Bagaimana Rasanya Jika Kita Bekerja di Kantor Virtual Metaverse?

Bagaimana Rasanya Jika Kita Bekerja di Kantor Virtual Metaverse?

Kantor Virtual Metaverse
Lobby kantor virtual metaverse di MetaNesia (MetaNesia)

Keterbatasan akibat pandemi Covid-19 membuat banyak orang melakukan pekerjaannya secara virtual. Saat pandemi semakin mereda, sebagian karyawan telah kembali bekerja tatap muka tetapi sebagian lainnya tetap memilih untuk bekerja secara virtual.

Studi menunjukkan bahwa orang menjadi kurang terhubung saat kultur pekerjaan mulai beralih menjadi remote atau jarak jauh. Pernyataan tersebut dibuktikan oleh penelitian dari Universitas Stanford, bahwa banyak dari kita merasa kelelahan jika sering melakukan panggilan zoom.

Studi tersebut menunjukkan bahwa beban kognitif video conference jauh lebih tinggi daripada panggilan telepon atau percakapan langsung. Lalu, apa solusi terbaik untuk bekerja dari jarak jauh?

Bekerja di kantor virtual metaverse

Kantor Virtual di Metaverse
Bekerja di Metaverse (MetaNesia)

Salah satu solusi yang bisa diterapkan oleh perusahaan adalah menggunakan kantor virtual dengan teknologi metaverse. Beberapa perusahaan teknologi juga telah menyediakan software dan aplikasi yang memungkinkan para pekerja work from home (WFH) untuk bekerja virtual secara lebih interaktif.

Metaverse merupakan platform imersif berbasis virtual and augmented reality. Dengan adanya metaverse, kamu dapat bekerja dari rumah layaknya berada di kantor. Kantor berbasis virtual dan augmented reality membuat metaverse memiliki pengalaman yang super imersif.

Fitur ruang kerja virtual seperti di Horizon Meta dan Microsoft Mesh memungkinkan karyawan untuk bertemu sebagai avatar di kantor virtual dengan teknologi metaverse. Mereka dapat berpartisipasi dalam pertemuan dunia nyata, sebagai hologram fotorealistik.

Perusahaan Korea Selatan, Zigbang juga telah membuka kantor VR 30 lantai bernama Metapolis, tempat karyawan memilih avatar, dan webcam serta mikrofon mereka diaktifkan saat bertemu dengan avatar rekan kerja.

Bagaimana metaverse meningkatkan komunikasi di perusahaan

virtual office MetaNesia
CRMS Office (MetaNesia)

Selama pandemi, perusahaan benar-benar dipaksa untuk mengubah sepenuhnya cara mereka bekerja, terutama cara mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan karyawan. Dengan pertemuan dan perjalanan yang terbatas, perusahaan mencari cara yang lebih interaktif untuk bekerja dari jarak jauh.

Pada era kerja jarak jauh saat ini, metaverse muncul sebagai pilihan menarik untuk memulihkan interaksi di dunia kerja. Dengan metaverse, perusahaan membuat karyawan yang tidak suka tampil di depan kamera saat panggilan video, menjadi terlibat dan berinteraksi melalui avatar yang hadir di kantor virtual.

Di metaverse, karyawan dapat berinteraksi secara real-time melalui avatar. Mereka dapat memilih avatar sesuai keinginan dan menggerakannya ke meja kerja atau ruang pertemuan untuk memulai aktivitas kerja.

Ketika bertemu dengan avatar milik rekan kerja, karyawan dapat mengaktifkan webcam dan mikrofon untuk melakukan percakapan. Secara otomatis, webcam dan mikrofon akan mati saat avatar karyawan pergi.

Di kantor virtual, kemampuan untuk menggunakan dan membaca bahasa tubuh dan berpartisipasi aktif dalam diskusi membuat rapat secara jarak jauh jadi lebih menarik. Avatar kita juga bisa ikut menggambar atau mencoret-coret di papan tulis virtual saat rapat sedang berlangsung.

Masa depan kantor virtual dengan teknologi metaverse

metaNesia
Beraktivitas di kantor Metaverse (MetaNesia)

Meta juga sedang mengembangkan nametag virtual pada karyawan untuk membantu mengetahui siapa yang berbicara saat meeting virtual di metaverse. Hal ini termasuk kantor virtual yang memungkinkan karyawan merasakan kantor kami (Meta) dalam VR”, kata Atish Banerjea, CIO, Meta.

Atish mengatakan Meta akan mendukung aplikasi produktivitas virtual dari pelatihan hingga kesehatan dan kebugaran. Serta, alat yang menjembatani kesenjangan antara teknologi metaverse dengan dunia nyata.

Kantor virtual akan menjadi ruang dengan interaksi digital yang nyata. Orang-orang akan masuk dan keluar dari ruang tersebut selama bekerja. Kamu dapat menghadiri pertemuan VR, mendiskusikan penjualan melalui lingkungan imersif.

Virtual office milik MetaNesia

Virtual Office
Virtual Office MetaNesia (MetaNesia)

Tidak hanya dunia virtual luar, platfom metaverse asal Indonesia juga memiliki ruang kerja virtual lho! MetaNesia merupakan platform metaverse yang dibuat oleh Telkom Indonesia. Platform ini baru diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Tohir 2022 lalu. Di dalam dunia virtual MetaNesia, kita bisa melakukan berbagai hal seperti menonton konser atau bermain game.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di MetaNesia adalah bekerja secara virtual. MetaNesia juga memiliki kantor virtual yang terletak di dalam metaverse-nya. Sesuai dengan namanya, kamu bisa bekerja layaknya di dunia nyata dalam kantor virtual metaverse ini.

Kamu bisa mengadakan meetingdengan tim secara interaktif yang didukung model visual avatar. Saat memasuki dunia dengan teknologi metaverse tersebut, kamu bisa memilih dunia “Office MetaNesia” untuk memasuki kantor virtual. Kamu akan langsung berteleportasi ke dunia virtual office MetaNesia, dimana kamu bisa memasuki salah satu meeting room.

Saat di meeting room, kamu dapat berbicara dengan avatar yang ada di dalam ruangan. Fitur yang membuat kantor virtual satu ini menarik adalah kemampuan menunjukan gestur dan ekspresi avatar sehingga meeting terasa seperti diadakan luring. Kamu dapat bertepuk tangan, mengacungkan tangan untuk bertanya, dan bahkan duduk di ruangan rapat secara virtual.

Kantor virtual akan menjadi kebutuhan di masa depan

meeting room MetaNesia
Meeting Room CRMS (MetaNesia)

Menurut laporan Citi pada tahun 2030, sekitar lima miliar orang akan berinteraksi di metaverse. Bagi perusahaan, ini adalah kesempatan untuk memikirkan kembali bagaimana dan di mana orang bekerja di kantor virtual dengan produk dan layanan baru.

Metaverse memungkinkan karyawan bebas terlibat dengan lingkungan, kolega, dan pekerjaan mereka. Semua hal tersebut semua bisa dilakukan di mana pun mereka berada.

Dalam dunia kerja, metaverse memperbesar ruang lingkup yang dapat dilakukan oleh para profesional dan bisnis dengan teknologi. Hal ini membuat para perusahaan harus memiliki pengetahuan dan strategi dengan baik untuk menavigasi dunia virtual baru tersebut. 


Itulah penjelasan singkat tentang bekerja di kantor virtual metaverse. Tertarik dengan artikel seperti ini? Temukan lebih banyak bahasan mengenai metaverse, augmented reality, virtual reality dan tren teknologi terbaru di blog MetaNesia!

Apabila tertarik untuk menjual produk digital atau pun menjalin kerja sama dengan MetaNesia, Anda dapat bergabung dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp. Anda juga dapat bertanya maupun berkonsultasi secara gratis. 

Mau mencoba kantor virtual metaverse? Ayo masuk ke platform metaverse kami, dengan mengunduh aplikasi MetaNesia melalui website kami sekarang!

Bagikan ini: