Yuk, Kenalan dengan Girl Group Idol K-Pop Virtual MAVE yang Baru Debut!

Yuk, Kenalan dengan Girl Group Idol K-Pop Virtual MAVE yang Baru Debut!

Girl Group Idol
Girl Group Virtual (The Korea Times/Baek Byung-Yeul)

Kehadiran teknologi virtual di berbagai industri memunculkan ide kreatif maupun inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Penerapan teknologi virtual ini diterapkan oleh salah satu industri besar dunia yakni industri hiburan K-Pop. 

Industri hiburan K-Pop merupakan industri yang berasal dari Korea Selatan. Kegiatan pada industri ini mencangkup proses produksi dan menciptakan karya berupa musik, tarian, film dan drama yang bisa dinikmati oleh penggemarnya. 

Industri hiburan K-Pop sangat identik dengan hadirnya girl group maupun boy group idol. Selain memiliki jumlah idol yang berbeda pada setiap grup, mereka juga hadir dengan tema maupun konsep yang berbeda. Oleh sebab itu, setiap grup membawakan musik maupun tampil dengan visual konsep yang unik. 

Salah satu konsep unik yang diterapkan pada industri hiburan K-Pop, yakni girl group baru yang menerapkan teknologi virtual dan kecerdasan buatan (AI) untuk menghadirkan idol dalam bentuk avatar, lho! 

Penasaran dengan girl group yang satu ini? Yuk, simak selengkapnya mengenai girl group K-Pop virtual yang unik di bawah ini!

Idol K-Pop virtual MAVE  

MAVE
MAVE Girl Group Virtual (NME/Angela Patricia)

Idol girl group Korean pop virtual yang debut pada 25 Januari 2023 lalu adalah MAVE. MAVE memiliki konsep girl group ​​yang out of the box, yakni dengan kehadiran idol di mana avatarnya sudah terintegrasi dengan teknologi AI.

Teknologi AI adalah ilmu dan rekayasa yang menggunakan komputer untuk menghadirkan sebuah program, robot, sistem, dan avatar yang luar biasa layaknya seperti kecerdasan manusia.   

MAVE memberikan warna baru yang fresh pada industri K-Pop. Sesuai dengan konsepnya, MAVE hadir dengan efek animasi unik, AI yang canggih, dan tampilan avatar yang terlihat tajam dan jelas seperti layaknya idol manusia, lho! 

Virtual Idol MAVE juga terlihat memancarkan aura yang menawan saat menari dan membawakan lagu mereka pada video musik yang bertemakan dunia virtual cyberpunk dengan nuansa ungu dan hitam. 

Make New Wave 

Nama MAVE sendiri merupakan kepanjangan dari kalimat “Make New Wave”. Artinya, MAVE diciptakan dengan harapan untuk menciptakan gelombang baru di kancah industri hiburan K-Pop.  

Sangat unik bukan girl group Korean pop virtual yang satu ini? Sebenarnya siapa ya agensi di balik girl group K-Pop MAVE ini? Simak sebagai berikut!

Metaverse Entertainment  

Metaverse Entertainment Debut Januari 2023
Metaverse Entertainment K-Pop (K-Pop Fandom)

MAVE merupakan girl group K-Pop virtual yang debut dibawah naungan agensi Metaverse Entertainment. Metaverse Entertainment didirikan pada 20 Agustus 2021 sebagai anak perusahaan dari pengembang game ternama Korea Selatan yakni Netmarble. Metaverse Entertainment merupakan agensi yang fokus terhadap industri hiburan yang hadir melalui pengembangan teknologi digital seperti visual efek dan virtual idol. 

Untuk menghadirkan girl group idol virtual MAVE ini, metaverse entertainment berkolaborasi dengan dua perusahaan besar ternama, lho! Kolaborasi luar biasa tersebut dilakukan oleh perusahaan Kakao sebagai penyedia internet terbesar di Korea Selatan dan Netmarble. 

Debut dengan single pertama  

Melalui kolaborasi tersebut, dibentuklah sebuah karya berupa debut single pertama MAVE yakni lagu yang berjudul Pandora. Single Pandora merupakan lagu yang memiliki genre elektronik musik pop dan trap yang dominan. 

Tema lirik lagu Pandora yakni menceritakan bahwa tak ada harapan di masa depan karena hilangnya emosi manusia, namun MAVE hadir dengan potensi kuat mereka untuk menyelamatkan dunia.

Kenalanan dengan anggota idol K-Pop virtual MAVE  

Idol K-Pop Virtual MAVE member
Anggota Idol K-Pop Virtual MAVE (KpopStarz/Eunice)

Idol K-Pop virtual MAVE terdiri dari 4 orang member, lho! Yuk, kenalan dengan Idol K-Pop MAVE

Seperti yang disampaikan di atas, MAVE memiliki empat anggota yakni Siun, Zena, Tyra dan Marty. Keempatnya memiliki visual, karakter, posisi dan kemampuan yang berbeda-beda. Berikut informasi terkait posisi keempat member MAVE: 

  1. Siu merupakan leader dan main vocal MAVE
  2. Zena merupakan lead vocal MAVE
  3. Marty sebagai dancer dan rapper MAVE
  4. Tyra sebagai main rapper, main dancer, dan maknae MAVE

Menariknya, salah satu member girl group MAVE berasal dari Indonesia, lho! Benar saja, MAVE memang dibentuk dengan konsep idol yang hadir dari berbagai negara yakni Siu dari Korea Selatan, Zena dari Perancis, Marty dari Indonesia, dan Tyra dari Amerika Serikat.


Berikut informasi mengenai debut girl group K-Pop terbaru yakni MAVE yang hadir dengan konsep luar biasa. 

Hal ini merupakan inovasi yang unik dalam menjangkau penggemar industri hiburan K-Pop secara luas. Tidak hanya mengenalkan girl group terbaru MAVE, namun juga memperkenalkan kecanggihan teknologi virtual dan kecerdasan buatan didalamnya. 

Kalau mau tahu informasi teknologi terbaru seperti yang satu ini, yuk kunjungi blog metaNesia! Di sini, kami akan membahas berbagai informasi dan artikel terbaru terkait metaverse dan juga teknologi. Cek sekarang juga!

Bagikan ini: