Meta Merilis Film VR Women in Spaceflight untuk Memperingati Hari Perempuan Dunia!

Meta Merilis Film VR Women in Spaceflight untuk Memperingati Hari Perempuan Dunia!

Film VR Women in Spaceflight
Ilustrasi film Women in Spaceflight (Mixed-News)

Apakah kamu merupakan seorang penggemar film VR dengan genre science fiction atau sci-fi? Apabila iya, maka kamu wajib menyaksikan film terbaru buatan Meta untuk merayakan hari perempuan sedunia! Pasalnya, untuk memperingati hari tersebut, Meta mengangkat kisah mengenai perempuan di luar angkasa sebagai konsep film VR mereka yang satu ini.

Penasaran mengenai film virtual reality buatan Meta untuk memperingat hari perempuan dunia ini? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Berkolaborasi dengan Felix&Paul Studios dalam Proses Produksinya

Felix & Paul Studios
Logo Felix & Paul Studios

Perayaan hari perempuan internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2023 kemarin diperingati oleh Meta dengan merilis sebuah film VR yang berjudul “Women in Spaceflight.” Film pendek tersebut berisi sorotan unggulan dari serial yang berjudul “Space Explorers”, sebuah serial film VR mengenai penjelajahan luar angkasa yang memenangkan Emmy Award.

Film Women in Spaceflight ini diproduksi oleh Meta bersama dengan Felix & Paul Studios. Pihak Felix & Paul Studios sendiri mendeskripsikan film VR Women in Spaceflight sebagai film mengenai kisah yang menginspirasi mengenai perjalanan kaum perempuan di luar angkasa.

Felix & Paul Studios bersama dengan Meta menyatakan bahwa film Women in Spaceflight ini sekaligus juga sebagai bentuk penghormatan atau tribut untuk sang pelopor Jerrie Cobb. Selain penerbang asal Amerika tersebut, Women in Spaceflight tentu juga didedikasikan untuk seluruh perempuan yang telah merubah dunia penerbangan luar angkasa.

Sinopsis Singkat Film VR Women in Spaceflight

Anne McClain dan Christina Koch
Astronot perempuan asal Amerika Serikat yaitu Anne McClain dan Christina Hammock Koch (Business Insider)

Film VR pendek ini dapat dinikmati oleh para penonton selama kurang lebih 7 menit. Selama durasi yang singkat tersebut, penonton akan diajak untuk mengikuti dua astronot perempuan asal Amerika Serikat yaitu Anne McClain dan Christina Koch. Melalui film Women in Spaceflight ini, kedua astronot tersebut juga akan menceritakan kisah mereka masing-masing.

Narasi yang terdapat di film VR Women in Spaceflight akan diceritakan langsung oleh kedua astronot tersebut. Sebagai contoh, Anne McClain dalam film ini bercerita mengenai mimpinya untuk terbang ke luar angkasa sejak Anne baru berumur tiga tahun! Disisi lain, Christina Koch menceritakan tentang peristiwa spacewalk pertama yang dilakukan hanya oleh perempuan.

Menceritakan Peristiwa Bersejarah Spacewalk Pertama yang Dilakukan Hanya oleh Perempuan

Katarina Soukup, VP bagian produksi Felix & Paul Studios menjelaskan dalam sebuah interview mengenai bagian yang sangat mengejutkan untuknya dalam film tersebut. Ia menyatakan bahwa seluruh kisah yang diceritakan oleh para astronot dalam film tersebut sangatlah menarik dan informatif.

Katarina lebih lanjut menjelaskan cerita yang sangat menarik untuknya yaitu mengenai peristiwa bersejarah spacewalk pertama kali yang dilakukan hanya oleh perempuan. Dalam peristiwa tersebut, terdapat pemeliharaan darurat yang mengharuskan astronot Jessica Meir dan Christina Koch melakukan EVA atau Extravehicular Activities di luar angkasa.

Menariknya, EVA atau spacewalk untuk pemeliharaan darurat yang dilakukan para astronot tersebut direncanakan hanya dalam waktu beberapa hari saja. Padahal, umumnya pelaksanaan Extravehicular Activities sudah direncanakan beberapa bulan bahkan tahun sebelum dilakukan. Jessica dan Christina sendiri adalah satu-satunya anggota kru yang tersedia saat itu.

Film Women in Spaceflight Memberikan Pengalaman yang Menakjubkan!

Space Explorers
Film Emmy Award-Winning Space Explorers (Space)

Film singkat yang diangkat dari serial Space Explorers ini merupakan tontonan VR yang sangat direkomendasikan untuk disaksikan bagi para pemilik headset VR Meta. Selain cerita narasi yang disampaikan oleh para astronot perempuan hebat tersebut, film Women in Spaceflight juga menawarkan pemandangan VR yang luar biasa.

Penonton film Women in Spaceflight ini akan dapat merasakan fitur unggulan yang ditawarkan. Fitur tersebut yaitu pemandangan 360 derajat dari dalam International Space Station (ISS) atau stasiun luar angkasa internasional yang sangat menakjubkan. Tentu saja, melalui film ini penonton juga akan dapat melihat bumi melalui luar angkasa dengan VR.

Saat ini, film Women in Spaceflight buatan Meta ini hanya tersedia di Oculus Store dan dapat ditonton secara gratis. Konsumen juga dapat menyaksikan Women in Spaceflight melalui aplikasi televisi Meta Quest.


Demikianlah artikel mengenai film VR Women in Spaceflight yang dibuat oleh Meta untuk memperingati hari perempuan dunia ini. Tertarik dengan artikel seperti ini? Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik serupa!

Bagikan ini: