Kolaborasi metaNesia dan Bio Farma pada Acara Open House BPOM
Beranda /
Blog /
Kolaborasi metaNesia dan Bio Farma pada Acara Open House BPOM
16 Januari 2023

Kolaborasi metaNesia dan Bio Farma pada Acara Open House BPOM

penyampaian informasi pada acara open house bpom

Pangan merupakan salah satu kewajiban manusia yang harus dimiliki, untuk bisa hidup. Terdiri dari berbagai macam kepulauan, ras serta suku membuat Indonesia menjadi salah satu surga makanan karena berbagai bumbu yang dihasilkan. Bahkan, bangsa Indonesia dulu dijajah karena kekayaan rempah yang dimilikinya. 

Banyaknya varian rempah serta jenis makanan yang dihasilkan membuat hal ini menjadi pedang dua arah, yang bisa memberikan kesenangan maupun menyakiti orang. Salah satu pengaruh buruknya adalah peredaran makanan berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia. 

Sebagai salah satu lembaga pemerintahan, BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan berfungsi untuk mengawasi persebaran obat dan makanan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

BPOM juga sering mengadakan berbagai acara sosialisasi kepada masyarakat umum, sesama lembaga BUMN maupun perusahaan swasta untuk memastikan informasi makanan yang ada di pasaran aman dan sesuai. Salah satu yang terbaru yakni pengadaan open house pada tanggal 12 – 13 Januari 2023, yang diselenggarakan bersamaan dengan HUT Badan POM ke-22. 

booth informasi biofarma di mall commerce metanesia

Open House BPOM dan sosialisasi pada masyarakat

Acara open house yang diadakan BPOM pada tanggal 12 – 13 Januari 2023 lalu membawa tema “Expo Sistem Pengawasan Produk Life Cycle Obat dan Makanan”. Event ini sendiri dihadiri berbagai golongan masyarakat mulai dari 450 pelajar sekolah, stakeholder BPOM RI, serta pihak lain yang berkaitan untuk menyampaikan sosialisasi, edukasi serta memberikan informasi tentang life cycle product Obat dan Makanan. 

Tidak hanya itu, diberikan juga informasi terkait bisnis dan proses pengawasan obat mulai dari pabrik pembuat obat atau makanan hingga dikonsumsi masyarakat. 

masuk ke metanesia

Badan POM juga turut mendukung Bio Farma sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri vaksin serta induk dari holding BUMN farmasi. Honesti Basyir selaku Direktur Utama PT Bio Farma mengungkapkan bahwa acara open house yang diadakan sangat bagus, dan diharapkan bisa terus rutin dibuat setiap tahun. 

Bio Farma sendiri merupakan salah satu perusahaan berstandar internasional yang produknya sudah diakui oleh WHO (World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia) dan banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan lembaga PBB. 

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito juga menyampaikan bahwa acara ini bisa diselenggarakan akibat kerja sama dan kolaborasi pemain di industri farmasi (obat, vaksin, pangan dan kosmetik), yang bisa mengedukasi masyarakat menjadi konsumen yang lebih cerdas. 

Kerja sama Bio Farma dan metaNesia

percobaan metanesia dengan headset vr

Untuk mendukung perkembangan zaman menuju era digital, Bio Farma juga berkolaborasi dengan metaNesia sebagai platform metamesta pertama di Indonesia. metaNesia merupakan platform metaverse pertama didukung Telkom Indonesia, yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. 

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di dalam metaNesia seperti bertemu teman baru, bermain game, menghadiri seminar serta workshop online, mendatangi virtual showroom, hingga mengikuti konser virtual. 

tampilan booth biofarma di mall commerce metanesia

Langkah ini diambil sebagai salah satu usaha untuk mengadakan life cycle produk vaksin buatan Bio Farma di masyarakat. metaNesia sendiri dipilih karena meningkatnya tren kunjungan ke metaverse pada akhir-akhir ini. 

Di dalam metaNesia, kamu bisa mengunjungi booth khusus Bio Farma pada bagian Mall Commerce. Pada booth khusus ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik terkait program vaksinasi, serta bantuan customer service yang siap siaga menjawab pertanyaan pengunjung. 

Pembukaan booth offline metaNesia di acara Open House BPOM

masuk ke dalam metanesia melalui vr headset

Tidak hanya hadir dalam bentuk booth virtual di aplikasi metaNesia, metaNesia juga membuka booth offline pada acara open house yang diadakan selama 12 – 13 Januari 2023. 

Pada booth offline tersebut, pengunjung bisa merasakan pengalaman baru masuk ke dalam dunia metaverse menggunakan perangkat VR yang disediakan. metaNesia juga menghadirkan pengalaman baru masuk ke dalam metaverse tanpa headset VR, namun cukup dengan perangkat Windows atau Android yang dimiliki pengguna. 

Kerja sama antara metaNesia dan Bio Farma diharapkan bisa menjadi langkah digitalisasi baru bagi masyarakat.

metaNesia, #UnlockYourDreams