autoglyphs, serta proyek pengembangan aplikasi berbasis blockchain Ethereum lainnya.

NFT CryptoPunks Larva Labs terjual habis, tetapi dapat ditawar dan dibeli dari berbagai pasar pihak ketiga. Di lain sisi, berbagai proyek Larva Labs patut diperhatikan, termasuk Meebits, yang dapat ditawar langsung dari Marketplace bawaan perusahaan.

4. NFT marketplace Rarible

tampilan homepage website Rarible

Website Rarible (rarible.com)

Rarible adalah marketplace besar lainnya untuk semua jenis NFT, mirip dengan OpenSea. Semua jenis seni, video, barang koleksi, dan musik dapat dibeli, dijual, atau dibuat di platform. Namun, tidak seperti OpenSea, kamu harus menggunakan token Rarible untuk membeli dan menjual di marketplace. Karya seni tetap dapat dikelola dengan baik di OpenSea dengan token Rarible.

Platform ini menempatkan fokus khusus pada aset seni. Kreator dapat menggunakan Rarible untuk “mencetak” NFT baru untuk menjual karya mereka, baik itu buku, album musik, seni digital, atau film. Kreator bahkan dapat menunjukkan sekilas kreasi mereka kepada semua orang yang datang ke Rarible.

5. SuperRare

Tampilan homepage pada website SuperRare

Website SuperRare (superrare.com)

Mirip dengan Rarible, SuperRare juga membangun marketplace untuk kreator digital. Situs ini mencakup seni, video, dan gambar 3D, tetapi kolektor dapat membeli karya seni menggunakan Ethereum.

SuperRare baru-baru ini mengumumkan tokennya sendiri dengan nama yang sama berdasarkan blockchain Ethereum. Seperti Rarible, NFT SuperRare juga dapat dibeli dan dijual di OpenSea.

6. NFT marketplace Foundation

NFT Marketplace Foundation

Foundation Marketplace NFT (Foundation)

Marketplace Foundation menyebut dirinya sebagai ekonomi kreatif baru. Fokus utamanya adalah pada seni digital. Dalam postingan blog pertama di situs web mereka pada Agustus 2020, mereka mengumumkan panggilan terbuka bagi kreator untuk bereksperimen dengan crypto dan bermain dengan konsep nilai. Mereka mengundang kreator untuk “meretas, menumbangkan, dan memanipulasi nilai karya kreatif”.

Setiap kali NFT diperdagangkan di Foundation, kreator menghasilkan 10% dari transaksi sekunder tersebut, yaitu, seorang kreator menerima 10% dari nilai penjualan setiap kali seorang kolektor menjual kembali karya mereka kepada orang lain dengan harga lebih tinggi.

7. Mintable

Mintable adalah NFT marketplace yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Pada marketplace ini memungkinkan kreator mencetak NFT mereka secara gratis dan memudahkan untuk menjual atau melelang karya yang dimiliki. Meskipun masih relatif baru di industri ini, Mintable didirikan pada tahun 2018 dan didukung oleh pengusaha dan investor miliarder, Mark Cuban.

Di Mintable, berbagai pengguna, seperti musisi dan animator, dapat membuat, mendistribusikan, membeli, menjual, dan memperdagangkan aset digital mereka. Platform ini memungkinkan kreator untuk menggunakan kontrak pintar di blockchain sehingga mereka dapat membuat aset digital bahkan tanpa mengetahui cara melakukan koding. Mintable juga memungkinkan kreator mengubah file digital mereka seperti PDF dan MP4 menjadi NFT yang dapat mereka pasarkan melalui Mintable.

8. Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah NFT marketplace populer yang menjual karya seni dari seniman digital dan selebritas seperti Beeple, Pak, Daniel Arsham, dan Grimes. Platform ini dikelola oleh Gemini, pertukaran crypto yang teregulasi dan aman, dan dianggap sebagai marketplace kelas atas karena kolaborasinya dengan kreator dan merek populer.

Salah satu hal yang membuat Nifty Gateway unik adalah memungkinkan kreator menerima persentase penjualan pasar sekunder. Jadi, ketika seseorang membeli NFT milikmu, Kamu akan menerima potongan dari penjualan tersebut, sama seperti Foundation. Selain itu, Nifty Gateway memiliki “open editions”, yang memungkinkan kreator mencetak karya mereka tanpa batas dalam waktu terbatas.

9. BakerySwap

BakerySwap adalah automated market maker (AMM) dan decentralized exchange (DEX) di Binance Smart Chain (BSC). Platform ini menggunakan token BakerySwap asli (BAKE). BakerySwap adalah hub kripto multifungsi yang menawarkan berbagai layanan decentralized finance (DeFi), serta landasan peluncuran kripto dan supermarket NFT.

10. Decentraland

Decentraland adalah dunia VR yang dibuat di blockchain Ethereum, yang menjadikannya NFT marketplace yang aman dan andal. Memungkinkan pengguna memperoleh properti virtual dan aset digital lainnya seperti perangkat yang dapat dikenakan, karya seni, dan bahkan nama, yang disimpan dalam kontrak pintar di blockchain Ethereum.

Selain memungkinkanmu untuk membeli aset digital, Decentraland juga memungkinkan untuk membuat aset sendiri yang dapat kamu daftarkan di Decentraland Marketplace. Decentraland memiliki alat Builder drag-and-drop yang mudah digunakan yang memungkinkan kamu membuat avatar dan bentuk 3D.

11. KnownOrigin

KnownOrigin adalah marketplace tempat kamu dapat menemukan dan mengumpulkan karya seni digital langka. Setiap karya seni digital di KnownOrigin asli dan benar-benar unik. Kreator dapat menggunakan platform ini untuk memamerkan dan menjual karya mereka kepada kolektor yang peduli dengan keaslian. Itu diamankan oleh blockchain Ethereum.

Kreator dapat mengirimkan karya seni digital sebagai jpg atau Gif ke galeri KnownOrigin, dengan semua file di IPFS.

12. Market metaNesia

NFT Marketplace Market metaNesia

Market metaNesia, NFT marketplace dari Indonesia (Market metaNesia)

Di Indonesia sudah terdapat beberapa marketplace NFT yang beroprasi, salah satunya Market metaNesia. Seperti marketplace NFT pada umumnya, Market metaNesia membantu seniman dan kolektor untuk bisa menjual dan membeli karya seni digital dalam bentuk NFT.

Market metaNesia menerapkan proses  pembelian NFT yang mudah, pengguna tidak harus ribet membuat metamask wallet di awal untuk melakukan pembelian NFT dalam Rupiah. Untuk sistem royaltinya pun lebih localize dan transparan, di mana pembagian royalti dapat disesuaikan dengan kebutuhan kreator. Selain itu, pengguna dapat mengkonversi dan menggunakan NFT item yg mereka miliki di dalam metaNesia NFT di dalam metaverse metaNesia. Kelebihan lainnya, metaNesia juga menerapkan prinsip Phygital (Physical & digital) di mana pengguna dapat me-redeem digital item-nya ke dalam bentuk physical yang di-support oleh Merchnesia.


Setelah mengetahui NFT marketplace yang ada di dunia, kamu dapat mengetahui tentang platform yang dapat digunakan untuk jual-beli NFT. Kamu ingin menjual karya seni digital atau membeli NFT yang kamu sukai? Buat, beli, dan pamerkan karya digital koleksimu di Market MetaNesia sekarang!

MetaNesia, #WhereDreamsComeTrue

Bagikan ini: