Headset XR Samsung akan Dikembangkan bersama Google dan Qualcomm!

Headset XR Samsung akan Dikembangkan bersama Google dan Qualcomm!

headset xr samsung
Headset Samsung VR Gear (Wikimedia Commons)

Pada acara Samsung Unpacked 2023 yang berlangsung belum lama ini, perusahaan elektronik raksasa Samsung merilis berbagai perangkat elektronik barunya. Namun, terdapat informasi yang menarik dimana Samsung juga mengumumkan akan merilis Headset extended reality (XR) barunya!

Hal ini tentu saja menjadi berita yang menarik dimana Samsung telah resmi kembali bergelut pada bidang mixed reality. Kemudian, apa saja informasi resmi dari Samsung mengenai Headset XR mereka yang akan dirilis nantinya? Berikut ini seluruh hal yang wajib kamu ketahui mengenai Headset XR Samsung yang baru diumumkan di tahun 2023.

Perdana diumumkan pada Unpacked 2023, Headset XR Samsung akan berkolaborasi dengan Google dan Qualcomm.

headset xr samsung
Ilustrasi Headset XR (Hippopx)

Pada tahun 2023 ini, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan bekerjasama dengan dua perusahaan raksasa terkemuka dalam bidangnya masing-masing yaitu Google dan Qualcomm. Kerja sama ini dilakukan perusahaan tersebut dalam rangka mengembangkan semua Headset XR yang akan mereka rilis di masa yang akan datang.

Hal ini merupakan berita yang cukup mengejutkan di tahun 2023 karena sebelumnya terdapat rumor bahwa Samsung akan bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan headset XR mereka. Namun, keputusan Samsung dapat didasari akibat kemunduran dalam perkembangan HoloLens serta Windows Mixed Reality.

Sampai Februari 2023 sendiri, masih belum ada jadwal ataupun linimasa mengenai perilisan headset XR Samsung ini. Hal ini karena mereka tidak ingin mengeluarkan sebuah produk terlalu cepat yang belum siap untuk diluncurkan.

Samsung mengatakan bahwa sebuah perangkat akan berhasil hanya apabila memiliki seluruh komponen yang sudah ‘matang’ dan siap dipasarkan. Namun, kita belum tahu apakah perangkat ini akan diluncurkan di tahun 2023 atau nanti.

Kiprah Qualcomm dalam teknologi di bidang VR dan AR.

Seperti yang kita ketahui, Qualcomm sebagai salah satu pemimpin pasar prosesor saat ini telah menyediakan beberapa prosesor untuk headset VR. Prosesor terbaru mereka yang didedikasi untuk sistem VR dan AR saat ini yaitu Snapdragon XR yang sudah banyak digunakan oleh headset VR ternama.

Qualcomm sendiri juga dikabarkan akan merilis generasi ke-2 dari Snapdragon XR2 pada tahun 2023 ini. Nantinya, prosesor yang dirilis 3 tahun setelah generasi sebelumnya ini akan menawarkan performa yang jauh lebih baik. Qualcomm juga telah mengumumkan akan merilis prosesor yang didedikasiakn untuk sistem AR dengan chipset yang dinamakan AR2.

Peran teknologi Google untuk dunia VR dan AR.

Google sebagai perusahaan teknologi raksasa juga memiliki sejarah yang cukup panjang didunia AR khususnya dalam segi perangkat lunak. Salah satu inovasi dari Google yaitu ARCore yang berhasil dalam mengintegrasi fitur augmented reality kedalam sistem operasi Android.

Pada segi perangkat keras, Google telah merilis salah satu perangkat AR yang dinamakan Google Glass meskipun dengan berbagai kekurangannya. Lebih lanjut, Google juga terbukti tertarik untuk lebih jauh melebarkan sayapnya di bidang VR dengan produk Google Cardboard.

Google juga telah resmi mengumumkan sekilas mengenai kacamata AR masa depan mereka pada konferensi pengembang mereka yakni Google IO 2022. Kacamata AR ini nantinya akan memiliki fitur penerjemah dan kapabilitas transkripsi. Sehingga, teknologi ini didesain untuk membantu penggunanya dalam berbicara dalam berbagai bahasa tanpa memerlukan smartphone lagi.

Selanjutnya dalam bidang MR, di tahun 2023 Google juga dirumorkan sedang mengembangkan headset MR sebagai bagian dari “Project Iris”. Kemudian, perusahaan tersebut saat ini juga sedang mengembangkan Project Starline untuk menciptakan teknologi tanpa kaca untuk video call 3D dengan avatar yang photorealistik.

Menjadi awal dari kembalinya Samsung ke bidang XR!

samsung gear vr
Samsung Gear VR (Flickr/ Maurizion Pesce)

Pengumuman resmi di tahun 2023 dari perusahaan elektronik ternama mengenai perangkat XR terbaru mereka tentu saja menjadi berita yang baik untuk dunia XR. Seperti yang kita ketahui, Samsung merupakan salah satu pelopor terbesar dalam dunia XR.

Peran Samsung dalam dunia XR pertama kali dapat dilihat jauh sebelum 2023 pada tahun tahun 2015. Saat itu, Samsung mengeluarkan Samsung Gear VR yang merupakan headset VR untuk smartphone Galaxy S dan Note mereka. Saat itu, Gear VR mampu untuk menjalankan game VR yang dibuat untuk Oculus.

Namun, setelah merilis beberapa versi dari Gear VR, Samsung menghentikan pengembangan dari headset VR tersebut. Mereka juga merilis headset VR dengan nama Samsung Odyssey untuk PC yang juga sayangnya dihentikan. Terakhir, Samsung juga pernah meriset sebuah perangkat XR pada tahun 2017, namun tidak pernah mereka rilis ke pasar.


Tertarik dengan artikel seperti ini? Yuk, kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel terbaru di tahun 2023!

Bagikan ini: