Spesifikasi Headset Virtual Reality Pico 4, Headset VR Terbaru Buatan Pico!

Spesifikasi Headset Virtual Reality Pico 4, Headset VR Terbaru Buatan Pico!

Headset Virtual Reality Pico 4
Tampilan headset VR Pico 4 (Wikimedia Commons)

Headset Pico 4 adalah headset VR terbaru dari Pico yang dirilis oleh ByteDance untuk menjadi kompetitor utama headset VR populer milik Meta yaitu Meta Quest 2. Kehadiran Pico 4 ini sendiri disambut dengan antusiasme publik yang tinggi terutama karena reputasinya yang digadang-gadang dapat mengalahkan popularitas Meta Quest 2.

Penasaran dengan kemampuan Headset VR Pico 4 ini? Yuk, temukan informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai!

Spesifikasi Headset Virtual Reality Pico 4 Secara Umum

Headset Virtual Reality Pico 4
Tampilan tampak atas headset Pico 4 (Wikimedia Commons)

Headset Pico 4 adalah headset virtual reality yang dikembangkan oleh Pico Interactive, sebuah perusahaan yang berbasis di negara Tiongkok. Pico 4 sesuai dengan namanya merupakan iterasi ke-4 dari lini headset VR Pico. Saat peluncurannya, Pico 4 menawarkan fitur yang beragam dengan spesifikasi yang sangat istimewa untuk bisnis maupun penggunaan pribadi.

Kemampuan Display yang Dimiliki Headset VR Pico 4

Headset VR Pico 4 menggunakan dua panel LCD dengan resolusi 2.5K dengan kepadatan piksel masing-masing sebesar 101 pixels per degree atau PPD. Selain memiliki resolusi yang tinggi, display headset ini memiliki refresh rate sebesar 90Hz yang mampu mengurangi motion sickness sekaligus menawarkan pengalaman yang lebih imersif.

Display pada headset VR ini juga memiliki bidang pandang yang luas yaitu sebesar 110 derajat. Field of View atau FoV Pico 4 tentu tergolong impresif apabila dibandingkan dengan headset serupa yang tersedia di pasaran. Digabungkan dengan resolusi yang tinggi, FoV tersebut tentu dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan pandangan yang penuh.

Performa Headset Virtual Reality Pico 4

Performa Pico 4
Spesifikasi performa yang dimiliki headset terbaru Pico Interactive (Twitter/PicoXR)

Performa yang ditawarkan headset VR ini diatas kertas juga tidak kalah menakjubkan apabila dibandingkan dengan fitur canggih yang terdapat pada display Pico 4 tersebut. Headset ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon XR2 yang didesain khusus untuk perangkat extended reality atau XR.

Chipset canggih yang digunakan Pico 4 didukung dengan GPU Adreno 650 khusus yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dan dapat mendukung penggunaan yang kompleks. Lebih lanjut dari segi perangkat keras atau hardware, Pico 4 memiliki kapasitas Random Access Memory atau RAM sebesar 6GB.

RAM dengan kapasitas yang tergolong besar tersebut mampu memberikan performa yang halus dengan kapabilitas multitasking yang baik. Pico 4 memiliki penyimpanan internal sebesar 128GB yang umumnya cukup untuk mayoritas pengguna headset VR saat ini. Namun, Pico 4 tidak memiliki opsi untuk kapasitas penyimpanan tambahan lainnya.

Performa Perangkat Lunak atau Software Pico 4

Dari segi perangkat lunak atau software, Pico 4 menggunakan sistem operasi atau OS buatan mereka sendiri yang dinamai Pico OS. Pico OS ini sendiri merupakan sistem operasi yang berbasis sistem operasi Android sehingga memiliki tampilan antar muka yang user friendly. Pada Pico OS ini juga terdapat berbagai aplikasi yang sudah terinstall secara default.

Aplikasi yang sudah terinstall secara otomatis kedalam Pico OS ini meliputi web browser, pemutar media dan beberapa permainan VR dan aplikasi pengalaman VR lainnya. Pico juga memberikan berbagai software development kit atau SDK untuk pihak developer. SDK tersebut nantinya dapat digunakan untuk membuat aplikasi VR mereka sendiri untuk headset Pico 4.

Kemampuan Konektivitas Headset Pico 4

Headset VR Pico 4 sudah didukung dengan berbagai perangkat konektivitas yang cukup lengkap sehingga dapat terhubung secara lebih luas. Pico 4 dapat terkoneksi dengan sinyal Wi-Fi versi 6 dan Bluetooth versi 5.2. Sehingga, pengguna Pico 4 dapat terhubung ke internet maupun perangkat lainnya dengan lebih mudah dan cepat.

Pico 4 juga memiliki fitur konektivitas berupa port USB-C untuk keperluan pengisian daya baterai dan pemindahan atau transfer data melalui perangkat komputer lainnya. USB-C tersebut juga dapat digunakan untuk menghubungkan Pico 4 ke PC atau laptop. Sehingga, pengguna dapat mengakses SteamVR maupun aplikasi VR berbasis PC lainnya.

Desain Headset Virtual Reality Pico 4

Kontroler Pico 4
Ilustrasi desain headset Pico 4 (Trusted Reviews)

Dari segi desain, Pico 4 memiliki desain yang modern sekaligus ringkas sehingga memiliki bobot yang ringan sekaligus nyaman untuk digunakan. Pico 4 memiliki bobot hanya sebesar 262 gram saja yang jauh lebih ringan dari headset VR kompetitornya seperti Meta Quest 2.

Pico 4 didesain dengan kipas pendingin built-in yang berfungsi untuk meregulasi atau mengatur temperatur headset VR ini. Pendingin tersebut juga digunakan untuk mencegah lensa menjadi berembun ketika sedang digunakan.

Headset VR Pico 4 dari sisi kenyamanan memiliki desain head strap yang dapat disesuaikan oleh pengguna dengan sesuka hati. Selain itu, terdapat tombol quick release untuk mempermudah pengguna dalam melepas atau memakai headset Pico 4 ini.

Desain Kontroler yang Terdapat pada Pico 4

Kontroler yang terdapat pada headset Pico 4 ini terdiri dari dua buah kontroler six degrees of freedom atau 6DoF Controllers. Dengan fitur tersebut, kontroler Pico 4 menawarkan fitur hand tracking atau pelacakan tangan yang akurat dan presisi sekaligus intuitif. Kontroler Pico 4 juga memiliki desain yang ringan serta nyaman untuk digunakan.

Pico 4 memiliki berbagai fitur kontroler yang meliputi touchpad, tombol trigger, tombol grip dan tombol menu. Kontroler 6DoF ini juga mendukung sistem inside-out tracking yang berarti kontroler tersebut tidak membutuhkan sensor eksternal atau base station untuk dapat berfungsi.

Secara umum, desain kontroler yang terdapat pada headset Pico 4 menawarkan fitur yang lebih sederhana serta portabel sekaligus nyaman digunakan dibandingkan headset VR lainnya.


Demikianlah artikel mengenai headset virtual reality Pico 4 ini. Tertarik dengan artikel seperti ini? Kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel serupa!

Bagikan ini: