Pengalaman Seru di Dunia Virtual Film Nope Jordan Peele

Pengalaman Seru di Dunia Virtual Film Nope Jordan Peele

Nope Jordan Peele
Nope film (Tribun News/Farrah Putri)

Dunia virtual reality  

Virtual reality merupakan dunia virtual tak terbatas yang digunakan untuk berkarya dan memberikan pengalaman imersif kepada masa yang lebih luas. Teknologi dunia realitas virtual dibentuk dengan desain 3D dan gerakan 360 derajat yang mendekati gambaran aslinya di dunia nyata. Teknologi ini telah banyak diterapkan oleh berbagai industri yang memunculkan inovasi luar biasa, salah satunya di industri perfilman.

Melalui teknologi tersebut sutradara ternama yakni Jordan Peele dan rumah produksi miliknya yakni Monkeypaw telah merilis dunia virtual yang terinspirasi dengan salah satu film yang disutradarainya yakni Nope. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! 

Film horor fiksi Nope  

Nope Haywood
Nope Haywood (IDN Times/Satria Wibawa)

Film yang memiliki genre horor fiksi sains ini menceritakan kejadian yang menimpa keluarga OJ Haywood yang memiliki peternakan kuda di daerah pedalaman California, Amerika Serikat. Suatu hari, keluarga ini mengalami kejadian aneh yang membuat ayah OJ Haywood meninggal dunia akibat kecelakaan misterius dan mengerikan. 

Setelah kejadian tersebut, OJ Haywood dan adik perempuannya yakni Emerald Haywood berusaha mempertahankan bisnis peternakan kuda tanpa ayah mereka. Seiring berjalannya waktu, banyak kejadian aneh terjadi, seperti kuda yang tiba-tiba hilang secara misterius.

Pada akhirnya, mereka memutuskan untuk menyelidiki penyebab hilangnya beberapa kuda tersebut dengan memasang CCTV. Saat menyelidiki masalah tersebut, mereka juga menemukan titik terang penyebab kematian sang Ayah yang misterius yakni berupa awan yang mereka anggap sebagai UFO atau pesawat luar angkasa milik alien.

Melalui rekaman CCTV tersebut, mereka berusaha membuktikan kepada dunia bahwa adanya UFO dan alien yang mengintai dunia. Sangat menarik untuk ditonton bukan?

Pemain film Nope  

Pemain film Nope
Cast Nope Film (Goin to The Story/Scott Myers)

Film Nope garapan sutradara jenius Jordan Peele ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama dunia yakni:

  • Daniel Kaluuya 

Daniel Kaluuya merupakan pemeran utama pada film ini. Ia berperan sebagai sebagai OJ Haywood, yakni anak pertama dari keluarga Haywood. Pada proyek sebelumnya, Daniel Kaluuya juga menjadi pemeran utama pada film horor Get Out garapan Jordan Peele, lho!

  • Keke Palmer 

Aktris Keke Palmer berperan sebagai Emerald Haywood atau adik perempuan OJ pada film horor sains Nope. Dalam perannya, Keke Palmer membantu OJ untuk mempertahankan bisnis peternakan kuda dan memecahkan misteri kematian sang ayah.

  • Steven Yeun 

Aktor ketiga yang membintangi film Nope ini yakni Steven Yeun. Ia berperan sebagai Ricky Park atau Jupe yang memiliki sebuah karnaval. Pada film ini, Ia bekerjasama dengan keluarga Haywood untuk menggunakan kuda mereka di festival yang Ia bentuk.

  • Brandon Perea 

Aktor keempat yakni Brandon Perea yang berperan sebagai Angel Torres. Brandon Perea berperan sebagai pegawai CCTV yang juga ikut membantu memecahkan fenomena aneh yang terjadi di peternakan Haywood. 

Pemain lainnya yang ikut membintangi film Nope yakni Michael Wincott, Barbie Ferreira, Keith David, Wrenn Schmidt, Devon Graye, Eddie Jemison, Oz Perkins, Donna Mills, Terry Notary, Andrew Patrick Ralston dan Jennifer Lafleur.

Dunia virtual film Nope di Meta Horizon Worlds    

Meta Horizon Worlds
Meta Horizon Worlds (Tech Crunch/Aisha Malik)

Untuk membantu mempromosikan film ini, Jordan Peele bersama dengan rumah produksi MonkeyPaw telah bekerjasama dengan tim Meta Horizon Worlds yakni Ashley Briley, Matt Torres, Sammy Nu, dan Kevin Dixon untuk membuat dunia virtual yang terinspirasi dari film Nope.  

Meta Horizon Worlds adalah aplikasi sosial dunia virtual yang dikembangkan oleh Meta, di mana kamu bisa menggunakan aplikasi dengan perangkat VR headset Meta Quest 2 untuk bersosialisasi, bermain game, menghadiri event keren, dan menjelajahi dunia virtual unik salah satunya dunia virtual film Nope. 

Saat memasuki dunia virtual Nope, kamu dapat berinteraksi dengan 10 pengguna lain untuk menikmati pemandangan, jalan-jalan ke peternakan kuda Haywood, dan memainkan mini games. Mini games yang tersedia pada dunia virtual ini yakni permainan rekaman CCTV,  mengendarai sepeda motor, dan permainan tersedot ke langit oleh awan misterius. 

Pembuatan dunia virtual Nope di Meta Horizon

Nope Horizon Wolrds
Nope Horizon Wolrds (Variety/Todd Spangler)

Proses pembuatan dunia virtual Nope ini terbilang cukup unik, lho! Sebelum pembuatan dunia virtual ini dimulai, tim Meta Horizon Worlds tidak diberi informasi apa pun tentang plot atau tema dari film Nope. Mereka hanya melihat trailer film Nope berkali-kali, sehingga mereka membangun pengalaman Horizon Worlds tanpa spoiler apa pun.

Latar belakang tujuan dunia virtual Nope

Jordan Peele (CNN Indonesia)

Selain digunakan untuk mempromosikan film Nope, dunia virtual ini dibentuk untuk merayakan etos kerja dan inovasi Jordan Peele sebagai sutradara ternama.

Para tim Meta Horizon Worlds juga menyatakan bahwa melalui pengalaman VR yang dikembangkan ini, kamu dapat sepenuhnya menikmati seni sinematik karya Jordan Peele dan memperoleh kesempatan unik untuk menjelajahi dunia yang terhubung dengan cara yang inovatif. 

Kabar baiknya, kamu tidak hanya bisa memasuki dunia virtual film Nope saja, tetapi kamu juga bisa memasuki dunia virtual yang terinspirasi dengan film Get Out yang dibintangi oleh Daniel Kaluuya, lho!


Berikut informasi mengenai dunia virtual Nope yang dikembangkan oleh Monkeypow dan Meta Horizon Worlds. 

Hal ini merupakan inovasi yang unik dalam menjangkau penggemar yang lebih luas untuk menikmati karya sinematik sutradara Jordan Peele. Tidak hanya menghadirkan pengalaman yang berbeda, hal ini dapat memperkenalkan kecanggihan teknologi virtual reality dari berbagai industri. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: