Mengintip Fitur Display Canggih yang Berpotensi akan Terdapat pada Headset MR Apple

Mengintip Fitur Display Canggih yang Berpotensi akan Terdapat pada Headset MR Apple

Fitur Display Headset MR Apple
Ilustrasi headset Apple (Tom’s Guide)

Headset Mixed Reality pertama buatan Apple dirumorkan akan memiliki fitur unggulan utama berupa teknologi display canggih yang tidak ada pada headset mixed reality lainnya. Fitur display canggih ini juga diperkirakan dapat membuat harga headset mixed reality high-end ini sangat mahal ketika dirilis nanti.

Penasaran dengan fitur display yang terdapat pada mixed reality headset dari Apple ini? Yuk, simak informasi selengkapnya pada artikel ini!

Rumor Terkini mengenai Jadwal Rilis Mixed Reality Headset Apple

Apple WWDC
Acara Apple WWDC tahun 2018 (YouTube/Apple)

Mixed reality headset dari Apple sebenarnya sudah berada dalam proses pengembangan selama kurang lebih tujuh tahun! Sejauh ini pihak Apple sendiri belum memberikan banyak informasi mengenai mixed reality headset pertama mereka ini. Sehingga, sejauh ini publik hanya bertumpu terhadap informasi yang beredar dari rumor maupun spekulasi yang ada.

Informasi terkini mengenai rumor mixed reality headset ini yaitu akan dirilis dengan nama Apple Reality Pro. Rumor yang beredar juga berspekulasi bahwa Apple headset ini akan diumumkan pada acara WWDC 2023 atau Apple Worldwide Developers Conference. WWDC 2023 hingga saat ini masih belum dipastikan akan dilaksanakan atau akan ditunda kembali.

Ming-Chi Kuo, salah satu analis Apple sebelumnya pernah mengindikasikan bahwa headset mixed reality ini akan diumumkan pada January tahun 2023. Ming-Chi Kuo pada indikasi awalnya tersebut juga menyatakan bahwa pengiriman headset akan dilaksanakan pada paruh kedua tahun 2023. Namun, nyatanya hingga saat ini belum ada berita resmi terkini.

Ming-Chi Kuo sebagai analis perusahaan raksasa tersebut juga memberikan kisi-kisi pada saat itu bahwa akan terdapat development toolkit untuk pihak yang tertarik. Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa development toolkit tersebut akan dikirimkan 2-4 minggu setelah pengumuman headset MR Apple tersebut.

Fitur Display Headset MR Apple akan dibuat dengan Beberapa Perusahaan Ternama!

Headset MR Apple
Ilustrasi headset Apple (Digital Trends)

Spesifik mengenai fitur canggih yang digadang-gadang akan dimiliki headset mixed reality milik Apple ini dapat dijumpai pada laporan yang dirilis oleh Nikkei Asia. Mereka mengklaim memiliki informasi mengenai mitra pembuatan headset mixed reality Apple termasuk harga perilisannya.

Nikkei Asia dalam laporan tersebut menyebutkan bahwa Apple akan bekerjasama dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing dan Sony Japan. Kerja sama tersebut yaitu untuk memproduksi microdisplay OLED berkualitas tinggi pada headset ini. Apple juga akan bermitra dengan perusahaan manufaktur Tiongkok, Luxshare, untuk merakit headset MRnya.

Diperkirakan akan Memiliki berbagai Fitur Unggulan

Headset Mixed Reality Apple
Ilustrasi headset Apple (Tom’s Guide)

Laporan yang dirilis oleh The Information mengklaim beberapa informasi mengenai berbagai fitur canggih yang diprediksi akan dijumpai pada mixed reality headset pertama dari Apple. Menurut laporan tersebut, headset ini akan memiliki fitur berupa 12 kamera tracking untuk memberikan informasi ke display beresolusi tinggi kepada penggunanya.

Selain itu, The Information menyebutkan bahwa akan terdapat sensor LiDAR seperti yang ada pada IPhone 14 Pro. Perlu diketahui sensor LiDAR sendiri merupakan sensor untuk mengukur jarak dengan menggunakan laser. LiDAR mampu untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu area dan ruangan tertentu dengan cepat dan akurat.

Dengan teknologi sensor LiDAR, sebuah perangkat akan mampu untuk meletakkan sebuah objek kedalam AR dengan lebih baik. Selain IPhone 14 Pro, teknologi sensor LiDAR juga dapat dijumpai pada IPad Pro.

Mixed Reality Apple dirumorkan akan ditenagai oleh Chipset Terkuat dari Apple!

Apple M1 Chipset
Poster pengumuman chipset M1 milik Apple (Apple)

Headset high end dari Apple ini akan memiliki chipset terbaru dan paling canggih dengan performa terbaik dari Apple menurut laporan Mark Gurman. Reporter Bloomberg tersebut juga menyebutkan bahwa nantinya chipset pada perangkat virtual reality dari Apple ini akan lebih kuat dari M1 Mac yang baru saja dirilis.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Gurman tersebut lebih lanjut menyebutkan bahwa headset ini akan ditenagai oleh chipset yang bernama M2. Selain chipset yang kuat, mixed reality headset Apple ini akan memiliki RAM yang besar yaitu 16GB. Sehingga, kombinasi tersebut nantinya akan menawarkan efisiensi daya dan performa yang seimbang.

Diprediksi akan Menggunakan Teknologi Microdisplay OLED yang Canggih!

Microdisplay OLED
Ilustrasi keunggulan teknologi microdisplay OLED (Display Daily)

Microdisplay OLED canggih yang akan terdapat pada headset mixed reality Apple ini tentu akan memiliki potensi yang luar biasa khususnya untuk VR. Hal tersebut dikarenakan teknologi tersebut memiliki ukuran yang tergolong ringkas dan ringan. Teknologi canggih ini juga terbilang efisien dalam menghasilkan warna yang karya dan kontras yang tinggi.

Fitur display headset Apple ini juga diprediksi mampu untuk menghasilkan gambar dengan resolusi yang sangat tinggi dengan tingkat kecerahan yang sangat baik. Bahkan, berbagai rumor yang beredar menyebutkan bahwa headset MR Apple dengan microdisplay OLED akan mampu menampilkan resolusi hingga 4K pada tiap mata.

Memiliki Indikasi akan dijual dengan Harga yang Tinggi

Fitur Display Headset MR Apple
Ilustrasi headset Apple (Forbes)

Meskipun memiliki segudang kelebihan, teknologi microdisplay OLED saat ini masih sangat kompleks dan membutuhkan biaya besar untuk membuatnya. Hal ini kemudian membuat teknologi tersebut saat ini masih sangat jarang dijumpai pada berbagai headset VR. Saat ini beberapa headset yang mengadopsi teknologi ini hanya Bigscreen Beyond dan Varjo XR-3.

Headset VR dengan fitur display microdisplay OLED saat ini yaitu Bigscreen Beyond dan Varjo XR-3 dijual dipasaran dengan harga yang sangat tinggi. Bigscreen Beyond sendiri dirilis dengan harga $1000 dengan resolusi 2.560×2.560 per eye. Bahkan, Varjo XR-3 dibanderol dengan harga $6500 dengan resolusi 1.920×1.920 per eye.

Laporan dari Nikkei Asia juga menyatakan bahwa satu display microdisplay OLED ini memiliki harga sekitar $150 atau $300 untuk harga sepasangnya. Sehingga berdasarkan data diatas dapat diasumsikan bahwa headset MR pertama dari Apple akan dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Apabila rumor mengenai penggunaan microdisplay OLED pada display headset ini benar tentu konsumen harus siap untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Berdasarkan estimasi beberapa analis, harga keseluruhan dari display beserta chipset pada mixed reality headset Apple ini mencapai angka $3000 sampai $5000.

Dirumorkan telah bekerjasama dengan Foxconn

Foxconn
Kantor perusahaan manufaktur Foxconn (Wikimedia Commons)

Informasi dalam laporan Nikkei Asia juga memiliki poin yang menarik dimana menyebutkan bahwa Foxconn juga dilaporkan akan membantu Apple dalam projek headset MR ini. Perusahaan manufaktor asal Taiwan tersebut dirumorkan sedang mengembangkan sebuah perangkat generasi kedua secara bersamaan yang memiliki harga lebih terjangkau.

Perangkat generasi kedua ini diprediksi akan menggunakan bahan-bahan atau komponen yang jauh lebih murah. Nikkei Asia menyebutkan bahwa Foxconn akan berfokus dalam mengotomasi produksi massal perangkat tersebut. Selain itu, Foxconn juga akan meningkatkan performa produksi untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan Apple.

Didesain untuk dapat digunakan oleh Developer maupun Konsumen Umum!

Apple's Mixed Reality Headset
Ilustrasi mixed reality headset pertama dari Apple (Insights by Virti)

Tim Cook sebagai CEO Apple saat ini sebelumnya pernah menyatakan bahwa bidang augmented reality merupakan salah satu misi akhir dari perusahaan Apple. Lebih lanjut, Headset mixed reality ini akan menjadi langkah awal bagi Apple untuk mewujudkan ambisi mereka dalam menciptakan perangkat AR yang dapat dikenakan.

Mixed Reality Headset dari Apple ini harapannya akan dapat mempersiapkan para pihak developer untuk peluncuran Apple Glass. Sehingga, pada kedua perangkat tersebut akan dapat dipastikan memiliki dukungan aplikasi penuh pada saat peluncurannya. Menariknya, pihak Apple mengklaim bahwa mereka tidak berorientasi pada keuntungan dengan headset ini.

Mark Gurman, salah satu reporter media Bloomberg menyebutkan bahwa nantinya mixed reality headset Apple ini memiliki kapabilitas yang luas untuk konsumen umum. Mark menyebutkan headset ini dapat digunakan untuk bermain, konsumsi media dan komunikasi. Hal tersebut tentu membuktikan bahwa headset ini cocok digunakan oleh khalayak umum.


Tertarik dengan artikel seperti ini? Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel serupa!

Bagikan ini: