Headset Vive XR Elite, Headset VR Terbaik dari HTC!

Headset Vive XR Elite, Headset VR Terbaik dari HTC!

HTC Vive XR Elite
Headset HTC Vive XR Elite (ZDNet)

Kamu sedang mencari Headset yang cocok untuk bermain game VR? HTC Vive XR Elite bisa jadi pertimbangan kamu nih! Baru-baru ini, HTC mengeluarkan headset VR terbaru pada tahun 2023 ini yakni Vive XR Elite.

Vive XR Elite bahkan disebut-sebut sebagai kompetitor dari Quest Pro dari Meta. Tidak seperti produk HTC terakhir, Vive XR Elite secara khusus menargetkan penggunaannya untuk gaming, kebugaran, produktivitas, dan konten on-the-go. Headset terbaru dari HTC ini juga mendukung mixed reality, lho!

Penasaran bagaimana keunggulan & spesifikasi dari headset ini? Baca artikel ini sampai habis!

Diluncurkan Secara Resmi pada Acara CES 2023

CES 2023
Ilustrasi logo event CES (IGN)

Vive XR Elite secara resmi diluncurkan sebagai headset untuk konsumen terbaru dari HTC pada CES 2023 lalu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, headset dengan kapabilitas mixed reality ini diposisikan untuk bersaing dengan Meta Quest Pro. Sekilas dalam peluncurannya, headset ini mengedepankan fitur ukuran dan berat yang ringan.

Meskipun demikian, terdapat beberapa pihak yang meragukan mengenai fitur dari Vive XR Elite tersebut. Terlebih mengenai nilai yang ditawarkan terutama dalam hal ergonomis yang dimiliki oleh VR Headset ini mengingat, bentuk kepala dari penggunanya yang beragam.

Terlepas dari urusan ergonomis dan bentuk, tidak dapat dipungkiri Vive XR Elite merupakan standalone VR headset terbaik dari HTC. Hal tersebut didasari oleh fitur dan performa yang dimiliki oleh Vive XR Elite yang akan dibahas lebih detil pada bagian selanjutnya.

Headset dengan Segudang Fitur Canggih

HTC Vive XR Elite CES 2023
Vive XR Elite dengan penghargaan dari Android Authority pada CES 2023 (Android Authority/Jonathan Feist)

HTC Vive XR Elite adalah headset versi terbaru untuk platform VR dari HTC. Headset ini menawarkan pengalaman VR dan MR yang ciamik dan dapat membawa penggunanya ke dunia baru yang lebih menyenangkan. Selain itu, Vive XR Elite juga memiliki kapabilitas mixed reality yang canggih.

Vive XR Elite ini sendiri nantinya akan menggunakan teknologi 6DoF atau Six Degrees of Freedom. Dimana fitur ini akan memungkinkan pemakai untuk bergerak dengan bebas dan memiliki interaksi realistis dengan lingkungan virtual. Headset Vive XR Elite adalah campuran dari HTC Vive Focus 3 dan HTC Vive Flow, dua headset HTC terakhir, yang keduanya diluncurkan pada tahun 2021.

Headset ini juga dilengkapi dengan dual controller yang memungkinkan pemakainya untuk melakukan berbagai aktivitas dan interaksi dengan objek virtual. Vive XR Elite juga mendukung Vive Wrist Tracker, perangkat hand-tracking yang dapat dipasang ke pergelangan tangan pengguna, atau ke objek seperti pengontrol senjata.

Headset terbaru produksi HTC ini dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi 2880 x 1700. Layar tersebut akan memberikan pengalaman visual yang sangat jelas dan memukau. Kualitas suara headset ini juga sangat baik, karena dilengkapi dengan teknologi Audio 3D yang menghasilkan suara yang jelas dan tajam.

Keunggulan HTC Vive XR

HTC Vive XR Elite Full Kit
Headset HTC Vive XR Elite lengkap dengan controllernya (VIVE)

Salah satu fitur unggulan dari HTC Vive XR Elite adalah fitur kalibrasi ruangan yang sangat mudah dan cepat. Fitur ini memastikan penggunanya dapat menikmati pengalaman virtual reality ataupun mixed reality dengan nyaman dan aman. 

HTC Vive XR Elite dilengkapi dengan teknologi pemantauan wajah dan gerakan tubuh yang membuat interaksi pemakai dengan lingkungan virtual lebih alami dan menyenangkan.

Fitur lain yang menonjol dari HTC Vive XR Elite adalah kemampuannya yang kompatibel dengan aplikasi dan game VR yang tersedia di pasaran. Headset canggih dari HTC ini pun dapat dihubungkan ke PC melalui USB-C untuk konten PC VR, serta secara nirkabel melalui WiFi, dengan dukungan hingga WiFi 6E. 

Hal tersebut memungkinkan penggunanya untuk menikmati berbagai pengalaman realitas virtual, mulai dari game hingga pendidikan dan aplikasi produktivitas.

Memiliki Kemampuan Mixed Reality yang Memumpuni

Mixed Reality Headset
Ilustrasi teknologi mixed reality (Luxury Launches)

Vive XR Elite didesain oleh HTC dengan tugas yang cukup menantang yaitu untuk bersaing dengan Meta Quest Pro dengan berbagai kelebihannya. Oleh karena itu, Vive XR Elite memiliki kemampuan augmented reality dan virtual reality secara bersamaan atau yang lebih umum disebut sebagai mixed reality.

Merupakan Salah Satu Headset dengan Passthrough Terbaik dikelasnya

HTC Vive XR Elite
Headset HTC Vive XR Elite (Trusted Review)

Kapabilitas mixed reality pada Vive XR Elite juga dapat dikatakan cukup memumpuni. Pasalnya, headset ini memiliki passthrough yang nyata sehingga menawarkan pengalaman MR yang imersif. Lebih jauh, passthrough Vive XR Elite menampilkan warna yang lebih nyata dengan distorsi warna yang minimal.

Standalone VR Headset dari HTC ini juga menawarkan kemampuan untuk menghasilkan gambar yang tajam dan lebih jelas untuk penggunanya. Dengan Vive XR Elite, pengguna bahkan mampu untuk membaca teks pada smartphone maupun smartwatch mereka dengan nyaman dalam jarak tertentu.

Namun, meskipun demikian masih terdapat sedikit kekurangan terutama dalam segi depth accuracy. Hal tersebut masih menjadi salah satu faktor yang membuat pengguna tidak nyaman meskipun telah terdapat depth sensor pada Vive XR Elite. Kedepannya, HTC diharapkan dapat mengeluarkan update sistem untuk memperbaiki hal tersebut.

Kemampuan Headset Vive XR Elite dalam menjalankan aplikasi dan game MR.

Mixed Reality Game
Ilustrasi game dengan teknologi mixed reality menggunakan headset (Wikimedia Commons)

Vive XR Elite terbukti dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi mixed reality dengan lancar. Selanjutnya, dari sisi performa menjalankan video game, Vive XR Elite juga dikatakan memiliki kapabilitas yang cukup baik.

Headset terbaru dari HTC ini juga mampu berjalan dengan mulus dalam beberapa aplikasi MR pada ruangan yang leluasa tanpa adanya physical anchor point. Hal tersebut tentu menjadi keunggulan Vive XR Elite ini dimana headset pesaingnya membutuhkan penanda manual, tidak terkecuali Meta Quest Pro.

Meskipun demikian, headset premium dari HTC ini masih belum memiliki kemampuan untuk mendeteksi objek fisik secara otomatis. Lebih jauh, kurangnya depth accuracy pada Vive XR Elite tentu berpotensi berdampak negatif terhadap pengenalan objek sekitarnya.

Headset VR yang juga Cocok digunakan untuk Bisnis

virtual reality for business
Ilustrasi penggunaan VR untuk bidang bisnis (Flickr/Rawpixel)

HTC pada CES 2023 memang merilis Vive XR Elite sebagai headset VR dengan orientasi consumer atau individu. Namun, meskipun demikian, Vive XR Elite juga memiliki berbagai keunggulan untuk sektor bisnis. Terlebih harganya yang dapat dikatakan cukup tinggi untuk sektor pasar consumer.

Modularitas atau fleksibilitas pada headset ini tentu menawarkan nilai jual untuk pasar bisnis. Lebih lanjut, bentuknya yang ringkas dan ringan membuat headset VR satu ini dapat dibawa-bawa dengan mudah dan nyaman baik dalam tas ataupun koper.

Keunggulan selanjutnya dari headset terbaru HTC ini yaitu kemampuannya untuk menghasilkan gambar mixed reality yang dapat dikatakan terbaik saat ini. Kelebihannya untuk bisnis yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu memiliki reputasi keamanan data dan dukungan untuk bisnis yang lebih baik dari Meta dan ByteDance.

Spesifikasi Lengkap Headset Vive XR Elite

Vive XR Elite Specs
Spesifikasi singkat mengenai Vive XR Elite (Venture Beat)

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli headset VR manapun, jangan lupa untuk mengetahui dan memahami spesifikasi lengkap dari headset VR tersebut. Berikut spesifikasi lengkap dari HTC Vive XR Elite:

  • DISPLAY: LCD RGB
  • LENSES: Pancake
  • RESOLUTION (per eye): 1920 x 1920
  • FRAMERATE: 90 Hz
  • FIELD OF VIEW: 110°
  • IPD: 54-73 mm
  • PROCESSOR / GPU: Qualcomm Snapdragon XR2
  • TRACKING: Inside-Out (4 Cameras, SDOF)
  • HAND-TRACKING: Integrated
  • EYE-TRACKING: –
  • FACE-TRACKING: –
  • MIXED REALITY: 16 Megapixel RGB-Passthrough Camera
  • CONNECTIONS: Wifi 6 | Bluetooth | USB-C 3.2
  • AUDIO: Integrated Speaker | 2 Microphones
  • WEIGHT: 509 g

Jika dirupiahkan, headset ini dibandrol dengan harga Rp16.654.000 dan belum termasuk pajak jika headset ini masuk ke Indonesia. Walaupun harganya cukup tinggi, kualitas yang didapatkan pun pastinya akan sebanding.

Headset Ringan dan Nyaman, Namun Tetap Memumpuni!

HTC Vive XR Elite
Tampilan samping dari HTC Vive XR Elite (VIVE)

Sesuai dengan klaimnya yang lightweight dan compact, bobot Vive XR Elite sangat ringan jika dibandingkan dengan bobot Quest Pro & Pico 4. Namun, pada bagian bagian belakang, bobot baterai Vive XR Elite lebih berat dibanding pesaingnya. 

Walaupun demikian, baterai Vive XR merupakan baterai yang convertible atau dapat dicabut. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika kamu bermain sambil bersandar di kursi dengan menghubungkan headset ke powerbank atau kabel USB.

Vive XR Elite tidak memiliki ikat kepala yang menutupi bagian atas kepala, sehingga headset ini tidak terlalu pas saat dipakai bagi beberapa orang. Walaupun demikian, Vive XR Elite sangat nyaman untuk penggunaan jangka pendek dan menengah.


Vive XR Elite tidak memiliki ikat kepala yang menutupi bagian atas kepala, sehingga headset ini tidak terlalu pas saat dipakai bagi beberapa orang. Walaupun demikian, Vive XR Elite sangat nyaman untuk penggunaan jangka pendek dan menengah.

Demikian bahasan mengenai Headset VR terbaru dari HTC, Vive XR Elite. Suka dengan informasi teknologi seperti ini? Yuk, kunjungi blog MetaNesia untuk dapatkan berita terbaru seputar metaverse dan teknologi menarik lainnya!

Bagikan ini: