Bocoran Mengenai Headset VR High-end dari Pimax!

Bocoran Mengenai Headset VR High-end dari Pimax!

Headset VR Pimax
Headset VR Pimax Crystal (Pimax)

Apakah kamu pernah mendengar perusahaan Pimax? Pimax merupakan salah satu produsen headset VR yang cukup ternama asal negeri Tiongkok. Perusahaan spesialis headset vr ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2015, lho! Mungkin nama tersebut masih cukup asing terlebih apabila dibandingkan dengan perusahaan raksasa terkait seperti Meta ataupun HTC.

Namun, meskipun demikian, headset VR Pimax memiliki kualitas yang tidak kalah memumpuni dibandingkan pesaingnya, lho! Terbukti, Pimax beberapa kali merilis headset VR dengan kualitas display luar biasa. Headset Pimax VR yang terkenal sebut saja Pimax 4K yang dirilis 2016 lalu dan Pimax 8K X yang mulai diproduksi sejak tahun 2019 silam.

Perusahaan pembuat VR headset yang berbasis di kota Shanghai ini kemudian membuat gebrakan baru pada tahun 2021 dengan mengumumkan VR headset generasi terbarunya. VR headset tersebut diumumkan pada acara Pimax Frontier Event dan akan memiliki teknologi display revolusioner dengan resolusi 12K QLED.

Berita terbaru mengenai langkah Pimax di bidang virtual reality terkini yaitu mengumumkan headset virtual reality terbaru buatan mereka yaitu Pimax Crystal QLED. Menurut Pimax, headset ini akan menjadi headset dengan kepadatan pixel atau PPD tertinggi saat ini.

Headset VR Pimax Berhasil Mendapatkan Investasi Sebesar $30 Juta!

Logo Pimax
Logo perusahaan Pimax (PR Newswire)

Headset buatan Pimax VR erat kaitannya dengan resolusi tinggi dan fitur sudut pandang luas yang dimiliki. Meskipun demikian, banyak juga konsumen yang mengeluhkan mengenai keterlambatan pengiriman dan lineup yang membingungkan pada produk Pimax. Oleh karena itu, Pimax mengadakan sesi pendanaan C1 untuk memperkuat fokus dan reliabilitas mereka.

Berdasarkan perusahaan produsen VR headset tersebut, sesi pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan investasi yang juga berbasis di Beijing yaitu Danmu Capital. Saat ini, sesi tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar $30 juta. Hal ini tentu memperkuat posisi finansial Pimax terlebih saat ini mereka akan merilis portofolio perangkat VR terbarunya.

Sesi pendanaan C1 yang sukses menggalang dana sebesar $30 juta ini merupakan sesi pendanaan lanjutan dari Pimax. Sebelumnya, pada tahun 2020 mereka mengadakan pendanaan B-Series yang menghasilkan $20 juta. Rangkaian pendanaan Pimax yang pertama yaitu A-Series Investment dilakukan pada tahun 2017 yang mengumpulkan $15 juta.

Rencana Perilisan Produk oleh Pimax VR

Pimax Crystal
Ilustrasi headset Pimax Crystal (Pimax)

Pimax sendiri telah berencana untuk meluncurkan beberapa produk virtual reality terbaru mereka. Perangkat pertama terdapat VR headset Pimax Crystal dengan fitur berupa lensa asferis yang bisa ditukar dan display canggih 160-hertz refresh rate. Dari Reality Series mereka, headset flagship Pimax Reality 12K juga diprediksi akan diluncurkan pada tahun 2023 ini.

Selain VR headset, Pimax juga berencana akan meluncurkan sebuah produk yang dinamai Pimax Portal Handheld VR Hybrid. Produk virtual reality dari Pimax ini sendiri menyerupai bentuk dan fungsi yang digadang-gadang menyerupai Nintendo Switch.

Spesifikasi VR Headset Pimax Crystal

Headset terbaru buatan Pimax sendiri diumumkan pada ajang CES 2023 dengan nama Pimax Crystal. Headset VR ini memiliki lensa dan teknologi display terbaru yang diklaim memiliki kualitas gambar paling jernih saat ini. Secara umum, headset Pimax Crystal ini memiliki banyak peningkatan dan perbaikan dibandingkan headset Pimax sebelum-sebelumnya.

Lensa terbaru yang terpasang pada Pimax Crystal menjanjikan untuk menghilangkan kesilauan yang terjadi pada headset VR buatan Pimax sebelumnya yang menggunakan lensa Fresnel. Selain itu, dari sisi lensa yang dimiliki, lensa pada Pimax Crystal juga memiliki fitur yang unik dimana lensa tersebut dapat ditukar untuk berbagai peningkatan.

Saat peluncurannya, terdapat dua konfigurasi lensa yang ditawarkan oleh Pimax untuk Pimax Crystal ini. Konfigurasi lensa pertama yaitu memiliki kepadatan layar sebesar 42 PPD dengan sudut penglihatan diagonal 120 derajat. Lensa yang kedua memiliki kepadatan layar lebih rendah yaitu 35 PPD namun dengan sudut pandang lebih besar yaitu 140 derajat.

Kapabilitas Display pada Headset Pimax Crystal

Kemampuan display yang ditawarkan oleh VR headset Pimax Crystal ini yaitu akan memiliki resolusi yang tinggi. Selain itu, resolusi tersebut akan didukung dengan kapabilitas HDR atau High Dynamic Range. Resolusi yang sangat tinggi tersebut juga akan dipasangkan dengan kemampuan refresh rate sebesar 160-hertz.

Fitur yang dimiliki headset canggih ini yaitu meliputi kemampuan proses mandiri yang kompatibel dengan PC. Pimax Crystal juga akan memiliki fitur eye-tracking, inside-out tracking, modul nirkabel WiGig dan berbagai fitur lainnya.

Spesifikasi Ambisius pada Headset VR Flagship Pimax 12K QLED

Pimax Reality 12K QLED
Headset flagship Pimax Reality 12K QLED (YouTube/RealiteVirtuelle)

Pimax sendiri mempresentasikan headset flagship atau unggulan mereka yaitu Pimax 12K QLED melalui livestream resminya baru-baru ini. Pimax mengumumkan headset terbaru dalam lini Reality mereka yang akan memiliki berbagai fitur canggih nan ambisius. Dual Mode pada Pimax 12K QLED nantinya akan mampu untuk berjalan mandiri ataupun sebagai PC VR.

Pimax Reality 12K QLED sesuai dengan namanya akan mengusung display dengan kemampuan resolusi hingga 12K berbasis teknologi Mini-QLED. Display tersebut diestimasi akan memiliki resolusi 5.760×3.240 (18.6MP) per-eye. Kecepatan refresh rate display tersebut akan memiliki kapabilitas bervariasi yaitu 75Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz, 160Hz dan bahkan 200Hz.

Lensa headset VR flagship Pimax ini akan menggunakan lensa gabungan asferis dan fresnel. Lensa Pimax Reality 12K QLED ini diklaim memiliki field-of-view atau sudut penglihatan sebesar 240 derajat diagonal dan 200 derajat horizontal serta 135 derajat vertikal. Lebih spesifik, sudut penglihatan stereo overlap sebesar 118 derajat.

Performa yang Terdapat Didalam Pimax Reality 12K QLED

Headset dengan segudang fitur ini tentu membutuhkan daya dan tenaga yang kuat untuk mengoperasikannya. Pimax sendiri menyatakan tidak akan setengah-setengah dalam segi performa yang dimiliki headset flagship mereka ini. Pimax Reality 12K QLED akan ditenagai oleh prosesor terbaru milik Qualcomm yaitu Snapdragon XR2.

Hingga saat ini, masih belum diketahui kapasitas RAM dan penyimpanan yang akan digunakan headset ini. Pimax Reality 12K QLED akan memiliki modul nirkabel Wi-Fi 6E dengan tambahan opsional yang mendukung koneksi 60GHz. Daya baterai headset ini sendiri juga cukup besar yaitu sebesar 6.000 mAh dengan jenis baterai yang tidak diketahui.

Dari segi konektivitas, Pimax Reality 12K QLED dapat menerima sambungan dari Display Port. Headset VR ini akan memiliki total 4 kamera dengan kemampuan head, hand and controller tracking. Terdapat juga berbagai sensor canggih dengan spesifik 2 sensor untuk eye-tracking, 2 sensor untuk face-tracking dan 3 sensor untuk mouth/body-tracking.

Harga VR Headset Terbaru dari Pimax

Pimax Reality 12K QLED
Estimasi harga Pimax Reality 12K QLED (Twitter/Kent Bye)

Harga yang ditetapkan oleh Pimax untuk kedua headset VR terbaru nya yaitu Pimax Crystal dan Pima Reality 12K QLED sendiri cukup tinggi. Namun, hal tersebut dapat dikatakan cukup wajar mengingat berbagai fitur canggih dan spesifikasi yang dimiliki.

Pimax Crystal, headset versi lebih terjangkau dari Pimax Reality 12K QLED dibanderol dengan harga $1.900. Harga ini tentu menempatkan Pimax Crystal sebagai kompetitor langsung dari headset VR AERO milik Varjo.

Disisi lain, headset flagship Pimax sekaligus perangkat terbaru untuk lini Reality milik mereka akan dijual mulai dari $2.400. Hingga saat ini masih belum dipastikan aksesoris dan modul apa saja yang akan didapatkan dengan harga tersebut.


Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: