Daftar Virtual Influencer di Dunia, Ada yang Dari Indonesia!

Daftar Virtual Influencer di Dunia, Ada yang Dari Indonesia!

Manusia virtual mengambil bagian kecil dari internet, tetapi pengaruh mereka terus saja tumbuh. Suka atau tidak suka, dengan metaverse yang dijanjikan mengintai masa depan kita, sepertinya virtual influencer memang memiliki tempat di era teknologi ini.

Menurut Christopher Travers, pendiri VirtualHumans.org, virtual influencer dapat melakukan apa pun yang dapat dilakukan oleh influencer manusia, tetapi dengan lebih banyak kontrol dan keterlibatan penciptanya. Faktanya, influencer virtual dapat menawarkan hampir tiga kali lipat tingkat keterlibatan dibanding influencer nyata.

Virtual influencer dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu dalam tampilan 2D, seperti anime. Kepribadian digital ini sekarang sangat realistis, lengkap dengan hobi, sikap, dan perspektif mereka sendiri. Virtual influencer paling populer saat ini, dengan beberapa dari mereka bekerja dengan nama besar di industri yang berbeda. 

Karya digital ini meruoakan inovasi teknologi yang dapat membiaskan batasan antara dunia nyata dan dunia maya. Hal itu terbukti dengan banyaknya orang yang tidak menyadari hingga melontarkan pertanyaan apakah virtual influencer ini manusia sungguhan atau bukan

Tanpa berlama-lama lagi, berikut daftar karakter virtual yang pasti akan kamu dengar lebih banyak di masa mendatang.

Daftar Virtual Influencer Dunia

1. Lu do Magalu

Virtual influencer Lu do Magalu ( Instagram @magazineluiza)

Pada tahun 2020, Lu do Magalu adalah virtual influencer yang paling banyak diikuti di media sosial. Saat ini, dia juga merupakan manusia virtual dengan viewer paling banyak di dunia, sehingga mudah untuk memahami mengapa dia berada di urutan teratas daftar ini.

Dia memiliki lebih dari 14,6 juta pengikut di Facebook, 6 juta pengikut di Instagram, lebih dari 2,6 juta pelanggan YouTube dan lebih dari 6 juta pengikut di TikTok. Padahal, ketenaran dan jangkauannya sebagian besar terbatas di Brasil, negara dari mana dia berasal.

Penampilan pertamanya lebih dari satu dekade lalu atas nama Majalah Luiza, salah satu perusahaan ritel terbesar di Brasil. Sejak itu, dia telah ditampilkan dalam ulasan produk, video unboxing, dan juga berbagi kiat perangkat lunak atas nama perusahaan tersebut.

2. Lil Miquela

Lil Miquela berpose layaknya manusia sungguhan (Forbes)

Miquela Sousa atau lebih dikenal dengan Lil Miquela adalah model robot virtual yang pernah bekerja sama dengan beberapa brand fashion ternama seperti Prada, Dior dan Calvin Klein. Dia juga merilis satu single, “Not Mine”, pada tahun 2017 dan memulai debut video musik pertamanya bertajuk “Hard Feelings”, di festival online Lollapalooza awal tahun ini.

Kecantikan Brasil-Amerika dengan freckles di wajahnya ini diciptakan oleh Brud, sebuah startup yang berbasis di Los Angeles. Lil Miquela memiliki 2,9 juta pengikut Instagram yang dijuluki sebagai “Miquelites”, 3,6 juta pengikut TikTok dan lebih dari 31 ribu pengikut di Twitter.

3. Barbie

Siapa yang tidak tahu karakter ini? (Reader’s Digest)

Barbie rasanya tidak perlu diperkenalkan, sosok virtual kecantikan berambut pirang dari akhir 1950-an ini muncul di media sosial untuk memukau lebih banyak penggemar. Pengikut terbesarnya ada di Facebook, tetapi dia juga memiliki banyak pengikut di platform lain, terutama di YouTube di mana dia berperan sebagai Vlogger.

Dia memiliki 2,2  juta pengikut di Instagram, 11,1 juta pelanggan di YouTube, hampir 320 ribu pengikut di Twitter, dan lebih dari 450 ribu pendengar bulanan di Spotify.

4. Guggimon

Virtual influencer Guggimon mengambil selfie
Influencer virtual Guggimon (VirtualHumans)

Superplastic, pencipta selebriti virtual, pakaian, dan desainer mainan terkemuka di dunia, pemilik sosok kelinci ini. Obsesinya mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan hal horor. Dengan kata-katanya sendiri, ia menggambarkan dirinya sebagai “seniman fashion horor horor fashion & produser mixtape dengan obsesi: tas tangan, kapak, mainan, Billie Eilish, & The Shining”.

Berasal dari Montreal, Kanada, Guggimon pertama kali muncul pada Juni 2019. Kamu mungkin mengenalinya sebagai salah satu bintang hype Steve Aoki. Dia bergabung dengan DJ dan produser terkenal di dunia ini dalam tur Color of Noise-nya.

5. Thalasya

Thalasya Virtual Influencer
Thalasya, virtual influencer asal Indonesia (Grid.id)

Mungkin kamu ada yang sudah tidak asing lagi dengan virtual influencer asal Indonesia yaitu Thalasya. Awal sosok bintang virtual ini dikenal karena visualnya yang menyerupai barbie. Bersama Yuki Kato, Thalasya sempat membintangi iklan brand cokelat.

Selain menjadi bintang iklan dan menerima endorse seperti virtual influencer lainnya, Thalasya juga bisa bernyanyi dan merilis music video (MV) di YouTube. Seperti pada bio Instagramnya, Thalasya merupakan sosok AI pertama di Indonesia.

Sudah banyak proyek yang Thalasya kerjakan hasil dari beragam kerja sama. Kini Thalasya memiliki 469 ribu pengikut di Instagram.

6. Imma (@imma.gram)

Bintang Virtual' Instagram Imma berpose dengan model asli.

Bintang Instagram virtual, Imma, berpose di majalah mode dengan model sungguhan (The Sun)

Berasal dari Tokyo, imma menyandang predikat prestisius sebagai model virtual pertama di Jepang dan tampil pertama kali pada Juli 2018. Sejak saat itu, gadis virtual dengan rambut bob khas pink ini tampil di banyak berita utama. Faktanya, Japan Economics Entertainment telah memilihnya sebagai “New 100 Talent to Watch”.

Minatnya meliputi budaya, seni, dan film Jepang. Dia membanggakan penyebutan merek seperti Burberry, TikTok, Adidas Tokyo, dan IKEA Jepang. Dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun dia berkecimpung dalam bisnis ini, dia telah memperoleh lebih dari 400.000 pengikut di Instagram dan mendapat dua juta likes di TikTok.

7. Oh Rozy

Virtual influencer Korea 'Rozy'

Virtual influencer asal Korea Selatan Oh Rozy (Instagram @rozy.gram)

Sekilas, Oh Rozy (@rozy.gram) terlihat seperti influencer top Instagram lainnya. Menunjukkan foto dan video wanita Korea Selatan berusia 22 tahun yang menjalani kehidupan kelas atas. Berkeliling dunia, menjadi model, berpakaian dengan desain yang penuh gaya, dan menghadiri acara terkenal, yang memenuhi feed Instagram-nya.

Seperti halnya film, inilah twist-nya: Oh Rozy tidaklah nyata.

Saat ini, Rozy memiliki 154.000 followers di Instagram. Tahun lalu, dia diperkirakan telah menghasilkan lebih dari 1 miliar won Korea (sekitar 11,2 miliar rupiah) dari kesepakatan sponsor saja, menurut Business Insider. Merek yang pernah bekerja sama dengannya termasuk Tiffany & Co dan Calvin Klein.

8. Shudu

Inlfuencer virtual Shudu

Influencer CGI mulai mengambil alih dunia fashion (Daily Front Row)

Shudu adalah supermodel digital dan ratu mode berusia pertengahan hingga akhir 20-an yang berasal dari Afrika Selatan. Dia telah membuat langkah besar untuk mengadvokasi ras manusia virtual, setelah bekerja dengan Cosmopolitan, Vogue, Balmain, Smart Car, dan banyak lagi.

Influencer CGI ini menghabiskan waktunya dengan berpose di lokasi pemotretan utama yang mistis untuk menampilkan karya fashion yang memukau. Dia memiliki banyak teman virtual dan selalu berpenampilan terbaik.

Karakter Shudu adalah ciptaan Cameron James, pendiri The Diigitals Agency di Weymouth, Dorset, Inggris dan pencipta 7 manusia virtual termasuk Koffi, Brenn, Galaxia, Dagny, dan banyak lagi.

9. Bermuda

Bemuda, salah satu influencer AI yang harus kamu follow

AI influencer Bermuda (Instagram @bermudaisbae)

Bermuda adalah salah satu virtual influencer yang lebih tua, dan kamu mungkin tidak menyadari hal tersebut dari penampilannya. Berasal dari Los Angeles, ia pertama kali muncul pada Desember 2016. Gadis yang mengidentifikasi dirinya sebagai robot wanita ini bertujuan untuk memotivasi pengusaha muda untuk mengejar tujuan bisnis mereka. Dia terutama ingin memotivasi lebih banyak wanita untuk mengikuti karir di bidang robotika.

Bermuda juga berharap untuk memajukan karir musiknya. Dia telah merilis cover Under the Bridge oleh Red Hot Chilli Peppers di Spotify.


Nah, itu dia daftar virtual influencer di dunia yang bisa yang memiliki banyak penggemar dan dapat kamu ikuti. Seiring berjalannya waktu, kehidupan kita semakin tidak memiliki batas dengan dunia virtual. Di masa mendatang, kita akan benar-benar beriringan dengan sosok-sosok virtual tersebut di metaverse.

Yuk, kunjungi MetaNesia untuk mengetahui informasi lain seputar augmented reality, virtual reality dan teknologi imersif lainnya.

Bagikan ini: