Daftar Rekomendasi Software 3D Terbaik di Tahun 2023
Beranda /
Blog /
Daftar Rekomendasi Software 3D Terbaik di Tahun 2023
1 December 2022

Daftar Rekomendasi Software 3D Terbaik di Tahun 2023

Animasi 3D (needpix.com)

Software 3D adalah jenis perangkat grafik komputer yang memungkinkan desain, pengembangan, produksi grafik, dan animasi 3D. Software 3D memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan, mendesain, dan mengontrol objek, lingkungan, atau elemen grafis apa pun dalam lingkup tiga dimensi.

Arsitek, desainer, atau penghobi, dapat menggunakan software pemodelan 3D untuk membuat skema bangunan yang bagus atau mencoba ide desain rumah baru. Jika kamu seorang profesional, software semacam itu adalah alat yang membantu untuk menunjukkan hasil pekerjaan kepada klien.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih software animasi 3D dan animasi 3D arsitektur terbaik. Fitur yang tersedia, kegunaan, dan aplikasi berbeda-beda bergantung pada software yang kamu pilih. Jadi, penting untuk mengetahui kebutuhan yang kamu perlukan. 

Berikut ini adalah daftar software dengan fitur berlimpah dan software untuk membuat konten animasi 3D dan arsitektur terbaik. Apakah kamu seorang pemula yang memulai dari awal atau seorang profesional berpengalaman. 

Daftar software animasi 3D terbaik

1. Blender

Aplikasi Animasi 3D Blender (Wikimedia Commons/Vulcan/Sphere)

Ada banyak software animasi 3D gratis di luar sana, tetapi sulit untuk mengabaikan Blender sebagai yang terbaik. Software animasi 3D gratis ini dapat digunakan untuk setiap tahap proses membuat konten 3D, mulai dari pemodelan, rigging, animasi, dan simulasi. Hingga rendering, pengomposisian, pelacakan gerak, dan pengeditan video. Blender juga mendukung animasi 2D.

Software ini dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, termasuk iklan, film fitur animasi, serial TV, video game, efek visual, arsitektur dan seni.

Blender juga menawarkan alat rigging yang sangat baik yang dapat kamu gunakan untuk mendesain kerangka dan kemudian menentukan lokasi serta mobilitas anggota tubuh dan hubungannya satu sama lain saat membuat kerangka kerja untuk karakter 3D.

Secara keseluruhan, Blender adalah perangkat lunak animasi 3D film yang hebat dan bagus untuk mengembangkan model 3D bergerak untuk video dan penggunaan lainnya.

2. Clara.io

Aplikasi animasi 3D Clara IO (Wikimedia Commons/Mrmrben)

Clara.io adalah software animasi 3D gratis yang dapat digunakan di browser. Dalam hal pemodelan 3D, Clara.io memenuhi sebagian besar kebutuhan, karena mampu melakukan teknik pemodelan dasar seperti ekstrusi, beveling, slicing, cutting, dan looping. Clara.io juga menampilkan pemodelan sub diving

Karena software animasi 3D gratis ini berjalan di cloud, ini adalah alat yang sempurna untuk berkolaborasi dalam proyek animasi 3D yang kompleks. Mode kolaboratifnya hadir dengan sistem manajemen hak pengguna yang lengkap. 

Kemampuan renderingnya disediakan oleh V-Ray. Software animasi 3D gratis ini memungkinkanmu menyematkan model 3D dan animasi 3D ke situs web. Fitur ini mencakup kemungkinan pengunjung berinteraksi dengan properti model 3D yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengubah skala atau ketebalannya.

3. Daz Studio

Aplikasi animasi 3D DAZ Studio (Wikimedia Commons/Nikolei Falcon)

Daz Studio adalah software animasi 3D yang ditujukan untuk para penghobi. Alat ini mengambil beberapa shortcut untuk memudahkan alur kerja. Kamu dapat membeli model siap pakai yang menarik di marketplace. Daz Studio memiliki sejumlah alat untuk men-tweak setiap aspek model dasar, seperti bentuk, ukuran, dan panjang bagian badan.

Dalam hal animasi, Daz Studio sarat dengan berbagai alat. Data penangkapan gerak yang dapat diedit agar sesuai dengan kebutuhan hanyalah salah satu dari banyak fitur yang ditawarkan software animasi 3D ini. Jika mau, kamu bahkan dapat menetapkan berbagai pose ke model milikmu dan program akan menghasilkan gerakan di antaranya secara otomatis. Dengan kata lain, animasi 3D tidak pernah semudah ini.

Hal yang hebat tentang software animasi 3D ini adalah tersedia secara gratis. Perlu juga disebutkan bahwa Daz Studio menawarkan konten 3D. Tempat kamu dapat membeli dan menjual model, pose, dan properti. Software ini dapat dipertimbangkan untuk membuat konten 3D.

4. Houdini Apprentice

membuat konten 3d
Aplikasi animasi 3D Houdini (SideFX)

Houdini adalah alat populer untuk pengembangan dan animasi 3D. Pemodelan prosedural Houdini memungkinkanmu untuk mengubah seluruh model, dan dengan cepat menghasilkan geometri kompleks pada tingkat kualitas yang konstan dengan mengubah parameter individu. 

Software animasi 3D ini memiliki solusi untuk setiap tantangan dalam membuat konten 3D. Misalnya, kamu dapat melakukan simulasi kerumunan kompleks yang mencakup kontrol untuk tata letak kerumunan, penghindaran tabrakan, dan banyak lagi. Keistimewaan lain dari Houdini adalah cairan dan partikel yang dihasilkan secara prosedural yang memberikan realisme pada animasi 3D milikmu. 

5. Mixamo

membuat konten 3d
Aplikasi animasi 3D Mixamo (Wikimedia Commons/Mixamo)

Mixamo adalah platform online yang berpotensi mempercepat alur kerja animasi 3D dengan membuat rig untuk karakter bipedal secara otomatis. Menyiapkan kerangka secara manual bisa menjadi proses yang melelahkan, karena bobot untuk setiap tulang harus dicat sedikit demi sedikit. Dalam perangkat lunak animasi 3D ini, pengguna mengunggah file 3D mereka dan menandai beberapa elemen kunci seperti lutut dan siku. Kemudian, Mixamo melakukan keajaibannya dan membuat rig canggih dengan kulit dan berat yang sudah siap untuk animasi 3D.

Tapi, software animasi 3D ini bisa melakukan lebih dari sekedar auto-rigging. Kamu dapat memilih dari file animasi untuk ditetapkan ke model milikmu. File-file tersebut disusun menurut genre dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan proyek yang kamu kerjakan.

6. Boats Animator

membuat konten 3d
Aplikasi animasi stop motion – (Boats Animator)

Boats Animator adalah software animasi stop motion gratis. Memiliki UI yang jelas dan rapi, membuat pemula pun dapat menggunakannya. Tapi, cukup komprehensif juga untuk menarik animator berpengalaman. Yang terpenting, perangkat lunak animasi 3D ini memiliki fitur onion skinning. Program yang membantumu dalam membuat animasi yang halus karena kamu dapat secara akurat memindahkan model ke posisi bingkai berikutnya.

Alur kerjanya sangat cepat, karena bingkai yang diambil dengan software animasi ini dapat diputar secara instan tanpa perlu menunggu pemrosesan. Boats Animator terus diperbarui dan ditingkatkan. Rilis terbaru menambahkan dokumentasi baru, meningkatkan keamanan, dan lebih mudah dipasang. 

7. Motionbuilder

membuat konten 3d
Aplikasi animasi 3D Cinema 4D (Flickr/Creative Tools)

Motionbuilder adalah software pembuatan konten animasi 3D kelas profesional dari Autodesk. Software ini menggabungkan keyframe animasi dengan penangkapan gerak dan produksi virtual. Dengan software animasi 3D ini, kamu dapat menganimasikan karakter 3D secara realtime yang sangat cocok untuk pengembangan dan film animasi.

Mirip dengan software pengeditan film, Motionbuilder memungkinkan kamu untuk memotong dan menggabungkan gerakan yang berbeda. Perbedaan utamanya adalah bahwa alih-alih menghasilkan potongan yang kasar, software ini membantu menciptakan transisi yang mulus dan alami di antara file yang digabungkan. Seluruh proses tidak merusak, sehingga file asli tidak terpengaruh sama sekali.

8. Cinema 4D

membuat konten 3d
Aplikasi animasi 3D Cinema 4D (Flickr/Creative Tools)

Jika kamu mencari kemudahan dalam penggunaan, Cinema 4D terkenal intuitif untuk digunakan. Didukung oleh OpenGL, real-time viewport dari software animasi 3D ini dilengkapi dengan depth of field yang membuatnya lebih mudah untuk mengontrol efek secara efisien. 

Cinema 4D memungkinkan kamu mengekspor render pratinjau sehingga kamu dapat mengirimkannya ke klien untuk disetujui. Untuk meningkatkan kecepatan rendering secara keseluruhan, Cinema 4D menghadirkan alat LOD yang menyederhanakan objek berdasarkan jaraknya ke kamera dan faktor lainnya.

Pembaruan untuk software animasi 3D ini telah menjadikan lebih mudah untuk mengintegrasikan rekaman langsung secara mulus dengan objek animasi 3D. Sebuah fitur yang disebut Scene Reconstruction menciptakan awan titik berwarna dan geometri berdasarkan fitur yang dilacak yang memungkinkan kamu menggabungkan kedua komponen dengan tepat.

9. Akeytsu

Akeytsu merupakan software yang telah ada selama beberapa tahun. Software ini terus melakukan pembaharuan, dan memiliki UI yang bersih dan rapi yang memberimu dasar-dasar untuk terjun ke dunia animasi.

Akeytsu juga bukan software animasi yang paling kompleks. Harganya cukup terjangkau (mulai dari $179 per tahun) dan memiliki opsi uji coba gratis 30 hari, memberi kamu kesempatan untuk menguasainya sebelum membeli . Akan lebih baik jika kamu seorang pelajar, karena dalam hal ini, akan diberi gratis selama satu tahun.

Bagian besar dari daya tarik Akeytsu adalah UI dan kemudahan penggunaan. Auto-Rig juga memungkinkan kamu membuat karakter bipedal hanya dalam beberapa menit. Kamu hanya diminta parameter, titik panas, dan sambungan sebelum menerapkan kerangka, pemberat, dan kontrol secara otomatis. 

10. 3DS Max

membuat konten 3d
Aplikasi animasi 3DS Max (Soft8Soft)

3D Studio Max adalah salah satu rangkaian software animasi 3D komersial utama di pasaran. Kumpulan fiturnya yang komprehensif menjadikannya pilihan populer untuk pengembangan , produksi efek visual, dan visualisasi arsitektur.

Software animasi 3D ini menampilkan simulasi partikel dan cahaya, mesin cloth-simulation, dan bahkan menghadirkan bahasa skripnya ke tabel (MAXScript). Dalam hal pemodelan 3D, 3ds Max mampu membuat objek parametrik dan organik dengan poligon, permukaan subdivisi, dan fitur pemodelan berbasis spline. 

Baru-baru ini, Autodesk telah menambahkan dua fitur baru ke 3ds Max, baking to textureweighted normals modifier. Efek permukaan sebelumnya dan memungkinkan objek ditampilkan secara realtime tanpa perlu menghitung ulang elemen lain seperti pencahayaan dan bayangan. Adapun yang terakhir, itu meningkatkan bayangan pada objek.

11. ArchiCAD

ArchiCAD adalah perangkat lunak CAD arsitektur yang dikembangkan oleh Graphisoft. Open BIM (Building Information Modeling) ini adalah alat yang lengkap untuk arsitek, memungkinkan penggunanya melakukan drafting 2D dan 3D, visualisasi, atau pemodelan bangunan.

Berkat ArchiCAD dan semua fungsinya, kamu dapat menangani semua aspek pekerjaan teknik dan desain. Alat ini sangat baik dalam bidang visualisasi, karena menawarkan arsitek kualitas tinggi dan rendering arsitektur fotorealistik.

Perangkat lunak CAD ini juga dikenal karena kemampuannya menyimpan informasi dalam jumlah besar dalam model 3D. Software ini dapat digunakan untuk mendesain bangunan dan interior serta area perkotaan. Software ini menyediakan berbagai alat desain yang khusus dibuat untuk arsitek, dan desainer interior.

12. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture 2010 (Flickr/Shaan Hurley)
AutoCAD Architecture 2010 (Flickr/Shaan Hurley)

Dikembangkan oleh AutoDesk, AutoCAD Architecture dapat sangat berguna untuk proyek arsitektur karena memungkinkan kamu melakukan desain 2D dan 3D. Software ini adalah alat yang lengkap, praktis untuk pemodelan 3D dan untuk visualisasi berkat rendering yang baik.

AutoCAD Architecture juga berguna untuk penyusunan dan gambar 2D. Sama halnya dengan semua software AutoDesk, software 3D ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan mudah dengan orang lain yang mengerjakan proyek yang sama.

13. SketchUp

Aplikasi SketchUp (Wikimedia Commons/Akrisht Pandey)

SketchUp dikenal sebagai software animasi 3D arsitektur yang intuitif dan salah satu perangkat lunak CAD gratis yang tersedia. Kamu akan menghemat waktu dengan menggunakan program ini karena merupakan alat menggambar yang user friendly.

SketchUp dapat digunakan untuk apa saja dalam hal pemodelan 3D, dan arsitektur tidak terkecuali. Software ini adalah alat menggambar yang bagus, dan pasti akan membantu kamu menjadi produktif dan kreatif dengan desain arsitektur 3D.

Kamu dapat membuat panduan dengan SketchUp, yang dapat berguna untuk proyek arsitektur saat kamu harus menunjukkan pekerjaan kepada klien. Jelas, kamu dapat menggunakan software ini untuk 3D, tetapi ini juga ideal untuk gambar 2D berskala dan akurat.


Begitu banyak ragam software untuk membuat konten 3D. Kamu dapat memilihnya sesuai tujuan dan kebutuhanmu. Mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar, semuanya memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing.

Download metaNesia untuk mengetahui hasil dari software animasi 3D dalam pengaplikasiannya untuk metaverse.