Headset XR Varjo XR-3 dapat Membawa Objek di Dunia Asli kedalam Dunia Virtual!

Headset XR Varjo XR-3 dapat Membawa Objek di Dunia Asli kedalam Dunia Virtual!

Headset XR Varjo XR-3
Ilustrasi Headset Mixed Reality Varjo XR-3 (Varjo)

Saat ini, tren teknologi yang diekspektasi oleh konsumen merupakan teknologi yang menggabungkan virtual reality dan augmented reality serta dapat digunakan sehari-hari. Hal tersebut juga merupakan salah satu alasan mengapa bidang mixed reality berkembang pesat belakangan ini.

Tuntutan teknologi mixed reality yang dapat digunakan oleh konsumen dalam kehidupan sehari-hari mereka inilah yang kemudian mendorong berbagai perusahaan untuk memproduksi mixed reality headset. Seperti salah satu mixed reality headset asal perusahaan raksasa Meta yang bernama Meta Quest Pro.

Namun, selain Meta, terdapat juga berbagai perusahaan teknologi lainnya yang tidak mau kalah. Contohnya Varjo, salah satu produsen headset terkemuka yang baru saja mengumumkan mixed reality headsetterbaru mereka. Headset yang dinamakan Varjo XR 3 Headset tersebut digadang-gadang akan menjadi salah satu headset MR tercanggih saat ini.

Penasaran dengan headset MR terbaru dari Varjo ini? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Varjo XR 3 Didesain Sebagai Headset Flagship!

Varjo XR-3
Desain dan keunggulan Varjo XR-3 (iMotions)

Meta dengan mixed reality headsetnya yaitu Meta Quest Pro menawarkan headset MR standalone untuk keperluan penggunaan professional. Sedangkan, perusahaan asal Finlandia yaitu Varjo berfokus untuk mengembangkan produk headset yang tergolong high-end.

Salah satu headset high-end buatan Varjo yaitu Varjo Aero yang ditujukan untuk penggunaan dirumah oleh konsumen pada awal 2022 yang lalu. Saat peluncurannya, Varjo Aero dikenal sebagai headset yang memiliki gambar yang tajam dan nyaman digunakan. Menurut berbagai pihak headset tersebut merupakan pilihan tepat untuk para gamers permainan VR.

Varjo Aero sendiri diluncurkan sebagai headset yang hanya memiliki kapabilitas virtual reality. Dalam menjawab kebutuhan konsumen terhadap mixed reality headset, Varjo akhirnya meluncurkan Varjo XR 3 headset dengan kemampuan mixed reality. Setelah peluncuran Varjo XR 3 tersebut, mereka juga meluncurkan XR-3 Focal Edition dengan peningkatan pada kamera.

Perbedaan antara Varjo XR 3 dengan Varjo XR 3 Focal Edition yaitu terletak pada sistem kamera yang digunakan. Kamera Varjo XR 3 Focal Edition memiliki depth perception dan ketajaman gambar dalam jarak dekat (30-80 cm) yang lebih baik. Sehingga, kamera Varjo XR 3 Focal Edition dapat dikatakan memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Varjo XR 3 Headset Sangat Cocok untuk Penggunaan Professional

Varjo XR-3 Application
Ilustrasi penggunaan terspesialisasi headset XR Varjo XR-3 (VR Scout)

Varjo XR3 Focal Edition meskipun memiliki bobot yang cukup berat namun menurut berbagai review tetap nyaman ketika digunakan untuk jangka waktu yang lama. Mixed reality headset ini juga menurut banyak pihak lebih cocok untuk penggunaan yang terspesialisasi seperti riset, desain dan pelatihan high-end.

Selain menawarkan kenyamanan pada penggunanya, Varjo XR 3 juga memiliki kemampuan display yang sangat memumpuni. Display pada headset MR ini berhasil membuat banyak penggunanya terkesan terutama dari segi ketajaman gambar yang hampir sempurna.

Ketajaman gambar yang sangat baik tersebut dapat diraih berkat desain double display yang diperuntukan untuk memproyeksikan gambar pada VR. Namun, dengan kondisi pencahayaan yang baik, passthrough yang terdapat pada Varjo XR 3 Focal Edition ini dapat dikatakan salah satu yang terbaik saat ini.

Beberapa Kelemahan Headset Varjo XR 3

Varjo XR-3 Camera
Perbandingan kualitas kamera Varjo XR-3 dengan perangkat pesaing (UploadVR)

Seperti headset MR lainnya, kualitas display yang ditawarkan bergantung secara besar terhadap kondisi pencahayaan. Dengan pencahayaan yang kurang baik, ditemukan beberapa artifak gambar dan beberapa kali ISO grain yang tinggi. Eksposur secara langsung dari sumber cahaya juga dapat menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kualitas gambar.

Salah satu kekurangan yang terdapat pada Varjo XR 3 termasuk XR 3 Focal Edition yaitu headset MR ini membutuhkan waktu yang tergolong cukup lama untuk berfokus ke objek. Menurut pengalaman pengguna juga seringkali terdapat keburaman singkat yang terjadi pada objek ketika pengguna melakukan gerakan dan transisi antara layar fokus dan display periferal.

Kekurangan terakhir menurut beberapa review Varjo XR 3 Focal Edition yaitu memiliki user interface atau UI yang kurang user-friendly. Hal tersebut dikarenakan UI pada headset MR ini hanya dapat dioperasikan via desktop baik melalui VR ataupun melalui passthrough. Meskipun demikian pengoperasian melalui passthrough berjalan dengan lancar tanpa adanya kekurangan.

Varjo XR 3 sendiri sudah dilengkapi dengan fitur Integrated Ultraleap Hand Tracking yang berfungsi dengan sangat baik dan mendukung input berupa kontroler VR dari HTC ataupun Valve. Namun, meskipun demikian standalone kamera eksperimental yang terdapat di headset ini memiliki kualitas yang meragukan.

Spesifikasi Headset XR Varjo XR 3

Mixed Reality Headset
Ilustrasi penggunaan Varjo XR-3 (Varjo)

Varjo XR 3 memiliki dua kabel USB-C yang terhubung ke 2 headset adapters box serupa dengan adapter box yang terdapat pada headset buatan Vive. Setiap adapter box tersebut harus terhubung ke stop kontak untuk kemudian dialiri arus listrik. Varjo XR 3 juga memiliki port untuk USB-A 3.X dan 2 x DisplayPort untuk sambungan dari adapter ke komputer.

Sistem tracking standalone pada Varjo XR 3 yang saat ini masih dalam versi beta sangat sensitif terhadap cahaya. Dengan kondisi pencahayaan ruangan yang normal, terkadang sistem tersebut berhenti untuk beberapa saat. Tracking Pattern yang juga termasuk dalam paket pembelian juga dirasa tidak membantu banyak untuk mengatasi masalah tersebut.

Kemampuan Display pada Varjo XR 3

Menurut keterangan resmi dari Varjo, desain dual-display pada Varjo XR 3 didesain untuk mampu menampilkan ketajaman gambar serupa dengan resolusi nyata pada mata manusia. Keterangan tersebut terbukti akurat khususnya dalam segi focal display.

Dengan fokus area sebesar 27 x 27 derajat, uOLED display pada headset MR ini mampu untuk meraih kepadatan piksel hingga 70 PPD. Resolusi yang terdapat pada display Varjo XR 3 yaitu 1920×1920 pixel per-eye.

Kemampuan display periferal Varjo XR 3 Focal Edition menawarkan ultra wide crystal clear display dengan kepadatan 30 PPD dalam resolusi 2880 x 2720 pixels per-eye. Sehingga, hal tersebut menjadi keunggulan Varjo XR 3 apabila dibandingkan dengan headset pesaingnya. Sebagai referensi, Vive Pro 2 memiliki 20 PPD dan Valve Index memiliki 11 PPD.

Bawa Objek di Dunia Asli kedalam Virtual Reality dengan Varjo Lab Tools!

Varjo Lab Tools
Demonstrasi Varjo Lab Tools (Varjo)

Varjo Lab Tools merupakan rangkaian perangkat lunak untuk headset Varjo XR 3 yang diumumkan sekilas pada ajang AWE 2021. Dengan Varjo Lab Tools, pengguna dapat melacak bentuk apapun untuk kemudian menjadi ‘jendela’ pada dunia nyata. Setelah pengguna membuat ‘jendela’ tersebut, tampilan lainnya tetap bersifat virtual.

Sehingga, dengan Varjo Lab Tools, pengguna dapat membawa objek pada dunia nyata kedalam dunia virtual. Sebagai contoh, pengguna dapat melacak sebuah bentuk periferal setir mobil sehingga mereka dapat melihat setir mobil yang nyata tersebut didalam dunia virtual. Varjo Lab Tools saat ini mendukung tiga core masking modes yaitu static, depth dan marker-based.

Dengan static mode pengguna dapat menggambar ‘jendela’ yang tetap atau statis. Depth mode menawarkan kemampuan menarik objek apapun secara otomatis ke jarak tertentu pada headset dengan sensor LIDAR. Terakhir, mode marker-based dapat membuat ‘jendela’ yang melacak marker sederhana dan bergerak bersama penanda tersebut.


Demikianlah artikel mengenai mixed reality headset Varjo XR-3 ini. Kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: