Daftar Rekomendasi Aplikasi yang Berguna untuk Memulai sebagai VTuber

Daftar Rekomendasi Aplikasi yang Berguna untuk Memulai sebagai VTuber

Akhir-akhir ini banyak bermunculan rekomendasi aplikasi VTuber di media sosial. Jika kamu selalu berlama-lama di YouToube, mungkin kamu tahu tren VTuber yang muncul sejak tahun 2017. VTuber, atau virtual YouTuber, berkomunikasi dengan penonton mereka melalui avatar, alih-alih menunjukkan wajah asli mereka. 

Jika kamu ingin menjadi figur online, tetapi merasa tidak nyaman untuk membagikan wajah dan identitas asli, kamu bisa menjadi VTuber. Oleh karena itu, kamu harus mencoba beberapa aplikasi atau perangkat lunak VTuber terbaik ini. Ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi vtuber yang bisa membantumu membuat karakter virtual dengan mudah.

Daftar Rekomendasi Aplikasi VTuber terbaik

1. Live 3D

rekomendasi aplikasi vtuber live3d
Live3D VTuber Software (live3d.io)

Live3D adalah rangkaian aplikasi virtual Youtuber (VTuber) yang menawarkan berbagai alat dan opsi untuk streamer baru maupun yang berpengalaman.

Dengan Live3D, kamu dapat membuat avatar VTuber sendiri, kemudian mengeditnya, atau cukup memilih beberapa opsi yang telah dibuat sebelumnya dari galeri. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 30 avatar dan 40 pose berbeda. Kamu juga bisa memilih beberapa adegan yang sesuai dengan minatmu.

Dengan semua fitur tersebut, kamu dapat menyesuaikan avatar sesukamu. Kemudian, yang terbaik dari semuanya, kamu dapat menambahkan efek virtual khusus ke saluran Twitch milikmu dengan menggunakan ekstensi Live3D Twitch!

Fitur menarik lainnya, kamu dapat memiliki Pokemon, Digimon, atau karakter lain sebagai hewan peliharaan dengan menggunakan aplikasi Shimeji. Coba versi gratis Live3D sekarang juga! Dan tingkatkan pengalamanmu dengan menggunakan 3 paket berbayar lainnya dari Live3D.

2. Wakaru

rekomendasi aplikasi vtuber wakaru
Wakaru ver. Beta (Steam)

Wakaru adalah salah satu program terdahulu yang memungkinkan kamu membuat video virtual dan cosplay menjadi avatar pilihanmu. Aplikasi ini sangat populer di Asia, dan menawarkan beberapa opsi, seperti editor video singkat, dan fitur lanjutan yang memungkinkan kamu dapat membuat tampilan virtual pilihan.

Saat menggunakan Wakaru, kamu tidak perlu memasang kit atau perangkat VR lainnya. Hal ini membuatmu dapat membagikan hasil animasi dengan penonton di platform streaming pilihan dengan mudah.

Meskipun memiliki ratusan opsi dan sepenuhnya gratis untuk semua orang, penangkapan gerak pada Wakaru tidak begitu baik. Saat kamu melakukan gerakan berpindah-pindah, Wakaru mungkin tidak dapat mereplikasi gerakan dengan sempurna. Wakaru adalah opsi yang bagus untuk semua pemula dan perangkat lunak gratis yang memungkinkanmu dapat memahami cara kerja video realitas virtual.

3. Facerig

rekomendasi aplikasi vtuber facerig
Webcam Facerig (Steam)

Facerig dapat dipertimbangkan jika kamu tidak akan membuat video yang memperlihatkan seluruh tubuh. Sesuai dengan namanya, software ini berfokus pada wajah. Serta memiliki banyak fitur lain yang bagus untuk membuat video realitas virtual tanpa set VR. 

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur d engan biaya yang terjangkau, seperti cosplay digital instan, pemrosesan suara secara real-time, kualitas render yang luar biasa, dan alat penyesuaian lainnya. Menariknya, Facerig mendukung teknologi Live2D Cubism 3.0 untuk memungkinkan vtuber membuat video terbaik untuk kebutuhan mereka.

4. VTube Studio

Vtube studio profile
Studio VTube (Steam)

VTube Studio berfungsi di perangkat MacBook dan PC, tetapi membutuhkan smartphone seperti iOS atau Android untuk menggunakannya. Aplikasi VTubing ini memanfaatkan smartphone yang terhubung untuk melacak wajah dan menganimasikan karakter live2D. 

Ini kompatibel dengan OBS untuk streaming dan merupakan aplikasi perangkat lunak gratis. Ada banyak fitur yang tersedia di perangkat lunak ini. Namun, aplikasi ini tidak dapat melacak gerakan mata atau kedipan mata. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang bagus sebagai aplikasi VTubing yang andal untuk pemula.

5. VRoid

Vroid studio
VRoid Studio (VRoid)

Aplikasi yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat karakter anime 3D, dan digunakan oleh orang-orang yang menyukai anime dan karakternya. Jika kamu adalah bagian dari komunitas anime dan ingin membuat avatar gerak yang menyerupai karakter anime favorit, maka Vroid adalah aplikasi video VTuber terbaik.

Kualitas avatar pada aplikasi ini tidak begitu luar biasa, tetapi ini jelas merupakan pilihan yang baik jika kamu mencari avatar anime yang akan terlihat bagus pada webcam. Vroid tersedia untuk pengguna ponsel seperti Android dan Apple, dan kompatibel dengan semua platform streaming populer.

6. VR Chat

VRChat header
VRChat (VRChat)

Tampaknya tidak mungkin jika di dalam daftar ini diselesaikan tanpa menyebutkan VRChat. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu aplikasi paling berguna untuk VTuber. VRChat menyediakan fitur bagi orang yang ingin mencoba banyak hal, termasuk pembuatan dan avatar untuk keperluan VTubing. Aplikasi ini tersedia di Steam, dan kompatibel dengan banyak alat, dan perangkat VR.

VRChat juga memungkinkanmu untuk membuat dunia virtual untuk video VTuber. Terlebih lagi, VRChat mendukung avatar seluruh bagian tubuh dengan sinkronisasi bibir, pelacakan mata/kedipan, gerakan tangan, dan rentang gerakan lain yang lengkap.

7. FaceVTuber

FaceVTuber profile
FaceVTuber (FaceVTuber)

Hanya dengan browser web dan webcam, kamu bisa menjadi VTuber berkat FaceVTuber. Ini adalah perangkat lunak VTubing berbasis web yang berjalan melalui browser web apa pun (Chrome direkomendasikan oleh pengembang). Keterbatasan besar untuk penggunaan aplikasi ini adalah user interface yang menggunakan bahasa Jepang. Jika kamu dapat mengerti bahasa Jepang, maka FaceVTuber bisa menjadi pilihan terbaik.

8. Hyprmeet

hyprmeet
Hypermeet (Hyprmeet)

Hyprmeet adalah perangkat lunak VTubing solid yang tersedia untuk pengguna macOS dan Windows OS. Ini adalah aplikasi yang cukup intuitif untuk membuat video virtual reality Y ouTube. Dengan perangkat lunak Hyprmeet, kamu dapat menyesuaikan karakter anime dalam berbagai bentuk, dan melakukan panggilan video dengan teman.

Salah satu alasan memilih software ini adalah kemudahannya. Hyprmeet berfungsi di komputer MacBook dan Windows. Ini adalah alat yang hebat untuk kamu gunakan dalam memulai saluran VTuber.

9. Animaze

Animaze
Animaze (Steam)

Perangkat lunak VTuber ini disediakan oleh FaceRig, diperuntukkan untuk VTuber pemula dan elit. Aplikasi ini pada dasarnya adalah perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya mengubah diri menjadi karakter hewan virtual dan membuat video untuk berbagai tujuan.

Animaze tersedia untuk pengguna PC, juga memiliki versi aplikasi seluler untuk pengguna iPhone. Semua yang diperlukan untuk menggunakan Animaze adalah webcam. Ada banyak hal yang dapat disesuaikan menggunakan Animaze untuk membuat avatar milikmu menonjol dan terlihat unik.

10. Luppet

Luppet vtuber
Header Luppet (Luppet)

Luppet sering dibandingkan dengan FaceRig. Aplikasi ini adalah alat yang hebat untuk memulai menjadi VTuber. Perangkat lunak VTuber ini mengemas berbagai fitur praktis yang membantu untuk berbagai tujuan.

Luppet juga menyediakan interface yang intuitif untuk membuat video. Dengan perangkat Leap Motion yang digantung di leher pengguna dan kamera yang mengarah ke wajah, Luppet akan menangkap gerakan tangan dan gerakan lainnya.

11. V-Katsu

rekomendasi aplikasi vtuber VKatsu
V-Katsu Profile (steamcommunity)

Rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk menjadi VTuber berikutnya ada V-Katsu. Perangkat lunak ini bisa membuat karakter VTuber-mu jadi lebih menarik. Kamu bisa membuat berbagai model animasi karakter avatar 3D dengan menyesuaikan ekspresi wajah, gaya rambut, bentuk tubuh, pakaian, dan aksesoris yang bervariasi.

Selain itu, kamu juga bisa merasakan kehidupan nyata menjadi karaker avatar yang telah kamu buat. Dengan perangkat VR seperti Oculus Rift dan HTC Vive, memungkinkan kamu menggerakkan tangan dan kaki avatar secara bebas.

Bagi pengguna PC dan android, kamu bisa mengunduh aplikasi VTuber ini di perangkatmu. Namun, sangat disayangkan untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu harus mahir berbahasa Jepang karena V-Katsu belum menyediakan pengaturan dalam bahasa Inggris.

12. VSeeFace

rekomendasi aplikasi vtuber VSeeFace editing
VseeFace Profile (vseeface.icu)

Aplikasi VTuber yang satu ini menawarkan fungsionalitas yang serupa dengan dua aplikasi VTuber sebelumnya, yaitu Wakaru dan Luppet. Tidak seperti aplikasi sejenis lainnya, VSeeFace dapat mendeteksi ekspresi wajah langsung dari rekaman webcam. Detail terkecil seperti posisi berkedip, alis, dan mulut dapat dilacak dengan akurasi tinggi, ini membuat avatar yang kamu buat terlihat lebih natural.

Alih-alih menggunakan tombol cepat untuk mempercantik tampilan avatar, kamu bisa mengandalkan VSeeFace untuk menangkap ekspresi wajah aslimu saat sedang streaming. Ini menjadikan VSeeFace pembuat VTuber yang luar biasa bagi pemula yang menginginkan hasil seperti aslinya, tanpa harus memiliki pengetahuan mendalam tentang animasi 3D.

13. PrprLive

rekomendasi aplikasi vtuber PrprLive
Ptofile PrprLive (Steam)

PrprLive adalah aplikasi siaran langsung VTuber Live2D yang memiliki fungsi sama dengan aplikasi Vtube studio, tetapi memiliki lebih sedikit fitur dibandingkan Vtube studio. Sehingga, membuat aplikasi ini berjalan lebih ringan jika dioperasikan di komputer.

Dengan PrprLive, kamu bisa meningkatkan kinerja siaran langsungmu dengan frame rate tinggi dan multi-ekspresi. Adapun fitur pada PrprLive seperti, mengatur control rigging pada anatomi tubuh dan mengganti background. Namun sangat disayangkan, bagi kamu pengguna android disarankan untuk menggunakan VTube studio karena PrprLive masih belum tersedia di android.


Jika kamu ingin memulai karir menjadi seorang virtual YouTuber (VTuber), rekomendasi aplikasi VTuber yang tercantum di sini adalah yang kamu butuhkan untuk memulai perjalanan sebagai VTuber. Ingin mengetahui aplikasi VTuber yang dapat diakses melalui android? Kunjungi metaNesia untuk mengetahuinya.

Apabila kamu tertarik untuk menjual produk digital atau membangun sistem metaverse dengan menjalin kerja sama dengan MetaNesia, hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp untuk berdiskusi. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pihak MetaNesia secara gratis.

Ayo rasakan pengalaman masuk ke dunia metaverse, dengan mengunduh aplikasi MetaNesia di website kami.

Bagikan ini: