Kehadiran metaNesia di Penutupan NU Tech 19 Desember 2022
Beranda /
Blog /
Kehadiran metaNesia di Penutupan NU Tech 19 Desember 2022
21 December 2022

Kehadiran metaNesia di Penutupan NU Tech 19 Desember 2022

Teknologi tidak lekang oleh waktu. Seiring dengan perkembangan zaman, akan muncul banyak teknologi baru yang dapat mempermudah dan membantu aktivitas manusia. Terlebih dengan terjadinya berbagai kejadian tidak terduga, salah satunya seperti pandemi Covid-19 yang terjadi pada 2020 lalu. 

Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di dunia, Nahdlatul Ulama (NU) juga turut mengikuti perkembangan teknologi ini, dengan menyelenggarakan NU Tech. NU Tech merupakan salah satu program yang diadakan Nahdlatul Ulama untuk meningkatkan kapabilitas digital masyarakat, pelajar, santri, mahasiswa serta keluarga besar NU.

Acara NU Tech sendiri merupakan bentuk sinergi bersama dalam perayaan Harlah 1 Abad NU, untuk mendorong terwujudnya masyarakat digital dan peningkatan teknologi inovasi bangsa. Event NU Tech diadakan dari tanggal 2 hingga 19 Desember 2022 dan dalam pengadaannya, berhasil menemukan 10 besar tim inovasi digital.

banner penutupan NU Tech di metaNesia

metaNesia hadir sebagai platform live streaming penutupan NU Tech

Acara Final NU Tech diselenggarakan secara hybrid melalui acara offline yang diselenggarakan di kota Malang, Jawa Timur dan melalui metaverse dengan platform metaNesia.

metaNesia merupakan platform metaverse pertama dari Indonesia, yang berada di bawah Telkom Indonesia. Di metaNesia, pengguna bisa melakukan berbagai hal menarik mulai dari bertemu teman baru, bermain game, mengikuti konser virtual, ataupun virtual stage dan webinar online. 

Fajrin Rasyid selaku penanggung jawab dari rangkaian acara NU Tech dan juga Direktur Digital Business Telkom Indonesia, menawarkan metaNesia sebagai salah satu cara baru pengguna untuk bisa mengikuti penutupan acara yang diadakan. 

Seiring dengan tema teknologi yang dimiliki NU Tech pada tahun ini, langkah tersebut dilakukan untuk memperkenalkan teknologi baru ke dalam ekosistem Nahdlatul Ulama, yang nantinya tentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap acara. Masuk ke metaverse tentunya juga memberikan pengalaman baru bagi pengguna yang belum familiar dengan teknologi ini. 

Keseruan penutupan acara NU Tech di metaNesia

penutupan acara NU Tech di metaNesia

Di platform metaNesia, beberapa fitur yang bisa digunakan pengguna adalah interactive booth, virtual stage, live streaming event, chat in room via text/voice serta avatar Bu Yenny Wahid yang berada di atas panggung saat Beliau melakukan speech.

Tidak hanya memilih 10 besar tim yang menjelaskan inovasi digitalnya dari berbagai kategori, penutupan acara NU Tech juga dilengkapi dengan pengumuman Best Innovation selama penyelenggaraan event. 

10 besar tim digital yang dipilih pada penutupan acara NU Tech, yakni:

NU Bike 

Sebuah karya digital bidang logistik berbasis aplikasi, yang menyediakan jasa antar jemput serta rental kendaraan listrik. NU Bike diharapkan dapat menjadi penyedia solusi menuju nol emisi dan memungkinkan masyarakat mendapatkan akses penggunaan kendaraan listrik. 

Saqinah

Platform sosial-preneur ini menawarkan pendidikan pra-nikah dengan berbagai macam pembelajaran dan materi yang bisa diikuti secara online. Aplikasi ini dibuat sebagai langkah awal untuk menciptakan keluarga harmonis.

Kepul

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengumpulkan sampah rumah tangga yang sudah tidak terpakai dan kemudian menjualnya melalui aplikasi. Sampah tersebut nantinya akan diserahkan pada pabrik pengelolaan sampah untuk dikelola kembali. 

Bumikan

Platform satu ini menawarkan jasa yang cukup berbeda dan unik dibanding tim lain, yakni menawarkan jasa marketplace untuk mengurus keseluruhan prosesi pemakaman. Layanan yang ditawarkan seperti memudahkan pencarian dan pemesanan lahan serta jasa lainnya. 

Water Coin

Mesin penyedia air minum ini dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air masyarakat, terutama mereka yang kesulitan mendapatkan akses air bersih. Dengan harga yang lebih murah dari pasaran, mesin ini juga dibuat untuk mengurangi konsumsi air kemasan yang dapat menambah sampah plastik. 

Pak Tukang

Platform konsultasi dan jasa berbasis aplikasi ini menawarkan layanan pertukangan seperti pengerjaan rumah maupun perekrutan tukang profesional yang sudah disertifikasi. Platform ini dibuat untuk mengatasi keluhan masyarakat terkait tukang pembangunan rumah yang tidak profesional dan juga sering meninggalkan pekerjaan setelah dibayar. 

Ternak Craft

Aplikasi satu ini bisa digunakan pengguna yang ingin mengirim ikan hias hasil budidaya dengan lebih mudah. Selain itu, Ternak Craft juga memperkenalkan inovasi pengiriman ikan hias baru dengan kotak khusus yang sudah terintegrasi Internet of Things (IoT).

Majliz

Platform pendidikan ini hadir untuk memberikan solusi pelayanan keagamaan praktis seperti konsultasi syariah dan pesantren terbuka untuk masyarakat umum, yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran di pesantren. 

Ponpesku

Aplikasi pendidikan Ponpesku hadir untuk menawarkan jasa pembelajaran agama online bagi masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari ilmu pesantren dengan lebih jauh. Materi keilmuan yang diberikan juga dikemas secara menarik dan interaktif, dengan memperhatikan referensi terpercaya dari pengajar yang kompeten.

Digisam

Jasa pengumpulan sampah yang dibuat Digisam telah bekerja sama dengan hotel dan instansi penghasil sampah besar lainnya. Setelah terkumpul, sampah akan diolah sesuai dengan prosedur keamanan sehingga tidak menumpuk dan aman untuk lingkungan sekitar. 


Dari inovasi 10 tim digital tersebut, juara 1 diraih oleh Tim Kepul dan disusul Tim Pak Tukang sebagai juara 2. Posisi juara 3 kemudian ditempati oleh Tim Bumikan. Keseluruhan rangkaian penutupan acara ini ditampilkan di metaNesia untuk pengalaman baru yang mengesankan. 

metaNesia, #UnlockYourDreams.