Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia di Fruit Tea World Festival
Beranda /
Blog /
Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia di Fruit Tea World Festival
14 November 2022

Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia di Fruit Tea World Festival

Setelah sukses menggelar konser kemerdekaan di metaverse, kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia di event Fruit Tea World Festival adalah pengalaman baru disajikan di metaverse pada Sabtu (10/9/2022).

Kolaborasi yang dilakukan adalah pada segmen “Virtual Experience” yang diusung Fruit Tea pada event Fruit Tea World Festival tahun ini.

Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia, Ery Punta Hendraswara mengatakan, Fruit Tea dan metaNesia memiliki kesamaan segmentasi target market.

“Early adopter pengguna metaverse yang Telkom sasar lewat metaNesia adalah Gen-Z dan Gen Alpha. Kemudian, Fruit Tea memiliki kesamaan segmentasi target market, sehingga berkesesuaian mencipta sinergi kolaborasi baik dari marketing dan layanan,” ungkap Ery Punta Hendraswara.

Dengan perkembangan dunia digital dan penambahan kebebasan berkreasi tanpa batas, banyak sekali media yang bisa digunakan, termasuk pada kolaborasi ini.

Pada segmen “Virtual Experience” yang dilakukan di metaverse, peserta dapat mengkreasikan avatar sesuai keinginannya dan disuguhkan beberapa aktivitas yang menarik. Aktivitas tersebut seperti treasure hunt, selfie bareng di metaverse, dan ada performance artist dari Naura Ayu dan The Changcuters.

Treasure Hunt

Pada kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia ini, peserta diharuskan menemukan huruf yang tersembunyi dan tersebar di Fruit Tea Virtual Experience. Kemudian, melengkapi huruf yang hilang untuk melengkapi kata “CREATIVE” yang dianggap rahasia.

Tidak hanya mendapatkan keseruan dalam bermain, peserta yang berhasil menemukan dan melengkapi kata yang diminta, akan mendapatkan hadiah voucher google play.

Selfie Bareng di Metaverse

Layaknya beraktivitas di dunia nyata yang sarat akan mengabadikan momen, di event ini juga peserta dapat selfie bersama dan dapat diposting di Instagram dengan menceritakan keseruan di Fruit Tea Virtual Experience.

Sama halnya dengan Treasure Hunt, foto dan cerita yang paling menarik akan mendapatkan voucher google play dengan total sebesar 1 juta rupiah. *bagi 20 orang pemenang.

Artist Performance

Selain aktivitas seru di atas, di Virtual Experience Fruit Tea World Festival terdapat acara puncak berupa konser di metaverse. Konser virtual yang menyuguhkan pengalaman imersif layaknya nonton konser langsung di dunia nyata.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Fruit Tea bersama metaNesia berhasil menampilkan 2 performer. Penyanyi muda berbakat Naura Ayu dan band rock and roll asal Bandung, The Changcuters.

Naura Ayu dan The Changcuters divisualkan dalam bentuk avatar yang keren tanpa meninggalkan siluet atau identitas dari si artist. Sama seperti pada konser di metaverse yang pernah diselenggarakan di metaNesia.

Naura Ayu di Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia

Naura Ayu membawakan 2 lagu hitsnya yang berjudul “Jalan Tengah” dan “Kisah Kasih Sayang”. Selain berhasil membuat peserta yang ada di Dufan sing along, Naura berhasil membuat peserta yang ada di metaverse terbawa suasana.

Efek lighting yang menyoroti Naura Ayu dan stage benar-benar memanjakan penonton. Visualnya dibuat indah, tidak kalah dengan menonton langsung.

The Changcuters di Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia

Berbeda dengan Naura Ayu, The Changcuters membawakan 1 lagu lebih banyak di mana Tria (vokal), Qibil (gitar), Alda (gitar), Dipa (bass), dan Erick (drum) membawakan berbagai lagu andalan, seperti Parampampam, I Love You Beibeh, hingga Racun Dunia.

Sama seperti penampilan aslinya, Tria selaku vokalis turut mencuri penampilan dengan aksi enerjiknya di panggung.

Selain aksi panggung yang selalu seru, aksi keren Tria dan The Changcuters didukung dengan efek visual api yang menyembur dan lighting yang tak kalah indah dari Naura Ayu.

Kolaborasi Fruit Tea dengan metaNesia ini membuat peserta yang hadir di metaverse dapat merasakan keseruan yang sama dengan peserta yang hadir langsung di Dufan.

Kolaborasi Bersama metaNesia

Rangkaian acara di atas merupakan bagian dari Celebration Night Fruit Tea World Festival yang diselenggarakan secara virtual di dunia metaverse.

Penampilan Naura Ayu dan The Changcuters di acara Fruit Tea, merupakan konser ke empat yang diselenggarakan di metaNesia.

Selain Fruit Tea, saat ini sudah ada lima partner yang telah hadir di metaverse dan bekerja sama dengan metaNesia. Ada Perhutani, Bio Farma, Bank Indonesia, Garudaku Esi, dan Honda.


Sebagai platform baru di Indonesia, metaverse dapat dilirik sebagai model bisnis baru yang progresif, juga sebagai sarana menyalurkan ide kreatif.

Sehingga dapat dimanfaatkan oleh brand maupun kreator sebagai cara baru untuk untuk meningkatkan kinerja bisnis dan meningkatkan hasil yang diinginkan.

metaNesia, #WhereDreamsComeTrue