Mengintip Performa Headset VR Reverb G2 buatan Perusahaan Raksasa HP!

Mengintip Performa Headset VR Reverb G2 buatan Perusahaan Raksasa HP!

Headset VR HP Reverb G2
Headset VR HP Reverb G2 (HP)

Tentu kamu sudah tidak asing ketika mendengar perusahaan HP, bukan? Ya, HP adalah salah satu perusahaan ternama khususnya dibidang teknologi yang ditandai dengan eksistensinya yang sudah lama berkecimpung dibidang tersebut. Setelah sukses di berbagai perangkat teknologi yang telah mereka kembangkan, HP pada akhirnya masuk ke ranah VR.

Belum lama ini yaitu tepatnya pada akhir tahun 2021 yang lalu, perusahaan raksasa ini akhirnya mengumumkan perilisan headset VR terbaru mereka yang dinamakan Reverb G2. Dengan HP Reverb G2 ini, mereka menjanjikan akan menggabungkan kemampuan display denggan gambar yang tajam dengan kenyamanan dan kualitas suara yang memumpuni.

Bahkan, peluncuran HP Reverb G2 virtual reality headset ini saat itu digadang-gadang dapat menyaingi salah satu VR headsets yang sedang tren yaitu Valve Index. Menurut HP, Reverb G2 virtual reality headset akan menawarkan peningkatan dalam berbagai aspek dan fitur baru yang tidak ada pada VR headsets terdahulu mereka.

Penasaran dengan kemampuan yang dimiliki oleh HP Reverb G2 virtual reality headset ini? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini!

Spesifikasi Display pada HP Reverb G2 Virtual Reality Headset

Spesifikasi HP Reverb G2
Ilustrasi spesifikasi HP Reverb G2 virtual reality headset (IGN)

Seperti VR headsets buatan HP pada umumnya, HP Reverb G2 memiliki kemampuan display beresolusi tinggi yang sekaligus menjadi salah satu fitur unggulan headset ini. Lebih lengkapnya, display HP Reverb G2 memiliki spesifikasi yaitu dengan resolusi 2160 x 2160 pixels per-eye. Resolusi tinggi tersebut memiliki kemampuan refresh rate sebesar 90 hertz.

Spesifikasi display yang canggih tersebut menjadikan HP Reverb G2 ini sebagai headset VR terdepan kala itu dalam segi teknologi display yang dimiliki. Peningkatan yang dilakukan HP terhadap Reverb G2 virtual reality headset dibandingkan VR headsets mereka sebelumnya yaitu dari segi kualitas gambar.

HP Reverb G2 Memiliki Software dan Hardware yang Jauh Lebih Baik Daripada Sebelumnya!

Kualitas gambar yang dihasilkan HP Reverb G2 terbukti jauh lebih baik dari headset VR sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena HP Reverb G2 menggunakan lensa yang lebih baik yang dikembangkan bersama dengan perusahaan Valve. Selain hardware yang lebih canggih, HP juga mengimplementasikan software terbaru mereka untuk HP Reverb G2 ini.

HP menggunakan software terbaru yang memiliki berbagai peningkatan hasil dari kerjasamanya dengan perusahaan terkemuka Microsoft. Software terbaru tersebut terbukti membuat gambar yang dihasilkan jauh lebih tajam. Selain itu, software tersebut membuat gambar yang dihasilkan bebas dari god rays, ghosting ataupun chromatic aberration.

Selain itu, peningkatan paling signifikan dengan penggunaan software dari Microsoft tersebut yaitu menghilangkan Screen Door Effect yang terjadi. Screen Door Effect sendiri merupakan struktur piksel yang terlihat pada tampilan layar. Sehingga, pada HP Reverb G2, gambar yang dihasilkan terlihat sebagai gambar yang tercipta sebagai satu kesatuan yang utuh.

Menawarkan Pengalaman Virtual Reality yang Lebih Menyenangkan

Virtual Reality
Ilustrasi pengalaman virtual reality (Wikimedia Commons)

Display canggih yang mampu menghasilkan gambar yang detil dan tajam pada HP Reverb G2 virtual reality headset memungkinkan penggunanya untuk merasakan VR secara imersif. Salah satu keunggulannya khususnya dalam hiburan permainan VR yaitu gambar yang lebih tajam dan detil yang menghasilkan tekstur yang lebih jelas.

Beberapa contohnya dapat dijumpai pada judul game Half-Life: Alyx yang menampilkan detil senjata yang lebih tinggi dan tekstur yang lebih berkualitas. Dimana, hal tersebut tidak mampu dihasilkan oleh Valve Index dengan resolusi tinggi sekalipun. Contoh lainnya yaitu pada game Elite Dangerous, seluruh tampilan termasuk teks dapat dilihat dengan tajam.

Pengalaman virtual reality yang ditawarkan Reverb G2 virtual reality headset bahkan disebut menyerupa pengalaman ketika menonton film dengan kualitas Blu-ray. Karena, HP Reverb G2 mampu menampilkan detil-detil yang sebelumnya tidak dapat terlihat dan pada akhirnya meningkatkan pengalaman VR penggunanya.

Membutuhkan Perangkat yang Sangat Kuat

Segala keunggulan dan kemampuan yang ditawarkan pada Reverb G2 virtual reality headset tentu membutuhkan dukungan perangkat yang kuat. Terlebih pada SteamVR yang secara otomatis menetapkan resolusi HP Reverb G2 ke 3184 x 3095 pixels per-eye. Proses pada SteamVR tersebut tergolong standar dan juga dilakukan ke VR headsets lainnya.

Hal yang dilakukan SteamVR sebenarnya bersifat baik karena bertujuan untuk mengurangi efek distorsi yang terjadi pada lensa VR headsets. Namun, dengan resolusi bawaan pada HP Reverb G2 yang sudah tinggi, hal tersebut membutuhkan perangkat yang sangat kuat untuk mendukung proses tersebut.

Perangkat tersebut terutama kartu grafis yang dituntut untuk memiliki performa yang tinggi. Apabila konsumen tidak memiliki graphic card yang kuat, konsumen dapat menurunkan resolusi untuk mengurangi beban performa perangkat. Meskipun menghilangkan keindahan resolusi bawaan HP Reverb G2 ini, namun gambar yang dihasilkan masih tergolong sangat baik.

Spesifikasi Lensa yang Terdapat di HP Reverb G2 Virtual Reality Headset

Lensa HP Reverb G2
Lensa yang terdapat pada HP Reverb G2 (IGN)

Sayangnya, kualitas gambar tinggi dan tajam pada HP Reverb G2 tidak didukung dengan sudut pandang atau Field of View yang tinggi. Dimana, FOV HP Reverb G2 virtual reality headset ini bahkan lebih sempit dibandingkan kompetitornya yaitu Valve Index ataupun VR headsets lainnya.

Keadaan FOV yang terbatas pada HP Reverb G2 ini juga diperparah dengan tidak adanya fitur untuk mengatur jarak antara mata dengan lensa seperti yang ada di Valve Index. Sebagai referensi, FOV pada VR headsets umumnya selalu bergantung pada jarak antara mata pengguna dengan lensa yang ada di headset VR.

Sehingga, untuk mengatasi masalah tersebut, pengguna HP Reverb G2 terpaksa harus mengencangkan ikat kepala headset tersebut. Hal ini tentu menambah tekanan terhadap kepala pengguna karena ikatan yang lebih kencang. Sehingga, meskipun FOV dapat lebih luas, namun penggunaan jangka panjang menjadi tidak nyaman.

Keunggulan Lensa HP Reverb G2 dibandingkan dengan Pendahulunya

Salah satu fitur pada HP Reverb G2 yang tidak ada di Reverb G1 yaitu regulator mekanis untuk interpupillary distance atau IPD. IPD pada HP Reverb G2 dapat diatur antara 60 sampai 68 mm. Sehingga dengan regulator IPD ini, pengguna dapat mengatur sweet spot mereka masing-masing terkait daerah yang memiliki ketajaman gambar tertinggi sesuai kebutuhan mereka.

HP Reverb G2 Menawarkan Kenyamanan Maksimal dan Kualitas Suara Tinggi

HP Reverb G2
Ilustrasi HP Reverb G2 virtual reality headset (IGN)

Kerjasama antara HP dan Valve untuk mengembangkan HP Reverb G2 tentu membuat headset VR dari HP ini memiliki tingkat kenyamanan yang sangat tinggi seperti Valve Index. Bahkan, terdapat kemiripan bentuk antara HP Reverb G2 ini dengan Valve Index. Kenyamanan pada HP Reverb G2 ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Keunggulan HP Reverb G2 dari segi kenyamanan dibandingkan Valve Index yaitu memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan Valve Index. Sehingga, hal ini membuat HP Reverb G2 lebih nyaman untuk digunakan khususnya dalam waktu yang lama. Selain itu, desain ikat kepala HP Reverb G2 juga membuat headset tersebut mudah untuk digunakan oleh konsumen.

Kualitas Suara dan Microphone pada HP Reverb G2 Virtual Reality Headset

Audio HP Reverb G2
Speaker yang terdapat di headset HP Reverb G2 (HP)

HP menyatakan bahwa dua buah speaker utama pada HP Reverb G2 serupa dengan speaker kepala yang ada di Valve Index. Dimana, speaker yang terdapat pada Valve Index memiliki kualitas suara yang sangat baik. Selain suara yang jernih, kenyamanan terhadap konfigurasi speaker seperti jarak antara speaker dengan telinga juga menjadi nilai tambah pada headset ini.

Meskipun diklaim identik dengan speaker Valve Index dalam pembuatannya, namun terdapat dua masalah utama yang ditemukan pada speaker HP Reverb G2. Masalah pertama yaitu pada frekuensi tertentu, terdapat distorsi suara yang dapat terdengar. Dimana, pada Valve Index masalah tersebut sangat jarang dijumpai.

Masalah selanjutnya yaitu penempatan speaker HP Reverb G2 yang sulit untuk disesuaikan. Seperti yang kita tahu, penempatan speaker bersifat sangat penting untuk dapat mendengarkan suara yang jernih. Sehingga, sulitnya menyesuaikan speaker Reverb G2 virtual reality headset tersebut menjadi kekurangan yang cukup penting pada headset tersebut.

Microphone terintegrasi yang terdapat pada HP Reverb G2 secara umum memiliki kualitas yang cukup baik. Meskipun microphone tersebut terdengar cukup kecil dan terdapat sedikit overdrive bahkan setelah disesuaikan, kualitas rekaman yang dimiliki tergolong cukup baik.


Demikianlah artikel mengenai headset VR HP Reverb G2 ini! Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: