Serunya Menjelajahi Galeri Seni di Metaverse

Serunya Menjelajahi Galeri Seni di Metaverse

Pusat sosial di Platform MetaNesia
Pusat sosial MetaNesia (metanesia/metanesia.id)

Galeri seni terutama seni digital, telah mengalami kemajuan yang pesat dan kian populer. Dengan bantuan teknologi modern, seniman bisa menuangkan imajinasi lewat karya sekaligus memamerkannya. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak, simak artikel di bawah ini.

Galeri seni digital

Secara umum, galeri seni merupakan tempat atau media untuk memamerkan karya seni. Bedanya, galeri seni digital didasari teknologi digital sehingga tidak membutuhkan tempat yang nyata. Para pekerja seni, terutama seni digital akan terbantu karena tidak membutuhkan biaya yang tinggi maupun pihak ketiga unuk memamerkan karyanya.

Seniman akan lebih bebas memajang karyanya, menuangkan ekspresi, bersosialisasi dengan seniman lain, hingga melakukan transaksi sendiri. Dengan Inovasi ini, seniman dapat secara mandiri melakukan segala sesuatu sesuai keinginannya.

Galeri Seni di Metaverse menciptakan cara baru untuk mengekspresikan kreativitas

interaksi memakai VR di metaverse
Interaksi antar pengguna metaverse (proactiveinvestors/Angela Harmantas)

Sejalan dengan perkembangan metaverse, galeri seni digital sering kali dijadikan salah satu elemen bangunan yang ada di dalamnya. Metaverse adalah sebuah konsep yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan karena memiliki segudang manfaat bagi penggunanya. Dengan memanfaatkan inovasi VR dan AR, pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan layaknya di dunia nyata.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di dalam metaverse seniman juga dapat melakukan transaksi sercara aman. Dunia metaverse telah dilengkapi dengan sebuah sistem yang disebut blockchain, sehingga akan menjamin keamanan setiap transaksi.

NFT dan seni digital

transaksi aman dengan nft

Transaksi digital dengan nft (sergeitokmakov/Pixabay)

Sejak diperkenalkannya Non-Fungible Token (NFT), semakin banyak seniman digital yang menjual karya seni mereka melalui galeri virtual. Selain itu, para seniman tidak perlu khawatir karyanya diduplikasi ketika menampilkan koleksi karya seni mereka melalui galeri seni digital di metaverse. Sistem blockchain akan mencatat semua bukti kepemilikan aset bahkan royalty setiap kali kepemilikan karya berpindah tangan.

Hadirnya teknologi NFT telah menjadikan sebuah seni lebih mendunia. Pembuat konten tidak memerlukan anggaran besar untuk membuat sebuah seni digital. Seniman hanya perlu pengetahuan teknis dan investasi kecil untuk memarkan atau mendapatkan sebuah karya seni yang tercatat di blockchain.

Teknologi di balik galeri virtual

menikmati galeri seni di metaverse
Menikmati galeri seni di metaverse (Needpix / Needpix)

Semakin berkurangnya batas antara dunia maya dan dunia nyata, tentu memberikan sebuah pengalaman baru yang begitu memukau. Dalam menciptakan sebuah galeri di metaverse, terdapat dua teknologi yang berperan penting. Apakah dua teknologi yang dimaksud?

Virtual reality (VR)

Secara bahasa dapat diartikan realitas virtual. VR adalah teknologi yang berguna untuk menghasilkan gambar, suara, dan sensasi realistis lain. Teknologi VR akan menempatkan kamu masuk di tengah-tengah dunia metaverse.

Augmented reality (AR)

Secara bahasa dapat diartikan realitas tertambah. AR adalah teknologi yang menambahkan sentuhan virtual ke lingkungan dunia nyata, berkontribusi pada pergerakan saat kamu masuk di tengah-tengah dunia khayalan. Gabungan kedua teknologi inilah yang menjadikan galeri di metaverse begitu nyata.

Kelebihan pameran di metaverse

mengunjungi galeri seni di metaverse
Pengunjung galeri seni di metaverse (Spartia / Spatial)

Saat ini, galeri seni dapat dihadirkan secara virtual melalui dunia metaverse di mana pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang imersif. Pengalaman yang dimaksud adalah pengunjung sedang berada sebuah galeri virtual, namun seolah-olah berada di dunia nyata. Mereka dapat berinteraksi dengan pengunjung lain, berkeliling, maupun membeli sebuah karya seni.

Aktifitas yang dilakukan di dalam metaverse akan memudahkan baik bagi seniman maupun pengunjung, bahkan penyelenggara pameran. Mereka akan dimudahkan dari berbagai sisi terutama pembiayaan untuk kegiatan tersebut.

Contoh riil penggunaan galeri seni di metaverse

Dalam ruang lingkup internasional, terdapat pameran NFT “Enter the Void” yang diselenggarakan oleh platform 3SpaceArt. Pameran yang bertempat di Singapura dan Seoul secara bersamaan itu menampilkan sejumlah koleksi karya digital melalui metaverse. Setiap pengunjung dapat berinteraksi dengan karya-karya seni dalam physical space atau melalui metaverse dan keduanya tetap merasakan pengalaman yang sama.

Pameran seni digital di indonesia

Tidak hanya berlangsung di luar negeri, beberapa galeri seni di Indonesia juga sudah pernah mengadakan pameran seni di metaverse Salah satunya diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Jakarta pada 12 Oktober 2022 silam. Pada kesempatan ini, Dinas Kebudayaan Provinsi Jakarta berkolaborasi dengan Skolla untuk mengadakan pameran budaya Betawi. 

Pameran seni tersebut bertajuk “Pameran 10 Siklus Kehidupan Masyarakat Betawi di Metaverse.” Pameran ditampilkan secara hybrid, secara luring pada Museum Betawi dan daring melalui Skollaverse (Ruang Metaverse Skolla). 

Kehadiran Galeri NFT di MetaNesia

Galeri seni di metaverse MetaNesia
Nft galeri di MetaNesia (MetaNesia / MetaNesia)

Di Indonesia sendiri, terdapat platform metaverse yang merupakan buatan anak bangsa dari Telkom Indonesia yakni MetaNesia. Sebagai platform metaverse pertama di Indonesia, MetaNesia juga memiliki fitur NFT Gallery, yang bisa digunakan untuk memajang karya seni digital. Galeri NFT di MetaNesia hadir untuk melengkapi kebutuhan galeri seni digital bagi para seniman maupun kolektor karya seni. 

NFT Gallery adalah ruang bagi para kolektor karya seni dan pencipta untuk membeli, memproduksi, menjual, maupun belajar tentang NFT mengenai karya seni digital. Di MetaNesia, NFT Gallery berisikan pameran NFT yang berada pada private space berupa galeri dua tingkat. Saat pengguna mengklik sebuah NFT, pengguna akan diarahkan ke website market MetaNesia di mana mereka dapat melakukan transaksi terkait karya seni yang diinginkan.

NFT Gallery galeri seni di metaverse Metanesia
Galeri seni di metaverse MetaNesia (MetaNesia/MetaNesia)

Saat mengunjungi NFT Gallery yang ada di MetaNesia, pengunjung dapat hadir di galeri virtual ini kapan pun dan dari mana pun mereka berada. NFT Gallery buatan MetaNesia juga bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan pengguna.

Tidak hanya memamerkan karya seni digital, MetaNesia juga menghadirkan galeri seni virtual khusus yang mampu menyimpan koleksi karya NFT sebanyak apa pun. Lewat MetaNesia, seniman dapat menyelenggarakan pameran dengan lebih mudah dan murah karena dilakukan secara online.


Ingin merasakan pengalaman baru di metaverse? Kamu bisa mencoba dengan mengunduh MetaNesia melalui website kami. Dan rasakan pengalaman menarik dan imersif yang belum pernah sebelumnya!

Tertarik untuk menjalin kerja sama, mari bergabung dengan MetaNesia. Kamu dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan Customer Service kami melalui WhatsApp secara gratis.

Bagikan ini: