Berbagai Fitur Canggih yang diprediksi Terdapat pada Kacamata AR Xiaomi!

Berbagai Fitur Canggih yang diprediksi Terdapat pada Kacamata AR Xiaomi!

Kacamata AR Xiaomi
Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition (Mixed-News)

Terdapat berita yang cukup menarik dari salah satu perusahaan elektronik raksasa asal negera Tiongkok yaitu Xiaomi! Baru-baru ini, perusahaan tersebut melakukan demonstrasi terhadap purwarupa atau prototype kacamata augmented reality terbaru mereka. Kecanggihan yang terdapat pada kacamata AR ini digadang-gadang dapat merevolusi teknologi AR, lho!

Penasaran dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh kacamata AR buatan Xiaomi ini? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Diumumkan pada Acara MWC 2023 Sebagai Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition!

Mobile World Congress / MWC 2023
Mobile World Congress 2023 yang diadakan di Barcelona (Tech Crunch)

Xiaomi mengumumkan kacamata AR ringan terbarunya pada ajang bergengsi Mobile World Congress atau MWC 2023! Dalam acara Mobile World Congress tersebut kacamata AR terbaru ini dinamai sebagai Wireless AR Glass Discovery Edition. Perangkat canggih keluaran terbaru Xiaomi ini nantinya akan ditenagai oleh Snapdragon XR2 Gen 1 buatan Qualcomm.

Pengumuman kacamata AR oleh Xiaomi tersebut tentu membuat persaingan dalam bidang kacamata AR menjadi semakin sengit. Pasalnya, baru-baru ini terdapat beberapa perusahaan yang telah mengumumkan akan berfokus untuk mengembangkan kacamata AR.

Beberapa perusahaan yang juga giat dalam mengembangkan kacamata AR yaitu Vuzix dan Niantic, pengembang game ikonik Pokemon Go. Perusahaan Vuzix sendiri mengumumkan smart glasses stylish mereka dengan nama Vuzix Ultralite pada acara CES. Selanjutnya, Niantic sendiri sempat memberikan teaser purwarupa kacamata AR mereka pada tahun lalu.

Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition ini sebenarnya bukan kali pertama Xiaomi memproduksi kacamata AR. Sebelumnya, Xiaomi merilis “Mijia” pada tahun lalu dengan green display untuk konsumen Tiongkok. Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition ini akan menjadi kacamata pintar dengan tampilan full-color dan kemampuan full-AR pertama mereka.

Kacamata AR Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition akan dipenuhi Berbagai Fitur Canggih!

Keunggulan Smart Glasses Xiaomi
Ilustrasi keunggulan kacamata AR Xiaomi (Medcom.id)

Demonstrasi Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition pada acara MWC 2023 tersebut menunjukan bahwa perangkat ini akan terintegrasi dengan display micro OLED. Display canggih tersebut akan memiliki tampilan full-color dengan dukungan gesture control atau kontrol menggunakan gerakan tangan dan dapat berganti ke mode VR yang immersif.

Meskipun telah diumumkan dan didemonstrasikan pada MWC 2023, saat ini Xiaomi belum memberikan spesifikasi lengkap mengenai Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition tersebut. Saat ini, mereka hanya memberikan beberapa informasi mengenai kacamata AR tersebut melalui postingan di blog dan beberapa video.

Dari demonstrasi purwarupa yang dilakukan di MWC 2023, dapat dipastikan bahwa Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition ini dipenuhi dengan teknologi yang mutakhir. Selain itu kacamata pintar ini akan berbeda dengan teknologi serupa lainnya.

Xiaomi Wireless AR Glass akan memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya seberat 126 gram saja. Meskipun ringan, perangkat canggih ini akan memiliki 3 buah kamera, 2 display dan sebuah baterai Selain itu, akan terdapat berbagai hardware yang dibutuhkan untuk memproses input/output video dan untuk berkomunikasi nirkabel dengan perangkat lainnya.

Display Canggih yang Terdapat pada Kacamata AR Xiaomi

Display kacamata AR Xiaomi
Ilustrasi display canggih yang ada pada Kacamata AR Xiaomi (Auganix)

Xiaomi Wireless AR Glass ini nantinya akan memiliki kepadatan layar sebesar 58 PPD atau pixels-per-degree. Xiaomi juga menyebutkan bahwa smart glasses ini akan memiliki rata-rata resolusi sudut pandang retina sebesar 60 PPD. Hal tersebut tentu menjadikan display perangkat ini memiliki ketajaman yang sangat istimewa.

Display berteknologi micro OLED tersebut bahkan diklaim akan sangat mirip dengan ketajaman penglihatan mata manusia. Sayangnya, resolusi dan FOV atau Field of View dari kacamata pintar ini tidak diumumkan oleh pihak Xiaomi.

Selain itu, display canggih perangkat ini mampu untuk memiliki tingkat kecerahan setara dengan handphone premium yaitu hingga 1200 nits. Meskipun demikian, tingkat kecerahan tersebut dapat dikatakan tidak cukup untuk lingkungan yang sangat terang. Oleh karena itu, kacamata AR ini dapat berpindah ke mode VR untuk menghitamkan lensa elektrokromik.

Kapabilitas AR yang dimiliki Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition

Kemampuan AR Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition

Ilustrasi kapabilitas AR Xiaomi Wireless AR Glass Discovery Edition (Gigazine)

Pada mode AR, pengguna melihat secara langsung melalui lensa bening. Dalam mode ini, Xiaomi menyediakan 3 buah kamera dibagian depan untuk memindai lingkungan sekitar pengguna dan mendeteksi berbagai permukaan. Sehingga, kacamata ini mampu mendeteksi penempatan objek virtual yang ada diatas meja atau menempel pada dinding dengan akurat.

Fitur hand-tracking yang terdapat pada smart glasses ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan interaksi tanpa harus mengeluarkan handphone dari kantong celana mereka. Pengguna juga dapat menggunakan layar handphone mereka untuk melakukan navigasi aplikasi dan game dengan tampilan yang lebih besar pada smart glasses Xiaomi ini.

Pada demonstrasi yang dilaksanakan, perangkat canggih Xiaomi ini juga akan mampu untuk mengendalikan berbagai perangkat pintar hanya dengan gerakan tangan. Seperti mematikan lampu dengan menunjuk lampu tersebut dan ‘mencubit’ tombol virtual yang tertera di display. Layar virtual yang tertera juga dapat dipindahkan dan diubah ukurannya sesuka pengguna.


Demikianlah artikel mengenai kacamata AR terbaru dari Xiaomi. Jangan lupa kunjungi blog metaNesia untuk membaca artikel menarik lainnya!

Bagikan ini: