Ini Caranya Masuk ke Metaverse, Yuk Ikuti Langkah-Langkahnya!

Ini Caranya Masuk ke Metaverse, Yuk Ikuti Langkah-Langkahnya!

Bagi siapa pun yang tertarik dengan cryptocurrency, berita tentang metaverse sulit untuk dilewatkan. Metaverse adalah salah satu poin pembicaraan terbesar di industri teknologi saat ini, dan itu tidak akan meredup dalam waktu dekat. Jadi, lebih baik jika kamu mengetahuinya dan memiliki informasi terbaru tentang metaverse.

Namun, metaverse bukanlah hal yang mudah untuk dipahami, bahkan para ahli mempelajari hal-hal baru mengenai metaverse setiap saat. Salah satu rintangan terbesar yang dihadapi kebanyakan orang ketika ingin memasuki metaverse adalah akses untuk memasukinya. Meskipun ada begitu banyak informasi tentang keajaiban dunia virtual ini, dapat benar-benar memasukinya merupakan hal yang lumayan sangat sulit bagi kebanyakan orang.

Ketahui cara untuk memecahkan masalah itu hari ini dengan panduan definitif tentang cara mengakses metaverse. Baca terus artikel di bawah untuk menemukan panduan langkah demi langkah untuk mengakses setiap platform metaverse yang berbeda yang saat ini dianggap paling populer.

Daftar Platform Metaverse

Dalam setiap platform metaverse, pengalaman yang diberikan benar-benar berbeda, jadi sangat penting untuk menemukan platform yang sesuai untukmu. Misalnya, ada platform metaverse yang diisi dengan game, metaverse yang lebih berbasis avatar, dan yang sedikit lebih jauh dari realitas kehidupan nyata.

Berikut adalah beberapa platform metaverse yang mungkin kamu temui ketika ingin mencoba memasuki dunia virtual:

Cara masuk ke metaverse: Decentraland

Platform metaverse pertama yang akan kita lihat adalah Decentraland. Platform ini diluncurkan pada 20 Februari 2020 dan merupakan dunia terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk menjadi pembuat konten dengan lancar dalam sekejap. Di Decentraland, kamu akan dapat membangun rumah, atau bahkan sebuah lanskap utuh, yang dapat kamu simpan di blockchain untuk dibeli dan dijual menggunakan mata uang asli platform ini, LAND.

Sesuai dengan temanya, LAND mengacu pada sebidang tanah yang dapat kamu beli – setelah dibeli, tanah virtual ini adalah milikmu dan kamu akan dapat menggunakannya sesukamu, membentuk lanskap digital milikmu sendiri.

Bagaimana kamu memasuki metaverse Decentraland? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Cara masuk ke metaverse: Decentraland
Source: Decentraland
  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memuat situs web Decentraland.
  • Setelah kamu berada di dalamnya, klik tombol “START EXPLORING” yang dapat ditemukan di sudut kanan atas halaman.
  • Ada dua opsi untuk dipilih saat masuk ke platform Decentraland: “Play as guest” atau “Play using your wallet”.  Kamu harus memilih opsi yang relevan, tergantung pada cara apa kamu ingin mencobanya.
  • Jika kamu bermain menggunakan dompet kripto, kamu harus menyambungkan dompet MetaMask, WalletConnect, atau dompet Fortmatic milikmu ke platform.
  • Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, game akan mulai dimuat.
  • Jika kamu bermain “As a guest”, kamu akan melewati langkah penyambungan akun. Setelahnya, kamu akan dikirim langsung ke dunia game Decentraland yang dapat dimainkan.

Perlu diketahui bahwa bermain sebagai “guest” akan membatasi jumlah akses yang kamu miliki di Decerntraland. Sebagai “guest”, kamu akan dapat menjelajahi lanskap dan menyesuaikan avatar milikmu, tetapi kamu tidak akan dapat bermain game, membeli TANAH, atau membuat ASET jika kamu bermain di akun sebagai “guest”. Meskipun terbatas, itu tetap memberi kamu kesempatan untuk merasakan langsung platform Decentraland sebelum kamu menggunakan uang asli ke dompet crypto, jadi kamu akan bisa merasakan platform apa yang cocok untukmu.

Cara masuk ke metaverse: The Sandbox

Pilihan lain untuk memasuki metaverse dari device milikmu adalah Sandbox, yang diluncurkan 15 Mei 2012. Di dunia virtual satu ini, kamu dapat membangun, memiliki, dan bahkan memonetisasi pengalaman bermain game milikmu. Sandbox menampilkan banyak opsi untuk berinteraksi dengan aset digital yang dapat ditemukan di berbagai lingkungan virtual yang di-hosting-nya.

Untuk pengguna The Sandbox, kamu juga dapat memanfaatkan cryptocurrency asli yang ditawarkan platform, SAND. Token SAND dapat digunakan dengan beragam cara saat kamu bermain game, membangun, dan berdagang di The Sandbox, memberi kamu banyak kebebasan dalam cara kamu berkreasi di lingkungan virtualnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memasuki platform metaverse The Sandbox:

Cara masuk ke metaverse: The Sandbox
Source: metagamehub
  • Buka situs web The Sandbox.
  • Temukan tombol “Sign in” di sudut kanan layar.
  • Kamu dapat memilih untuk sign up dengan wallet atau akun Google maupun Facebook.
  • Kemudian masukkan nama pengguna, alamat email, dan kata sandimu.
  • Klik tombol “Buat” (terletak di sisi kiri layar).
  • Unduh Game Maker dan install aplikasinya ke laptop atau PC.
  • Buka aplikasi, masuk, dan mulai menjelajah!

Baca juga: Pilihan Platform Metaverse di Dunia, Ada yang dari Indonesia Loh!

Cara masuk ke metaverse: Axie Infinity

Platform metaverse selanjutnya yang akan kita bahas adalah Axie Infinity, merupakan platform yang jauh lebih berorientasi pada game dibandingkan dengan Decentraland, yang diluncurkan pada Maret 2018. Singkatnya, Axie Infinity sangat mirip dengan platform global yang lebih dulu populer.

Game fenomenal Pokemon GO, yang memungkinkan pengguna menjelajahi lingkungan kehidupan nyata mereka untuk mencari item dan karakter virtual yang disematkan ke lokasi geografis tertentu melalui peta dalam game.

Axie Infinity adalah platform yang sangat serbaguna yang suka digunakan pengguna saat mereka bepergian – kamu dapat bermain saat berpergian, berjalan, atau bahkan saat kamu sedang dalam penerbangan. Platform ini adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan metaverse, menghabiskan waktu, dan bahkan menghasilkan uang.

Jika kamu ingin memulai masuk metaverse Axie Infinity, inilah yang perlu kamu lakukan:

Cara masuk ke metaverse: Axie Infinity
Source: esport.net
  • Seperti halnya setiap platform metaverse, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi situs web Axie Infinity.
  • Klik tombol yang ditemukan di sudut kanan atas bertuliskan “Mainkan Sekarang”.
  • Hal berikutnya yang akan kamu lakukan adalah menghubungkan dompet kripto milikmu – kali ini adalah Dompet Ronin yang diperlukan. Jika kamu belum menyiapkan Ronin Wallet, kamu harus melakukannya sebelum dapat melanjutkan.
  • Setelah disambungkan, kamu harus membeli 3 Axies (AXS), mata uang asli game, untuk mulai bermain. Kapan pun kamu membutuhkannya, kamu akan dapat membeli koin AXS dari pasar dalam game dan melakukan top-up kripto ke dalam Dompet Ronin milikmu.
  • Setelah dompet yang berhasil disambungkan disimpan, kamu akan dapat mengatur akun unik dalam game milikmu menggunakan kombinasi email dan kata sandi.
  • Sekarang setelah kamu memiliki kredensial login, kamu dapat mengunduh aplikasi Axie Infinity dan mulai bermain. Aplikasi ini tersedia di Windows, MacOS, Android, dan iOS, memungkinkan kamu bermain di berbagai perangkat berbeda.

metaNesia

Platform metaverse terakhir yang akan dibahas adalah metaNesia, yang diresmikan pada publik tanggal 31 Juli 2022. Di dalamnya pengguna dapat berinteraksi, berkolaborasi, dan berkreasi tanpa adanya batasan. Jika hanya ingin mencobanya, kamu tidak perlu meyiapkan wallet, itu hanya dibutuhkan jika kamu ingin melakukan sebuah transaksi di dalamnya dengan membeli karya seni digital berupa NFT.

Metaverse dengan lanskap berupa mall yang dapat dijelajahi, terdapat beberapa hub yang memberikan keseruan bagi penggunanya. Menonton konser, melakukan seminar, bahkan fitur test-drive untuk mencoba mobil impian di dalam showroom dapat dilakukan di metaNesia!

Jika kamu tertarik untuk mencoba masuk metaverse metaNesia, ikuti langkah-langkah berikut:

Source: metaNesia
  • Kunjungi website metaNesia.
  • Download aplikasinya dengan mengklik tombol yang ada di bagian kanan atas layar website.
  • Instal terlebih dahulu aplikasinya.
  • Jika sudah terinstal, buka aplikasinya dan klik “start” yang berada di pojok kanan bawah.
  • Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Login dengan akun Google, atau membuat akun metanesia dengan mengklik “sign up”
  • Jika sudah, ekspresikan dirimu saat masuk tahap pembuatan avatar dan jelajahi metaNesia dengan bebas memilih hub yang kamu inginkan untuk dijelajahi.

Itulah cara masuk ke berbagai metaverse yang sudah ada. Apakah kamu sudah siap untuk mulai bergabung masuk ke metaverse? Kalau kamu tertarik, kamu bisa mencoba metaNesia dengan mengunduh aplikasinya di sini!

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue

Bagikan ini: