Daftar Film yang Menampilkan Teknologi AR Canggih

Daftar Film yang Menampilkan Teknologi AR Canggih

Teknologi augmented reality  

Augmented reality merupakan teknologi yang menampilkan visual interaktif secara real time dengan fitur sensorik canggih di dalamnya. Melalui teknologi ini, kamu dapat merasakan dan melihat elemen digital di dunia nyata secara imersif.  

Teknologi ini telah ditampilkan dalam berbagai industri, salah satunya pada bidang perfilman. Beberapa film telah menampilkan augmented reality dengan visualisasi hologram 3D, di mana proyeksi ini merupakan bentuk implementasi teknologi AR yang lebih canggih. 

Dengan terus berkembangnya teknologi ini, hal tersebut memungkinkan para kreator untuk membuat wujud nyata augmented reality, seperti yang ditampilkan pada beberapa film di bawah ini. 

Film yang menampilkan teknologi AR  

Film Avatar menampilkan teknologi AR 

Film Avatar yang menampilkan Teknologi AR
Avatar Film (20th Century Studios)

Film pertama yang menampilkan teknologi augmented reality yang canggih yakni Avatar. Film terlaris sepanjang masa garapan James Cameron ini digarap dengan teknik inovatif dan imersif, lho! 

Pada beberapa cuplikan film Avatar, mereka menampilkan penerapan teknologi AR yang canggih dengan visualisasi 3D hologram. Teknologi AR tersebut hadir dalam bentuk pohon raksasa yakni Na’vi, yang merupakan tempat tinggal alien Pandora.

Teknologi augmented reality pada film ini ditampilkan sangat interaktif, di mana terdapat adegan pemeran utamanya yakni Jack Sully yang dapat menggerakan dan menavigasi proyeksi pohon Na’vi secara real time.

Film Iron Man menampilkan teknologi AR 

Film Iron Man yang menampilkan Teknologi AR
Iron Man Film (Marvel Studios)

Iron Man merupakan film kedua yang menampilkan teknologi augmented reality berupa visualisasi 3D hologram dan helm dengan layar canggih. Tony Stark sebagai pemeran utama film ini, merupakan salah satu pahlawan super Marvel yang mengandalkan teknologi augmented reality untuk membangun dan menyempurnakan inovasinya. 

Dalam beberapa adegan, Tony Stark menggunakan helm yang menampilkan visual augmented reality untuk mengontrol pakaian besi canggih buatannya dan menavigasikan pakaian tersebut hanya melalui sensor suara.  

Selain itu, teknologi AR yang hadir juga ditampilkan dengan bentuk hologram peta yang luas, di mana visual ini dapat membantu Stark untuk menemukan petunjuk penyelesaian kasusnya.

Film The Hunger Games menampilkan teknologi AR 

The Hunger Games Film
 The Hunger Games (Lionsgate)

The Hunger Games merupakan salah satu film yang menampilkan penerapan teknologi augmented reality dalam beberapa cuplikan adegan. Film yang menceritakan seorang gadis muda yakni Katniss Everdeen, yang harus menggantikan adiknya untuk mengikuti turnamen mematikan, berujung adanya pemberontakan hebat.

Visualisasi teknologi AR yang ditampilkan pada film ini berupa peta turnamen dengan bentuk hologram 3D yang imersif. Dengan peta augmented reality tersebut, para pembuat turnamen dapat melacak dan menavigasi dunia simulasi turnamen The Hunger Games.

Film Star Wars 

Star Wars Film
Star Wars (StarWars)

Selain tiga film di atas, Star Wars juga menampilkan penerapan teknologi AR dalam berbagai adegan menarik di dalamnya, lho! Film bergenre fiksi ilmiah ini memunculkan robot yang dapat menghadirkan visualisasi AR secara 3D. 

Proyeksi AR yang ditampilkan juga sangat interaktif dan dilengkapi dengan fitur audio, sehingga objek visual tersebut dapat menghasilkan suara untuk memberikan pesan atau informasi.  Selain itu, proyeksi teknologi AR juga hadir dalam bentuk peta 3D hologram yang dapat dinavigasi oleh beberapa karakter film Star Wars ini.

Film Tron

Film Tron
Tron (Disney)

Tron: Legacy dikenal sebagai film yang bertemakan teknologi virtual reality. Film garapan Disney ini menceritakan Sam Flynn sebagai peran utama yang masuk ke dalam dunia virtual berbahaya melalui mesin permainan. 

Sam harus menyelesaikan permainan untuk keluar dari dunia virtual berbahaya tersebut. Dalam beberapa adegan, Sam dan Ayahnya menampilkan proyeksi augmented reality dengan visualisasi hologram 3D berbentuk atom yang bergerak, lho!

Film Dune 

Film Dune
Dune (Warner Bros.)

Film selanjutnya yang menampilkan teknologi augmented reality yakni Dune. Dune menceritakan seorang pemuda brilian dan berbakat yakni Paul Atreides. Ia harus melakukan perjalanan ke planet paling berbahaya di alam semesta untuk memastikan masa depan keluarga dan rakyatnya. 

Dalam beberapa adegan, Paul sedang memahami ilmu terkait beberapa objek yang terdapat pada planet tersebut. Objek tersebut hadir dengan visual augmented reality dalam bentuk 3D hologram yang imersif. Bagaimana, tertarik untuk menonton?


Berikut informasi mengenai daftar film yang menampilkan teknologi augmented reality sebagai media digital yang memungkinkan untuk dibentuk di dunia nyata. Kamu dapat melihat film yang menampilkan teknologi canggih ini di berbagai platform streaming tersedia ya! 

Hal ini merupakan sebuah inovasi dan cara yang unik untuk mengenalkan teknologi AR dengan menciptakan model yang lebih canggih. Melalui teknologi AR, hal ini dapat memberikan visualisasi imersif dan memberikan manfaat yang dalam berbagai industri, jika diimplementasikan dengan tepat.

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: